RAMADAN ADVENTURE ALA JSI RESORT 2022-04-02 23:40

Salah satu vila di JSI Resort

 

Menyambut bulan Ramadan, perlu lokasi kegiatan weekend di mana orangtua bisa leyeh-leyeh sementara krucil tetap gembira. Ya, JSI Resort salah satunya! Resor ini terletak di Megamendung, Puncak, Bogor, Jawa Barat. Lokasinya memang unik: ada plang oranye setelah perempatan sesudah exit tol Ciawi. Dari jalanan yang riuh rendah, kita membelok ke kanan, jalan semen yang semakin menanjak dengan vila di kiri dan kanan jalan. Ikuti saja papan petunjuk oranye JSI Resort, sampai ke pintu gerbangnya yang cukup besar. Masuk ke dalam, langsung terasa aura yang berbeda: kesejukan hawa pegunungan ala Puncak, serta lansekap beraroma petualangan dari JSI Resort!

 

Adventure time

 

Suasana di dalam vila

 

 

JSI dikelola oleh JHL Collections, yang merupakan agen kendaraan Jeep di Indonesia. Jadi jangan heran kalau di lobby saja kita sudah disambut oleh moncong jip Rubicon dengan lampu yang menyala, siap untuk dipakai selfie. Kalau hotel lain hiasannya bunga, di sini ban mobil! Dan memang paket petualangan adalah andalan JSI Resort. Pengunjung bisa merasakan asyiknya menjelajah trek lumpur dengan kendaraan buggy yang disewakan dengan paket khusus. Lalu, ada juga penyewaan sepeda, kalau sekadar ingin mengelilingi kompleks atau menjajal trek ringan di sekitar hotel. Jika datang dengan keluarga besar atau untuk acara kantor, ada paket outbound seperti paint ball atau panahan yang siap menghibur peserta. Komplet!

 

Serunya main paint ball

 

Khusus untuk anak-anak, resor ini memiliki fasilitas menarik. Ada play ground besar yang bisa dinikmati seharian, ada juga kolam renang cantik yang lokasinya persis di sebelah lobby. Namun yang juga menarik adalah “kebun binatang mini”! Ada kolam ikan dan kura-kura yang bisa membuat anak-anak takjub. Kandang rusa, dengan seekor rusa jantan bertanduk panjang, nampak gagah dengan kulit coklat bertotol putih. Kemudian apa itu di belakang kandang rusa? Burung unta! Dengan mata besar membelalak dan gerakan yang anggun, sekawanan burung unta di area “Ostrich Run” pasti menjadi perhatian anak-anak. Masih ada kandang berbagai jenis angsa yang juga tak kalah menarik.

 

Kandang rusa

 

Kandang burung unta

 

Bicara Ramadan, tentu wajib ada paket buka puasa! Restoran di JSI Resort cukup bisa diandalkan karena menunya menarik dan harganya pun bersahabat. Paket takjil tersedia di sini, termasuk acara Pasar Tiban Ramadan untuk buka puasa. Hidangannya rasanya boleh tahan! Nasi timbel --hidangan kebangsaan Parahyangan-- bisa dipesan di sini. Rasanya otentik, lengkap dengan ikan asin, sayur asem, dan ayam goreng. Bungkusan timbelnya sesuai “SNSE” alias Standar Nasional Sunda Empire: berbentuk tabung dengan diameter 3 cm dan panjang 15 cm, dibungkus dengan dua lapis daun pisang. Hebring!

 

Hidangan takjil

 

Sajian kue tradisional

 

Nasi timbel

 

Kami juga memesan nasi ulam ikan --kali ini non Sunda Empire-- yang rasanya ternyata enak juga! Nasinya gurih pas, ikan hadir dengan bumbu pedas yang tidak tanggung-tanggung. Masih banyak menu lain seperti sop iga dan cumi goreng tepung yang semuanya sedap.

 

Nasi ulam ikan

 

Suasana sarapan

 

 

Kalau ingin mencicip kuliner lain di sekitar resor, ada dua pilihan: ke arah Gadog, ada Alam Sunda (087770170222), penyedia hidangan Sunda berkonsep prasmanan yang cukup ramai. Bisa juga ke Cimory atau Bumi Nini (08111164167) dengan jarak tempuh kurang dari 1 jam, untuk melihat hiruk-pikuk jalur Puncak serta merasakan sedapnya kuliner Sunda lainnya seperti gurame goreng atau tumis genjer. Yang agak jauh sedikit tetapi jarang dieksplor adalah jalur arah Sukabumi. Ada satu rumah makan Sate Tegal Bahari (0266 737110) yang patoet dipoedjiken. Dagingnya empuk, bumbunya minimalis (ala Tegal), sop dan tongsengnya boleh tahan. Boleh jadi pilihan, asal efek sampingnya bisa ditahan!

 

JSI Resort

Jl. Cikopo Selatan

Megamendung, Bogor, Jawa Barat

Telp: 0251 8296098

 

Tentang penulis: Harry Nazarudin atau biasa disapa Harnaz adalah salah satu pendiri Komunitas Jalansutra, penulis kuliner yang telah menulis buku Kimia Kuliner, dan bersama Bondan Winarno (kini telah almarhum) dan Lidia Tanod menulis buku 100 Mak Nyus. Harnaz juga memiliki channel Youtube “Kimiasutra” –Menjelaskan Kimia dalam Bahasa Manusia. Buku terbarunya yang diluncurkan tanggal 25 Maret 2021 adalah Nasgor, Makanan Sejuta Mamat.

 

 

Teks: Harnaz Tagore (Harry Nazarudin) Foto: Harnaz Tagore (Harry Nazarudin), Dok. JSI Resort
Comment