14 FAKTA TENTANG NAM TSO LAKE DI TIBET 2019-09-25 00:00

Nam Tso Lake

 

Tur ke Tibet pastinya memasukkan Nam Tso Lake dalam itinerarynya. Sebab kurang afdol kalau ke Tibet nggak ke danau yang menawarkan pemandangan spektakuler bahkan dalam perjalanan ke sananya ini. Dan kurang afdol juga kalau kita nggak tahu fakta-fakta tentang danau ini. Berikut, mari kita simak.

 

1. Nam Tso Lake berada di Distrik Damshung, yang masuk dalam wilayah Qinghai-Tibet Plateau, di ketinggian 4.718 mdpl.

 

 

2. Danau ini satu dari empat danau suci bagi penduduk Tibet (tiga lainnya Yamdrok Lake, Manasarovar Lake dan Lhamo La Tso Lake). Ada juga sumber yang menyebutkan hanya tiga danau suci, tanpa Lhamo La Tso Lake.

3. Danau seluas 1.920 km2 ini merupakan danau air asin terbesar dan tertinggi di Tibet. Ada juga sumber menyebutkan Nam Tso danau air asin tertinggi di dunia, atau danau tertinggi di dunia. Namun sebenarnya ada beberapa danau di wilayah Changtang, juga di Tibet dan extended sampai ke Ladakh India, lebih tinggi dari Nam Tso.

4. Pegunungan berselimut salju abadi yang seperti memeluk danau adalah Nyenchen Tanglha Snow Mountain.

 

Nyenchen Tanglha Snow Mountain menjadi latar Nam Tso Lake

 

5. Kedalaman maksimalnya diperkirakan 125 m, dengan kedalaman rata-rata 33 m.

6. Jarak Lhasa, ibu kota Tibet, ke Nam Tso 240 km ke arah barat laut. Berkendara dari Lhasa ke sana kurang lebih 5-6 jam, termasuk istirahat makan siang dan berhenti foto-foto. Tak ada bus atau transportasi umum menuju Nam Tso. Jadi hanya ada pilihan sewa mobil atau ikut tur. Lagipula independent traveler dari luar China dilarang pergi ke Nam Tso tanpa didampingi pemandu lokal.

7. Dalam perjalanan ke Nam Tso kita akan melewati Yangbachen (kota kecil yang memiliki hot spring), pegunungan salju Nyenchen Tanglha (4.300-4.500 mdpl), Distrik Damshung (4.200 mdpl), dan La Ghen La Pass (5.190 mdpl). Dari La Ghen La Pass kita sudah bisa melihat Nam Tso. Berfoto di sini sangat bagus, tapi jangan berlama-lama karena oksigen tipis akibat ketinggian. Disarankan juga untuk tidak melakukan gerakan yang terlalu berlebihan supaya tidak pusing atau terkena AMS (Accute Mountain Sickness).

 

La Ghen La Pass

 

Danau sudah terlihat dari La Ghen La Pass

 

Banyak spot foto cantik di La Ghen La Pass

 

8. Waktu terbaik ke Nam Tso pertengahan April sampai Oktober.

9. Saat winter, Desember hingga April, permukaan Nam Tso membeku. Kawanan hewan yang biasa datang mencari makan pun tak muncul saat bulan-bulan ini. Wisatawan hampir nggak ada yang datang saat winter karena akses jalan ke sana banyak yang tertutup salju. Padahal katanya, kalau datang winter, dan kalau pas beruntung, kita mungkin mendengar suara patahan es atau lelehan salju dari kejauhan.

 

Baca juga: "Debat Bhiksu di Sera Monastery, Tak Boleh Dilewatkan Kalau ke Tibet"

 

10. Nam Tso terbentuk akibat pergerakan tektonik dan glasial lempeng Himalaya sekitar 3 juta tahun lalu. Nam Tso yang kita lihat sekarang lebih kecil dari aslinya yang awal mula terbentuk. Dan konon danau ini masih terus berubah hingga kini.

 

 

11. Sumber air Nam Tso berasal dari pengendapan alamiah, salju dan es yang meleleh dari Nyenchen Tanglha Snow Mountain, dan juga dari air hujan. Air yang tak terkontaminasi membuat warnanya perpaduan biru gelap dan turkois.

 

Airnya biru gelap dan turkois

 

12. Karena letaknya tinggi, wisatawan disarankan berkunjung ke Nam Tso setelah melakukan aklimatisasi 2-3 hari di Lhasa, ibu kota Tibet yang berada di ketinggian 3.650 mdpl.

13. Sejak sekitar setahun terakhir tidak ada lagi guest house di dekat Nam Tso. Jadi wisatawan menginap di beberapa hotel yang tersedia di Kota Damshung.

14. Di sepanjang tepian danau di spot turis tampak berjejer yak berwarna putih yang diberi banyak ornamen. Turis bisa berfoto menunggang yak dengan membayar 20-30 yuan, sepuasnya.

 

Bisa berfoto bareng yak

Teks: Mayawati NH Foto: Edy Lee Yifan, Mayawati NH, Priyo Tri Handoyo
Comment