PERTAMA KALI KE RAJA AMPAT: WAYAG ATAU MISOOL DULU? 2020-10-07 00:00

Wayag nan spektakuler

 

“Kalau saya baru pertama kali ke Raja Ampat, bagusnya ke Wayag dulu atau Misool dulu?” Ini pertanyaan yang lumrah diajukan oleh orang-orang yang berencana ke Raja Ampat dan sudah tahu kalau Raja Ampat di Papua Barat memiliki dua kawasan utama eksplorasi: kawasan utara yang spot andalannya Wayag, dan kawasan selatan alias Misool. Bagusan mana? Mana yang sebaiknya diduluin?

 

Baca juga: “Panduan Cerdas Eksplor Raja Ampat

 

Perkara sulit ini…. Iya, bener! Susah jawab pertanyaan ini. Karena keduanya sama bagus. Mmm… Kalau gitu saya ralat, nggak susah, malah gampang jawabnya sih: ke dua-duanya! Hahaha…. Abis itu saya dikemplang sama para fakir cuti. Karena kalau mau langsung eksplor dua-duanya dengan puas serta nggak keburu-buru, paling minim butuh 10 hari, atau bahkan 12 hari.

 

Jadi, kalau harus memilih ke mana dulu?

 

Oke. Begini. Wayag dan beberapa tempat di kawasan utara lainnya lebih populer dan familiar dibandingkan spot-spot yang ada di Misool. Sebut saja Piaynemo, Teluk Kabui, Pasir Timbul, Arborek. Sedangkan Yapap, Dapunlol, Balbulol, Gua Keramat, Laguna Cinta/Danau Love yang ada di Misool namanya masih sedikit asing bagi mayoritas orang.

 

Pemandangan dari Puncak Wayag 1

 

Spot utama Laguna Yapap di Misool

 

Jadi kalau Trippers lebih suka datang ke tempat-tempat yang populer, pilihan tentu jatuh pada “Wayag dulu”. Abis pulang dari Raja Ampat kalau ada teman nanya “Udah ke Wayag? Ke Piaynemo? Teluk Kabui? Pasir Timbul?” kalian bisa langsung jawab “Udah doooong….”

 

Baca juga: “10 Children-Friendly Spot in Raja Ampat

 

Sebaliknya, kalau Trippers malah merasa kurang bangga dateng ke tempat-tempat yang udah banyak dikunjungin orang, pilihannya tentu “Misool dulu”. Jadi abis pulang dari Raja Ampat kalian bisa dengan bangga nunjukin foto-foto tempat yang orang lain nggak tahu itu di mana. Apalagi kalau fotonya bukan sekadar di Dapunlol dan Danau Love, tapi di Batu Patah, Gua Wagmab, Magic Tunnel yang masih sangat-sangat jarang dikunjungi.

 

Batu Patah di Misool

 

Gua Wagmab di Misool

 

Alasan pemilihannya sereceh itu?

 

Haha. Oke, pertimbangan lainnya begini. Trippers termasuk yang suka kenyamanan atau lebih merasa on kalau tempat-tempat yang dituju minim fasilitas dan menantang? Kalau suka yang nyaman, pilihannya “Wayag dulu”. Di kawasan utara pilihan penginapan maupun speedboat-nya lebih banyak. Yang cukup mewah dengan harga masih terjangkau ada cukup banyak. Spot-spotnya juga mayoritas sudah berfasilitas. Tapi di Misool nggak seleluasa itu. Penginapannya hampir semua masih sangat basic, yang listrik dan air bersihnya kadang byar pet. Speedboat buat keliling juga nggak banyak pilihan jenisnya. Ada sih resor mewah yang hanya ada satu-satunya di Misool, tapi muahaaaal sekali! Bahkan jika Trippers punya bujet Rp30 juta pun belum cukup untuk menginap di sana.

 

Baca juga: “Memilih Paket Trip ke Raja Ampat, Ini Hal-Hal yang Harus Ditanyakan

 

Nah bicara soal bujet, ini bisa jadi pertimbangan berikutnya. Kalau Trippers pergi berombongan minimal 8 orang, ke Misool bisa lebih murah daripada ke Wayag (kawasan utara) dengan jumlah durasi yang sama, misalnya 5 hari 4 malam. Faktor yang menjadi pembeda adalah harga sewa speedboat. Sewa speedboat di Misool lebih murah karena memang area eksplorasinya nggak seluas kawasan utara. Tambahan lagi, hampir semua spot di Misool belum memberlakukan retribusi. Kalaupun tiba-tiba ada penduduk lokal yang menghampiri dan minta, jumlahnya bisa dinego dan nggak sebesar retribusi per boat di kawasan utara, dan juga nggak banyak tempat yang begini di Misool.

 

Laguna Cinta/Danau Love di Misool

 

Jadi itulah jawaban atau pertimbangan-pertimbangan yang bisa saya berikan. Pilihannya tentu di tangan masing-masing ya.

 

Tapi kalau saya dipaksa ngasih jawaban fiks, nggak pake mikir akan saya jawab: dua-duanya! Just pack & go!

 

Kalau mau trip ke Raja Ampat nggak pake repot dan semua udah diurusin, silakan hubungi saya, Maya The Dreamer di WhatsApp 0811821006 atau email mytripjustpackandgo@gmail.com.

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Indra Franzpower, Mayawati NH, Susanto Ongkowidjaja
Comment
Parbriz Scania Omniexpress 2001

Hey very cool web site!! Guy .. Excellent .. Amazing .. I will bookmark your web site and take the feeds also? I am happy to seek out numerous useful information right here within the publish, we want develop more techniques on this regard, thanks for sharing. . . . . . https://anunturi-parbrize.ro/parbriz-scania-61.html

2020-10-15
Parbrize Auto Daf Cf 75 2002

My brother recommended I might like this blog. He was once entirely right. This submit actually made my day. You cann't believe simply how a lot time I had spent for this info! Thank you! https://vanzari-parbrize.ro/parbrize/parbrize-daf.html

2020-10-15