12 CAFE & RESTO CANTIK DI BOGOR UNTUK MELEWATKAN WEEKEND (Bagian 1) 2024-02-11 23:45

The Upper Clift Resort & Cafe Sentul

 

Kadang galau mau melewatkan weekend di mana? Apalagi kalau ada long weekend tapi nggak bisa pergi keluar kota. Hari gini sih sebenernya udah nggak perlu galau bin bingung lagi karena pilihan begitu banyak, dan lokasinya nggak terlalu jauh. Buat warga Jabodetabek yang mau sedikit ngadem, alternatif favoritnya tentu ke Bogor ataupun lebih spesifik ke kawasan Sentul. Di sana bertaburan cafe ataupun resto yang ditata cantik dan berpemandangan cantik pula. Tempat-tempat ini tak hanya memberi makan perut, melainkan juga memberi ‘makan’ mata dan jiwa. Menawarkan beragam spot cantik buat berfoto pula!

 

Baca juga: "Mari Mengenal Kawasan Sentul Bogor, Weekend Getaway Favorit Warga Jakarta"

 

Kali ini MyTrip tampilkan 12 cafe dan/atau resto di Sentul dan kawasan Bogor lainnya. Beberapa di antaranya juga memiliki penginapan serta meeting hall. Semuanya pernah MyTrip datangi langsung antara Agustus 2022 hingga Januari 2024. Harganya masih terjangkau, kalaupun beberapa agak pricey, tapi sepadan dengan suasana yang ditawarkan. Kurang lebih bujet per orang untuk makan dan minum minimal Rp100.000.

 

Baca juga: “6 Resto & Cafe Semi Outdoor di Sentul Buat Healing Maupun Kumpul Keluarga (Bagian 1)

 

1. RICHIE GARDEN RESTO & VILLA

Lokasi: Jl. Gunung Batu, Bojong Koneng, Babakan Madang, Sentul, Kabupaten Bogor.

Jam buka: 08.00-17.00 (Senin-Kamis), 13.00-17.00 (Jumat), 08.00-20.00 (Sabtu-Minggu).

 

Kawasan Bojong Koneng dewasa ini penuh dengan aneka cafe/resto cantik semi outdoor, salah satunya yang sudah lama eksis adalah Richie Garden ini. Bangunan restonya ada dua unit dan ada kursi-meja juga di sekitar kolam renang. Satu unit di sebelah kanan kolam renang seperti rumah kaca.

 

Bangunan restonya seperti rumah kaca di Richie Garden

 

Bisa pilih tempat duduk di samping kolam renang

 

Di bagian depan buku menunya tercantum “Built from Home with Passion, Honesty, and Finest Ingredients”. Dan dijelaskan juga, didirikan oleh seorang ibu beranak empat, a passionate home cook. Menunya sangat beragam, dari aneka menu sarapan (lokal maupun western), masakan ayam, bebek, udang, cumi, ikan, kambing, sop, soto, sate, grill, sayuran, nasi goreng, nasi bakar, mie goreng, mie rebus, juga kids meal, snack asin, snack manis. Minumannya ada kopi dan nonkopi, sangat sangat banyak pilihannya.

 

Pisang Goreng Gula Aren didampingi Cincau Gula Aren, Es Merah Delima, dan Teh Susu Jadul

 

Richie Garden juga memiliki 7 unit vila dan 3 hall yang bisa disewakan untuk meeting maupun gathering. Terdapat juga halaman rumput yang luas untuk area outbond. Parkir pun sangat luas, bisa menampung bus-bus rombongan. Bus bisa mengambil rute via Cijayanti untuk aman sampai ke sini. Jangan lewat Bojong Koneng yang ruas jalannya sempit.

 

Baca juga: “Bertemu Geisha di Tujuh Cerita Taman Budaya Sentul

 

2. THE UPPER CLIFT RESORT & CAFE SENTUL

Lokasi: Jl. Raya Bojong Koneng, Bojong Koneng, Babakan Madang, Sentul, Kabupaten Bogor.

Jam buka: 09.00-20.00 (Senin-Jumat), 08.00-22.00 (Sabtu-Minggu).

 

Upper Clift pernah viral di media sosial karena selain sangat luas dan megah dengan arsitektur kontemporer modern, juga menawarkan view cantik ke arah Gunung Pancar. Sesuai tagline yang diusungnya “3600 View Resort & Cafe”. Ada beberapa dining area semi outdoor di bangunan dua lantai termasuk Langit Roof Top.

 

“3600 View Resort & Cafe”

 

Menunya cukup beragam, ada sate, sup, soto, tom yam, salad (termasuk gado-gado dan karedok), ayam, konro, nasi goreng, nasi timbel, mie, bihun, aneka menu western termasuk pizza, pasta, burger, dessert manis maupun asin, minuman kopi maupun nonkopi (termasuk bajigur, bandrek, wedang uwuh). Pelayanannya juga termasuk cepat.

 

Chicken Parmigiana

 

Nasi Timbel Ulam Bakar dengan sambal matah

 

Yang hobi berfoto, ada cukup banyak spot Instagrammable baik di halaman bawah berumput hijau maupun di teras lantai dua atau roof topnya. The Upper Clift juga memiliki resort yang harganya termasuk premium.

 

Salah satu spot foto favorit, di halaman rumput dengan tulisan Upper Clift

 

Spot foto lainnya, di teras lantai dua

 

3. KOPI KONENG

Lokasi: Jl. Gunung Batu, Bojong Koneng, Babakan Madang, Sentul, Kabupaten Bogor.

Jam buka: 08.00-21.00 (weekdays), 07.30-21.00 (weekend).

 

Berjarak hanya 150 m dari Richie Garden, restoran ini dari luar tampak kecil. Tapi sesungguhnya areanya sangat luas, menurun ke bawah karena posisinya memang di lereng.

 

Kopi Koneng menempati lereng 

 

Area dine-in ada di bangunan utama sayap kanan dan sayap kiri yang masing-masing terdiri dari dua lantai. Lalu ada lagi gazebo-gazebo, dan beberapa area lainnya. Salah satu ruangannya memamerkan barang-barang jadul seperti sepeda ontel, pesawat televisi, radio, telepon, dan banyak lagi.

 

Salah satu area dine-in yang memamerkan barang jadul

 

Barang jadul dipajang

 

Di halaman belakangnya yang sangat luas terdapat kolam ikan, danau kecil buatan yang dilengkapi dengan dermaga dan perahu kayu untuk berfoto, ada bukit kecil buatan dengan latar tulisan “Kopi Koneng” dan pemandangan ijo royo-royo di belakangnya. Pokoknya, banyaaaaak sekali spot foto cakepnya. Buat anak-anak, ada arena feeding binatang, di antaranya kandang domba, kelinci, ayam; juga ada ayunan dan perosotan.

 

Danau buatan dan perahu kayu

 

Kandang domba

 

Bagaimana menunya? Ada sop, sei, ayam, sate, iga, ikan, tumis sayuran, grill, nasi timbel, nasi goreng, mie, aneka sambal, udang, cumi, tom yam, rice bowl, spaghetti, salad, aneka light meals yang asin maupun manis, kopi, nonkopi termasuk minuman tradisional, mocktail, flavoured tea. “Hope You Enjoy The Food, The Scenery, The Experince”, begitu tertulis di halaman belakang buku menunya.

 

Nasi Timbel Ayam Kampung dan pemandangan

 

Bersambung ke sini

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Hemawati Nurhalim, Mayawati NH
Comment