MAU SERU-SERUAN BIKIN PRAKARYA SAAT LIBURAN DI KOREA? 2020-02-23 00:00

Inilah miniatur benteng yang sudah jadi

 

Mayoritas wisatawan datang ke Kota Suwon di Korea karena ingin mengunjungi Hwaseong Fortress dan Hwaseong Haenggung Palace-nya yang selain eksotis juga legendaris. Setelah melihat langsung bangunan istana yang cantik serta benteng yang gagah, tentu akan menjadi menarik kalau kita bisa membuat sendiri miniaturnya. Nah, Suwon Cultural Foundation membuka kesempatan itu.

 

Membuat miniatur benteng di Hanok Technology Exhibition Hall adalah salah satu kegiatan yang diagendakan oleh Suwon Cultural Foundation bagi kami, jurnalis dan agen perjalanan yang diundang ke Suwon tahun 2019 lalu. Hanok Technology Exhibition Hall sendiri berada di dekat Janganmun Gate (gerbang utara dari Hwaseong Fortress).

 

Baca juga: "Hal-Hal yang Perlu Diketahui Tentang Suwon Hwaseong Museum"

 

Walaupun nggak ada bayangan seperti apa kegiatannya, tapi kami excited. Kami duduk manis di depan meja panjang dan mendengarkan penjelasan dari instrukturnya, sementara di hadapan kami sudah ada satu lempeng kardus keras (atau papan kayu dari serbuk kertas padat?) yang bisa dipotek-potek sesuai bentuk yang telah dicetak (seperti puzzle). Tiap potongan diberi nomor. Jadi kami harus memotek masing-masing potongan setahap demi setahap berdasarkan nomor yang diminta instruktur.

 

Layar projektor akan menampikan bagaimana kami harus menyusun potongan-potongan tersebut menjadi bangunan 3 dimensi, dan instruktur juga akan membantu mengarahkan. Dia akan berjalan dari satu orang ke orang lain dan membantu bilamana diperlukan. Kesulitannya palingan kalau ada potongan yang teramat kecil dan sulit disambungkan atau dikaitkan ke potongan lainnya. Kadang ada juga yang moteknya kekerasan sehingga kaitnya ada yang patah.

 

Dari puzzle menjadi miniatur 3 dimensi

 

Apakah membosankan? Nggak sama sekali. Kegiatan potek-mepotek, sambung-menyambung sampai sedikit demi sedikit mulai terlihat bentuk bentengnya, selama 40-50 menit, ternyata menyenangkan dan lumayan menantang. Apalagi karena kami melakukannya bersama-sama, ada sedikit atmosfer kompetisi, berlomba-lomba lebih dulu menyelesaikan setiap langkah. Kadang ada ledekan, ada teriakan penyemangat. Seru! Anak-anak juga pasti suka.

 

Dan tentu saja kepuasan membuncah manakala miniatur benteng kami jadi berdiri dengan sempurna. Lengkap dengan serdadu penjaga di kiri kanan gerbang masuk. Miniatur ini boleh kami bawa pulang dan menjadi kenang-kenangan yang berharga. Hasil karya sendiri gitu lhooo...

 

Miniatur bentengnya sudah jadi

 

Untuk mengikuti kegiatan ini harus reservasi dulu, biayanya per orang sekitar 5.000 won tergantung kompleksitas benteng atau istana yang dibuat. Maksimal satu rombongan 25 orang. Reservasi bisa ke: www.swcf.or.kr

 

Contoh-contoh miniatur yang bisa dibuat

 

Kalau cuma untuk melihat ruang pamer di Hanok Technology Exhibition Hall ini gratis. Jam bukanya pukul 09.00-17.00. Tutup di hari Senin dan hari libur nasional. Beberapa display pameran membuat kita sedikit mengerti bagaimana hanok (rumah tradisional khas Korea) dibuat. Beberapa potong kayu disambung dengan mengaitkan celah kayu yang satu dengan bagian tonjolan kayu lainnya. Mirip dengan metode pembuatan miniaturnya.

 

O ya, kalau ke sini sekalian mampir juga ya ke Suwon Traditional Culture Center di sebelahnya. Di area terbuka yang nggak terlalu luas ini berdiri beberapa hanok cantik. Pastinya bagus berfoto-foto di sini.

 

 Suwon Traditional Culture Center 

Teks & Foto: Mayawati NH
Comment
Clittylem

Lynwood HYfwcXJBFTRH 6 5 2022 how fast does lasix work

2022-10-31