PANTAI CENGKRONG DI TRENGGALEK, JALUR LINTAS SELATAN TULUNGAGUNG -PACITAN 2022-04-04 00:00

 

Jika Trippers pergi ke Trenggalek Jawa Timur untuk mantai, rasanya tidak sah dan tidak apik jika tidak mampir ke Pantai Cengkrong. Pantai ini terletak di Desa Karanggandu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Selain bersih dan menawan seperti pantai lainnya di Trenggalek, pantai ini merupakan jalur lintas selatan lho! Sudah tahu ‘kan ya, kalau dari Tulungagung ke Pacitan bisa via Trenggalek. Jadi dari Kabupaten Tulungagung sudah dibuat jalur lintas selatan yang melewati ujung Pantai Cengkrong di Trenggalek langsung menuju ke pantai-pantai di Pacitan.

 

Kebetulan saya sendiri tinggal di Desa Prigi, berjejer dengan Desa Karanggandu dan dekat sekali dengan Pantai Prigi. Sementara Pantai Prigi dan Cengkrong ini bergandengan. Jadi saya bisa sering bermain ke sana. Kira-kira jalan kaki setengah jam sudah sampai karena jaraknya hanya 5 km saja. Itung-itung jalan santai ya ‘kan... Kalau bersepeda mungkin hanya 5 menit sudah sampai tujuan.

 

Sebenarnya selain dengan Pantai Prigi, Pantai Cengkrong ini juga menyambung dengan pantai lainnya. Sebelah kanan menyambung dengan Pantai Damas yang super-super bersih dan belum banyak yang bisa menjamahnya karena medannya lumayan berat. Mobil, motor atau sepeda bisa mencapainya. Tapi kalau bus sepertinya tidak akan sanggup karena jalan ke Pantai Damas terlalu ekstrem, menukik dan menajam. Tapi terbalas dengan pemandangan yang sangat indah lho

 

Baca juga: "Mau Tahu Sunrise Terbaik di Trenggalek? Datang ke Sini Aja Nih!"

 

Sebelah kiri Pantai Cengkrong menyambung langsung dengan Pantai Prigi. Pasti sudah banyak yang tahu ‘kan ya, Trenggalek terkenal dengan Pantai Prigi-nya dan dengan hasil ikannya yang melimpah ruah. Terkenal juga dengan Pelabuhan Perikanan Prigi.

 

 

Selain banyak spot cantik, di Pantai Cengkrong juga ada wisata unik bernama Jembatan Mangrove atau biasa disebut Jembatan Galau. Konon jembatan ini banyak didatangi orang-orang yang sedang galau atau putus cinta. Setelah mendatangi jembatan ini bisa bahagia katanya, haha. Mungkin karena melihat pemandangan yang melenakan mata dan menyejukkan hati.

 

 

Trippers yang sedang galau cocok deh kalau berkunjung ke mari. Tetapi tidak menutup kemungkinan buat yang tidak galau juga cocok ke sini karena tempatnya sangat nagih sekali. Ada banyak binatang juga seperti burung dara, monyet, ikan-ikan tentunya, dan landak saat kita akan memasuki kawasan jembatan.

 

Di pinggir pantai pun sekarang sudah banyak terdapat kafe unik dengan bantal dan payung-payung yang membuat nyaman untuk leyeh-leyeh. Menu-menu enak seperti ikan bakar yang jadi andalan akan menemani kita bersantai di pinggir pantai diiringi deburan ombak. Ada banyak tukang bakso yang menjajakan dagangannya di sekitar pantai. Jadi kapan kalian ke sini?

 

 

 

Teks & Foto: Riska Rahayu Wilujeng
Comment