KE WASHINGTON, D.C.? INI DIA OBJEK WISATA WAJIBNYA 2021-09-24 00:00

US Capitol

 

Ibu kota USA ini tampak sangat berbeda dengan New York, walaupun sama-sama berada di East Coast. Washington, D.C. terkesan klasik dan tidak dihiasi gedung pencakar langit. Destinasi wisata utamanya adalah White House (Gedung Putih), The Capitol, dan Washington Monument.

 

Baca juga: “Panduan Cerdas Eksplor East Coast USA

 

WHITE HOUSE

Merupakan gedung tempat tinggal resmi presiden USA sejak tahun 1800. Kita sebagai WNI tidak ada akses untuk masuk ke dalam gedung, jadi hanya dapat berfoto di depan pintunya saja.

 

 

Alamat: 1600 Pennsylvania Avenue NW. Dapat ditempuh dengan naik Big Bus Blue loop stop No. 32, atau Yellow loop stop No. 5, atau Red loop stop No. 20.

 

US CAPITOL

Tempat ini selain berfungsi sebagai monumen, juga merupakan tempat para senat USA bekerja, tempat bertemunya lembaga legislatif dan juga lambang demokrasi. Visitor Center terletak di lantai dasar di sisi timur, sekitar 10 menit berjalan kaki dari halte Bus Hop Hop.

 

Kita bisa memasuki US Capitol dan gratis dengan cara mengikuti tur yang diadakan oleh Visitor Center tapi sebaiknya daftar online dulu jauh-jauh hari di https://tours.visitthecapitol.gov/cvc. Tur diawali dengan menonton proses pembangunan Gedung Capitol ini sampai beberapa cuplikan aktivitas di ruang sidang. Dalam film berdurasi 13 menit ini diperlihatkan adegan bagaimana George Washington memutuskan untuk terus membangun kubah Capitol padahal saat itu kondisi sedang perang. Capitol dan White House juga sempat dibom oleh Inggris. Menurutnya, terus membangun Capitol dapat membangkitkan semangat rakyat saat itu.

 

Setelah itu peserta tur diajak keliling ke ruang lukisan termasuk lukisan di bagian dalam dome karya seniman migran asal Italia. Kemudian juga melihat ruang patung dari berbagai senat di berbagai negara bagian. Acara tur tidak sampai ke ruang sidang.

 

Salah satu lukisan di dalam US Capitol

 

Di sini juga ada kantin. Cobalah makan kue coklat putih yang berbentuk kubah Capitol.

 

Kue berbentuk kubah Capitol

 

Alamat: First St. SE, Washington, DC 20004. Dapat dicapai dengan naik Big Bus Red loop stop No. 2.

 

Baca juga: “Ke New York? Ini Dia Objek Wisata Wajibnya

 

WASHINGTON MONUMENT

Ini adalah “Monasnya USA”.  Ada 49 bendera USA mengelilingi bangunan ini yang melambangkan 49 negara bagian. Di sekitar lokasi ini juga terdapat beberapa memorial seperti Lincoln Memorial, yang semuanya dilewati oleh Big Bus Hop Hop.

 

 

Alamat: 15th St. & Constitution Ave. NW Washington, DC 20001. Dapat dicapai dengan naik Big Bus Red loop stop No. 7.

 

 

Teks: Kumala Budiyanto Foto: Kumala Budiyanto, Shutterstock
Comment