12 CAFE & RESTO CANTIK DI BOGOR UNTUK MELEWATKAN WEEKEND (Bagian 4-tamat) 2024-02-17 12:15

Iga Bakar Sambal Ijo, salah satu menu di Mac99

 

Kadang galau mau melewatkan weekend di mana? Apalagi kalau ada long weekend tapi nggak bisa pergi keluar kota. Hari gini sih sebenernya udah nggak perlu galau bin bingung lagi karena pilihan begitu banyak, dan lokasinya nggak terlalu jauh. Buat warga Jabodetabek yang mau sedikit ngadem, alternatif favoritnya tentu ke Bogor ataupun lebih spesifik ke kawasan Sentul. Di sana bertaburan cafe ataupun resto yang ditata cantik dan berpemandangan cantik pula. Tempat-tempat ini tak hanya memberi makan perut, melainkan juga memberi ‘makan’ mata dan jiwa. Menawarkan beragam spot cantik buat berfoto pula!

 

Baca juga: “6 Resto & Cafe Semi Outdoor di Sentul Buat Healing Maupun Kumpul Keluarga (Bagian 2-Tamat)

 

Kali ini MyTrip tampilkan 12 cafe dan/atau resto di Sentul dan kawasan Bogor lainnya. Beberapa di antaranya juga memiliki penginapan serta meeting hall. Semuanya pernah MyTrip datangi langsung antara Agustus 2022 hingga Januari 2024. Harganya masih terjangkau, kalaupun beberapa agak pricey, tapi sepadan dengan suasana yang ditawarkan. Kurang lebih bujet per orang untuk makan dan minum minimal Rp100.000.

 

Bagian 1 baca di sini. Bagian 2 baca di sini. Bagian 3 baca di sini.

 

10. MAC99 MOUNTAIN AND CITY VIEW

Lokasi: Jl. Gunung Malang, Sukajadi, Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor.

Jam buka: 10.00-21.00 (weekdays), 09.00-22.00 (weekend).

 

Mac99 adalah restoran yang mengusung konsep “Mountain and City View”. Tentu ini didukung oleh posisi restoran yang berada di ketinggian, di kaki Gunung Salak, dan ruang dine-in-nya yang menempati dua lantai terbuka atau kalau ditutup pun seluruh dindingnya adalah jendela-jendela kaca besar-besar. Lokasinya dekat dari Kebunsu, villa eco-friendly.

 

Ruang dine-in dengan jendela kaca besar-besar

 

Setiap weekend pukul 3 sore ada live music yang tentunya makin asyik dinikmati saat sunset tiba, saat langit merona merah.

 

Menunya tersedia cukup lengkap di antaranya sup iga, soto ayam, tongseng, sate, ayam bakar, aneka paket nasi timbel, nasi goreng, nasi campur bali, gurame, mie, kwetiau, aneka tumis sayuran, menu western seperti spaghetti, serta snack asin maupun manis, kids meal. Untuk minuman tentunya lengkap juga dari kopi, mocktail, flavour, iced blend, juice, smoothies, teh, dan minuman tradisional.

 

Sup Iga Original

 

11. SOEKAPI

Lokasi: Jl. Gunung Malang, Sukajaya, Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor.

Jam buka: 08.00-22.00 (setiap hari)

 

Coffee shop dengan tagline “A Place to Escape” ini lokasinya juga dekat dengan Kebunsu dan Mac99, di kaki Gunung Salak. Areanya sangat luas. Maklum, selain membuka coffee shop di bawah keteduhan pohon-pohon pinus, mereka juga menyediakan camping ground, lapangan tenis, dan mengelola kandang/peternakan sapi. Nama Soekapi itu ya singkatan dari “Susu Kandang Sapi”. Jadi minuman berbasis susu yang mereka sediakan, susunya hasil dari peternakan sapi sendiri.

 

Coffee shop di bawah keteduhan pohon-pohon pinus

 

MyTrip sempat mencoba Matcha Latte dan Taro Latte, memang fresh rasa susunya, beda! Menu minuman lain yang patut dicoba juga aneka tehnya. MyTrip mencoba Tropical Blue hot, cocok sekali diminum saat suasana mendung. Croissant-nya juga cocok dengan selera, lembut dan moist, tidak terlalu buyar. Memposisikan diri sebagai coffee shop, tapi Soekapi menyediakan juga makanan berat walaupun memang nggak banyak, tapi cukup mewakili. Ada paket nasi, nasi goreng, mie goreng, mie ayam, soto, spaghetti, chicken katsu. Snack-nya selain aneka croissant, juga cake dan camilan tradisional di antaranya Pisang Goreng Salted Caramel.

 

Tropical Blue, Taro Latte, Matcha Latte, Pisang Goreng Salted Caramel, Croissant original

 

12. KEMBANG TELANG RESTO

Lokasi: Jl. Gunung Malang, Sukaluyu, Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor.

Jam buka: 09.00-17.30 (Selasa-Minggu; Senin tutup).

 

Salah satu bangunan vila di El Charis Resort

 

Resto Kembang Telang ini satu manajemen dan satu lokasi dengan El Charis Resort. Bangunan restoran maupun resortnya dominan kayu maupun batu bata merah kecoklatan. Toilet di restonya ditata dengan apik, baik susunan dinding batu batanya maupun keberadaan pot-pot tanamannya. Di lantai atas bangunan resto ada aula besar yang bisa disewa untuk melangsungkan acara. Ada halaman rumput yang luas dan juga kolam renang.

 

Ini bangunan restonya

 

Ini toiletnya

 

Menunya cukup lengkap walaupun nggak terlalu banyak. Ada paket nasi, paket anak-anak, sop, mie, ayam goreng, aneka tumis sayuran, snack asin maupun manis. Minumannya kopi dan nonkopi.

 

Paket Nasi Timbel Kembang Telang Resto

 

 

Teks & Foto: Mayawati NH (Maya The Dreamer)
Comment