EKSPLOR KOTA JAMBI, BISA KE MANA SAJA? (Bagian 2-Tamat) 2023-09-28 22:45

Tugu Keris Siginjai

 

Provinsi Jambi memiliki wisata andalan yaitu Candi Muaro Jambi, sebuah komplek candi yang berstatus Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) yang tepatnya berada di Kecamatan Maro Sebo Kabupaten Muaro Jambi. Untuk ke sini, wisatawan dari luar Jambi tentu harus ke Kota Jambi dulu dengan bandaranya Sultan Thaha Airport Jambi. Nah pastinya selain mengunjungi Candi Muaro Jambi, juga ada waktu untuk eksplor Kota Jambinya dong. Ada apa saja sih yang menarik di Kota Jambi? Yuk ikuti artikel yang ditulis berdasarkan pengalaman MyTrip ke sana bulan Februari 2023.

 

Baca bagian 1 di sini.

 

TUGU KERIS SIGINJAI

Tugu Keris Siginjai berada di sebuah bundaran di pusat Kota Jambi, tepatnya di Paal Lima Kecamatan Kota Baru. Juga merupakan ikon Kota Jambi selain Gentala Arasy. Tadinya hanya Tugu Wilayah Kota Baru yang mirip Monas lalu direnovasi menjadi Tugu Keris Siginjai dan diresmikan pada 31 Desember 2017.

 

Tugu Keris Siginjai berada di sebuah bundaran di pusat Kota Jambi

 

Keris Siginjai bukan keris sembarang keris, melainkan benda pusaka yang dimiliki secara turun-temurun oleh Kesultanan Jambi. Juga sebagai lambang pemersatu rakyat Jambi bahkan menjadi lambang Provinsi Jambi. Sultan terakhir yang memegang keris ini adalah Sultan Achmad Zainuddin pada awal abad ke-20. Keris Siginjai yang asli kini menjadi koleksi Museum Nasional Jakarta.

 

Di semua sisi bagian dasar tugu terdapat relief yang menggambarkan sejarah Jambi --termasuk Candi Muaro Jambi, juga plakat-plakat yang berisi keterangan tentang Keris Siginjai dan makna yang disimbolkan tugu ini. Sayangnya sudah lapuk terkena panas dan hujan, jadi sulit dibaca, lagupula ada keterangan yang sudah terhapus.

 

Di semua sisi bagian dasar tugu terdapat relief dan plakat yang menggambarkan sejarah Jambi

 

Tugu ini juga dilengkapi air mancur yang menyala pada jam-jam berikut: 06.30-09.30, 11.30-13.30, 15.30-18.00, 18.30-21.30.

 

Tugu Keris Siginjai dan air mancurnya di malam hari

 

Kantor Walikota Jambi berada tak jauh dari tugu ini. Sementara pusat keramaian malam hari juga berada di jalan di depan tugu. Saat malam hari banyak lampu menyala. Tugu Siginjai juga menyala warna-warni di malam hari.

 

Di sekitar bundaran tugu juga ada taman, pedestriannya ditata rapi, ada beberapa spot foto, salah satunya tiang yang berisi penanda beberapa kota di dunia.

 

KELENTENG CENG HONG LAO

Kelenteng Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Ceng Hong Lao ini berada di Lorong Budiman, Kecamatan Jambi Timur Kota Jambi. Ya, ini memang bukan tempat wisata, tapi apa pun agama kalian, boleh saja datang ke kelenteng ini untuk sekadar ingin tahu, melihat-lihat, atau juga berfoto. Tidak ada larangan memotret, termasuk bagian dalam kelenteng, asal tetap menjaga kesopanan dan ketenangan, apalagi jika kebetulan ada yang sedang bersembahyang. Kalau kalian beragama Kong Hu Cu atau Buddha Tri Dharma tentunya tak akan melewatkan kesempatan bersembahyang dengan pasang hio di sini.

 

Kelenteng Ceng Hong Lao

 

Selain gerbangnya yang cantik, kelenteng ini juga punya Taman 12 Shio di halaman sebelah kanan, dan gua buatan di halaman belakang. Di taman shio ada lengkap patung 12 shio dari shio tikus sampai babi. Boleh berfoto di setiap patung shio tapi ada larangan tak boleh menaikinya.

 

Taman 12 Shio di Kelenteng Ceng Hong Lao

 

MASJID MUHAMMAD CHENG HOO

Masjid yang merupakan objek wisata religi dan penanda jejak Muslim Tionghoa di Jambi ini diresmikan pada 12 Februari 2021. Berlokasi di Jl. Ibrahim Lipin, Kenali Asam Bawah, Kecamatan Kota Baru Kota Jambi.

 

Arsitektur masjid bergaya Tiongkok ini terinspirasi dari Masjid Muhammad Cheng Hoo di Surabaya Jawa Timur. Dinding masjid dominan berwarna merah, atapnya hijau dengan model pagoda, bukan kubah. Unik dan cantik!

 

Atap Masjid Muhammad Cheng Hoo Jambi model pagoda

 

JAMBI PARADISE

Jambi Paradise

 

Theme park terbesar di Jambi ini lokasinya bukan di dalam Kota Jambi melainkan sudah masuk Kabupaten Muaro Jambi. Tapi nggak jauh, dari pusat kota Jambi hanya +/-9 km, durasi berkendara +/-30 menit. Dengan luas 8 ha, taman wisata ini menawarkan ragam wahana, spot foto, permainan, juga danau. Beberapa permainan ataupun wahana berbayar. Tapi kalau hanya foto-foto tentu saja sudah termasuk di harga tiket masuk.

 

Jambi Paradise berada di luar Kota Jambi sedikit

 

Tiruan Garden by The Bay di Jambi Paradise

 

Wahana foto kapal pesiar

 

Lorong cantik untuk berfoto

 

Lokasi: Simpang Acai, Kb. IX, Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi.

Jam buka: 09.00-24.00

Tiket masuk: Rp30.000 berlaku sama untuk weekdays dan weekend.

 

CARA KE JAMBI

Sultan Thaha Airport Jambi

 

Dari Jakarta naik pesawat dengan tujuan Sultan Thaha Airport Jambi di Kota Jambi. Durasinya 1 jam 15 menit. Untuk keliling Kota Jambi ke tempat-tempat yang disebutkan di atas butuh waktu 2 hari, atau 3 hari kalau mau lebih santai dan ditambah eksplor Candi Muaro Jambi. Sewa mobil adalah cara terbaik mengeksplornya. MyTrip rekomendasikan Hanif Fajar (No. HP: 0852 6682 2244) untuk sewa mobil di Jambi.  

 

 

Teks & Foto: Mayawati NH (Maya The Dreamer)
Comment