10 REKOMENDASI BAJU WISUDA, BIAR PENAMPILANMU MAKIN MEMESONA 2021-11-14 14:25

 

Tampil cantik memesona di acara wisuda adalah impian kaum Hawa yang telah melewati segala perjuangan demi mendapatkan gelar dari perguruan tinggi. Anggap saja ini adalah penghargaan terakhir sebelum Anda benar-benar pergi dari kampus dan menghadapi dunia baru. Jadi baju wisuda tentulah harus benar-benar dipersiapkan untuk hari istimewa tersebut.

 

Di Indonesia sendiri, kebaya masih banyak dipilih sebagai baju wisuda terbaik. Terlebih lagi sekarang sudah banyak style kebaya modern yang menyesuaikan zaman. Modelnya pun tidak lagi kaku seperti kebaya-kebaya zaman kakek-nenek dulu. Belum lagi pilihan bahan yang semakin beragam dan menarik.

 

Nah, sebelum hari spesial tersebut tiba, rekomendasi baju wisuda berikut akan membantu Anda menemukan kebaya terbaik untuk menemani Anda di acara spesial ini.

 

Macam-Macam Baju Wisuda

Ada beberapa macam baju kebaya yang memiliki ciri khas masing-masing. Untuk lebih jelasnya, berikut macam-macam baju kebaya wisuda yang perlu Anda ketahui.

 

1. Gaya Tradisional Stylish

Meski agak kuno, masih banyak gen Z yang menyukai style ini. Dari kalangan biasa hingga beberapa artis muda papan atas Indonesia mengenakan jenis kebaya tradisional ini di hari wisuda mereka. Desainnya yang klasik memancarkan citra klasik yang menarik.

 

Salah satu kebaya tradisional yang banyak disukai yaitu model Kutu Baru, kebaya berpotongan klasik dengan tambahan kain yang menghubungkan bagian sisi kanan dan kiri. Selain Kutu Baru, ada juga model kebaya bermotif seperti kebaya Encim. Motifnya berbentuk bunga warna-warni berukuran besar yang dibuat dengan bordir tebal.

 

2. Valeria Kebaya

Baju wisuda kekinian selanjutnya yaitu kebaya model Valeria. Inspirasi ini didapat dari pengaplikasian brokat pada model dress biasa sehingga menghasilkan jenis kebaya baru. Bentuknya cantik seperti baju blus pendek untuk non hijab. Ciri khasnya terletak pada aksen ikat pinggang dengan bahan satin. Untuk bagian bawahnya bisa dipadukan dengan rok batik dengan model lurus untuk menampilkan kesan ramping.

 

3. Baju Wisuda Non Hijab

Untuk Anda yang tidak berkerudung, baju wisuda non hijab dengan potongan pendek sangat direkomendasikan karena dapat memberikan point interest pada bagian lengan.

 

Terdapat dua macam gaya, yaitu kebaya lengan pendek dan kebaya potong 3/4. Jika Anda ingin lebih tradisional, kebaya kancing Shanghai bisa dijadikan pilihan.  

 

Namun sebaiknya hindari desain off shoulder atau bahu terbuka, dan Anda lebih disarankan untuk memilih kebaya wisuda lengan pendek dengan gaya turtleneck yang menutup hingga ke bagian leher.

 

4. Kebaya Pakai Selendang

Model kebaya kekinian selanjutnya memiliki selendang bak Miss Universe. Tambahan aksen selendang ini dapat membuat desain baju wisuda kebaya tampak elegan seketika. Biasanya selendang terbuat dari bahan ceruty sehingga dapat dilipat sedemikian rupa dengan mudah.

 

Saat mengenakannya, pemakainya akan terlihat seperti puteri raja. Sangat cocok untuk Anda yang ingin tampil cantik dan menawan di hari wisuda.

 

5. Cape Style

Jenis cape juga banyak dipakai di perayaan kelulusan oleh para fresh graduates. Bentuknya yang longgar membuat penggunanya nyaman ketika bergerak.

 

Terdapat beragam varian dalam satu jenis model kebaya unik ini. Mulai dari potongan 3/4 di bagian depan-belakang, atau model menjuntai lebih panjang di bagian belakang dan pendek di bagian depan.  

 

6. Blus Potongan Asimetris Gaya Kebaya

Rekomendasi baju wisuda selanjutnya adalah kebaya dengan presisi asimetris. Setelan kebaya dibuat kasual dengan asymmetric cutting di bagian lengan bawah. Potongan itu kemudian menjadi longgar dan mengisi ruang bahu jadi terlihat lebih lebar, sangat cocok untuk Anda yang memiliki bahu kecil.

 

Untuk Anda yang berhijab pilih jenis kebaya asymmetric dengan tambahan lengan. Biasanya untuk para hijaber dibuat dalam bentuk gamis full brokat. Potongan tersebut makin mempermanis penampilan Anda saat acara perayaan wisuda.

 

7. Gamis Brokat Glitter

Pilihan baju wisuda berikutnya berbentuk gamis, sebutan dress versi hijab untuk para muslimah. Tidak perlu malu mengenakan pakaian panjang seperti ini. Walau judulnya gamis, rupa dari busana ini mewah dan berkelas.

 

Anda bisa tetap istiqomah dalam berpakaian, namun tetap stylish mengikuti zaman. Tambahkan jenis brokat ber-glitter untuk memberikan kilauan ketika Anda berjalan mengenakannya, apalagi ketika berjalan di luar ruangan. Menggoda banyak mata karena kemewahan kebaya brokat gamis ini.

 

8. Outer Brokat Mewah

Selain gamis, setelan dress dengan tambahan outer mewah berbahan brokat ini dapat dijadikan alternatif baju wisuda. Sangat inspiratif untuk para muslimah yang ingin mengikuti zaman tanpa harus mengikuti tren model kebaya kekinian yang ketat dan memperlihatkan lekuk tubuh.

 

Pemilihan brokat yang bertabur payet atau manik-manik mutiara sangat disarankan untuk membuat tampilan dress semakin mewah.

 

9. Tunik Brokat Modern

Kebaya tunik cukup banyak disukai para hijaber karena sopan dan juga tertutup. Namun masih leluasa untuk bergerak, karena model ini biasanya dipadukan dengan celana. Panjang bajunya yang selutut merupakan pilihan tepat untuk Anda yang ingin tampil cantik dan anggun saat hari perayaan wisuda nanti.

 

Dress kebaya dengan panjang 3/4 ini umumnya berbahan dasar furing tulle yang cantik. Jadi, meski panjang hingga melewati lutut, atasan tunik cukup ringan ketika dikenakan. Sementara bagian bawahnya mengenakan bahan silk dengan model plisket, duyung, atau lilit.

 

10. Baju Wisuda Kebaya Batik Couple

Pilihan terakhir sangat recommended untuk Anda yang ingin tampil cantik dan serasi bersama pasangan. Baju batik untuk laki-laki dikombinasikan dengan motif batik yang senada dengan brokat kebaya wanita. Desain dibuat simple namun tetap menarik dan elegan.

 

Beberapa rekomendasi baju wisuda kebaya brokat di atas bisa Anda dapatkan hanya di Blibli, marketplace terpercaya untuk berbelanja online secara aman. Terlebih, Blibli sering menyediakan voucher gratis ongkir untuk pilihan wilayah tertentu. Tidak hanya sekali saja diberikan free ongkos kirim, namun berkali-kali dan berlaku untuk semua official store.

 

Selain itu, terdapat cashback hingga 200 ribu untuk Anda yang beruntung. Sebelum masa berlakunya habis, segera checkout kebaya brokat wisuda pilihan Anda di aplikasi Blibli.

 

Lihat juga promo menguntungkan lainnya yang berlaku di bulan ini. Jika kesulitan, hubungi CS Blibli yang ramah kapan saja selama 24 jam dalam seminggu.

 

 

Teks: Istimewa Foto: Pixabay.com
Comment