YUK NIKMATI PASIR TERHALUS DAN KEMEWAHAN JAGA JARAK DI PANTAI NGURBLOAT PULAU KEI 2020-09-11 17:50

 

Jujur, awalnya saya meragukan, benarkah pasir Pantai Ngurbloat di Pulau Kei Maluku terhalus sedunia (atau se-Asia)? Lebih haluskah dari pasir Pantai Wayag di Raja Ampat? Walaupun saya pernah dapat oleh-oleh sebotol kecil pasir Ngurboat dari seorang kawan yang sudah ke sana sebelumnya, tapi saya tetap ingin membuktikannya sendiri. Dan ternyata memang benar adanya. Haluuuus banget, kayak tepung atau bedak tabur. Dan pantainya juga sangat panjang. Sepenuh apa pun pengunjungnya, pasti bisa deh jaga jarak di sini.

 

Pantai Ngurbloat resmi dibuka kembali untuk umum pada Minggu 9 Agustus 2020 setelah ditutup sejak Maret 2020 karena pandemi Covid-19. Tapi tentu saja semua pengunjung harus tetap mematuhi protokol kesehatan.

 

 

Sudah ada perbaikan dari segi fasilitas juga. Kini sudah tersedia tempat parkir khusus bagi kendaraan. Dibandingkan objek wisata lain di Pulau Kei Kecil Kepulauan Kei, Pantai Ngurbloat memang tergolong yang paling lengkap fasilitasnya. Sudah banyak terdapat penginapan tepat di belakang pantai di mana suasananya teduh oleh rimbun pepohonan. Dari kelas homestay sederhana hingga vila-vila yang sudah tampil bergaya seperti di kawasan pantai liburan lainnya di dunia. Ada juga penginapan yang menyediakan pondok-pondok untuk bersantai di pantai. Kalau saya dan teman-teman memilih menginap di Vila Monica. Lokasinya nggak tepat di depan pantai, tapi jalan kaki ke pantai hanya sekitar 5 menit.

 

Pondok-pondok untuk bersantai di pantai

 

Vila Monica

 

Terdapat juga beberapa kafe yang cocok banget buat chill out di sore hari sambil menikmati turunnya senja, sembari menyeruput kelapa muda dan memamah pisang goreng enbal khas Pulau Kei. What an experience!

 

Baca juga: “Jangan Lupa Cicipi Pisang Goreng Enbal Saat Liburan di Pulau Kei Ya…

 

Pengelola Pantai Ngurbloat juga tahu betul kebutuhan para wisatawan kekinian. Maka dibangunlah spot-spot foto seperti tulisan besar “NGURBLOAT Beach” berwarna merah dan kuning, “I Love Kei” dari rangka besi berwarna merah dan kuning yang bisa diputar-putar, meja kursi warna-warni, dan mungkin sekarang sudah dibuat lagi spot-spot lainnya.

 

 

 

 

Bagi Trippers yang lebih suka pantai tampil apa adanya tanpa dimeriahkan spot-spot selfie, tenang saja, Pantai Ngurbloat ‘kan garis pantainya panjang banget jadi ada banyak sisi lain yang masih sepi tanpa ada apa-apa. Mengenai berapa panjangnya, ada sumber yang menyebut 3 km, ada pula yang menyebut 5 km --maaf saya sendiri nggak ngukur, jadi nggak tahu mana yang bener, hehe… Yang jelas memang panjaaaang, makanya disebut juga Pantai Pasir Panjang. “Ngur” sendiri dalam bahasa Kei artinya pantai atau pasir. Dan “bloat” artinya panjang.

 

Garis pantainya lebih panjang lagi dari yang bisa ditangkap kamera

 

Perbedaan penyebutan panjangnya –3 atau 5 km-- mungkin karena sebenarnya di sebelah Pantai Ngurbloat terdapat pantai lainnya, Pantai Ngursarnadan. Saya sendiri nggak menyusuri Pantai Ngurbloat jauh sampai ke bagian pantai Ngursarnadan.

 

Baca juga: “Pulau Adranan di Kepulauan Kei, Gradasi Air Lautnya Begitu Menggoda

 

Jadi bagi yang bukan banci foto dan hanya ingin menikmati suasana, pada pagi atau sore hari berjalan kakilah dengan kaki telanjang di atas pasir pantai dari ujung ke ujung. Rasakan lembut dan halusnya pasir di kulit telapak kaki. Kadang kaki kita akan terbenam di pasir, kadang juga seperti melangkah di lantai keras di mana pasir halusnya mengeras. Kalau sudah mulai kepanasan, kita bisa berjalan agak menepi di mana bayangan nyiur melambai yang berbaris-baris akan meneduhkan.

 

Berjalan di atas pasir di bawah rindang nyiur melambai

 

Menunggui sunset di sini sangatlah patut! Bisa sambil duduk-duduk aja di pasir pantai atau tanggul yang berada dekat Ten Café. Atau sambil beli minum dan makanan kecil di Ten Cafe yang di depannya ada dermaga menjorok ke laut.

 

Duduk di pasir pantai menanti sunset

 

Tampak di sebelah kiri ada jembatan dermaga

 

Banyak yang menonton sunset dari dermaga

 

Menjelang sore di sini banyak terlihat warga lokal maupun wisatawan berenang. Memang nyaman berenang di sini karena lautnya landai hingga seratusan meter lebih dan ombaknya sangat tenang. Makanya saat air surut, pasir pantai yang basah tampak seperti padang luas yang memantulkan cahaya matahari.

 

Suasana pantai menjelang sore

 

Pantai Ngurbloat berada di Desa Ngilngof Kecamatan Manyeuw Kabupaten Maluku Tenggara Provinsi Maluku, berjarak 23 km dari Bandara Karel Sadsuitubun Langgur, dan ditempuh berkendara +/-35 menit. Langgur adalah ibu kota Kabupaten Maluku Tenggara, sebagai gerbang masuk Kepulauan Kei. Cara ke Langgur silakan dibaca di sini.

 

Peta Kei

 

Lokasi Ngurbloat di sini

 

Tiket masuk ke pantai ini sekarang Rp5.000 per orang yang berlaku seharian. Parkir mobil Rp5.000 per mobil, parkir motor Rp3.000.

 

 

Waktu terbaik berkunjung ke Pantai Ngurbloat dan ke Pulau Kei pada umumnya April-Mei dan Oktober-Desember karena ombaknya relatif tenang.

 

Kapan Trippers ke Kei?

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Mayawati NH, Zuriah Saibun
Comment