MAU LIBURAN 2 MINGGU DI MALUKU? INI DIA ITINERARY & BIAYANYA (Bagian 2-Tamat) 2021-04-02 17:15

Pulau Baer di Kepulauan Kei

 

Mungkin masih beberapa bulan lagi atau bahkan hingga akhir tahun 2021 ini Trippers belum bisa leluasa jalan-jalan ke luar negeri. Memang ada beberapa negara yang sudah buka untuk wisatawan tapi masih terbatas. Tapi jangan sedih apalagi gundah gulana karena negeri kita sendiri sangat luas dan kaya banget alam dan budayanya. Eksplor Indonesia aja dulu. Nggak bakal kehabisan alternatif deh. Contohnya Maluku dan Maluku Utara.

 

Kalau biasanya Trippers menghabiskan jatah cuti 2 minggu buat liburan ke luar negeri, gimana kalau kali ini dipakai untuk keliling dua provinsi di Indonesia Timur ini? Nih MyTrip kasih ide itinerary dan estimasi biayanya.

 

Bagian 1 silakan baca di sini.

 

HARI 8: AMBON – SAPARUA

-  Pagi check out hotel, naik mobil ke pelabuhan speedboat di Tulehu (30 menit) untuk menyeberang dengan speedboat sewaan ke Pelabuhan Haria di Pulau Saparua. Perjalanan laut 1 jam.

- Tiba di Pelabuhan Haria, langsung naik mobil sewaan keliling Saparua: Rumah Adat Baileu Haria, Rumah Pattimura, Benteng Duurstede di tepi pantai Teluk Saparua, Desa/Negeri Ouw (kerajinan gerabah), Tanjung Ouw, RM JK (makan siang, dan jangan lupa pesan juice gandaria), Pantai Kulur, Gua Tujuh Putri.

Benteng Duurstede

 

- Sore check in penginapan. MyTrip menginap di Mahu Lodge di Saparua Timur.

 

Info:

- Ke Saparua naik kapal cepat umum juga bisa, berangkat dari Pelabuhan Tulehu Pulau Ambon setiap Senin-Sabtu pukul 09.00 dengan harga tiket Rp75.000. Tiba di Pelabuhan Haria Saparua pukul.10.00. Sebaliknya dari Haria ke Tulehu kapal berangkat setiap hari pukul 07.00. Hari Minggu kapal cepat ini tidak beroperasi. (Jadwal dan harga bisa berubah sewaktu-waktu)

 

Peta rute dari Ambon ke Saparua

 

- Pelabuhan masuk ke Saparua tak cuma Haria, tapi ada juga Pelabuhan Kulur dan Pelabuhan Tuhaha. Dari Tuhaha kapal hanya beroperasi Sabtu dan Senin.

 

Baca juga: “Itinerary & Estimasi Biaya Eksplor Ambon & Saparua 4 Hari

 

HARI 9. SAPARUA: ISLAND HOPPING

- Naik speedboat ke Pulau Molana di barat daya Pulau Saparua. Ada 2-3 spot di sekitar Pulau Molana untuk snorkeling maupun sekadar berenang.

Pulau Molana

 

- Dalam perjalanan kembali, mampir di Pasir Timbul Tanusan Pia.

 

HARI 10. SAPARUA - AMBON

- Kembali ke Ambon naik Kapal Express Priscilia 99 dari Pelabuhan Tuhaha (jika bertepatan hari Sabtu atau Senin).

- Tiba di Pelabuhan Tulehu Ambon, mampir dulu di Pantai Natsepa (jangan lupa mencicipi rujaknya yang terkenal). Sekalian makan siang di sini atau di perjalanan menuju Pantai Liang.

Rujak Pantai Natsepa yang terkenal itu

 

- Hari ini kita menyusuri pesisir utara di Jazirah Leihitu Pulau Ambon. Dari Pantai Liang lanjut mampir foto-foto saja di Lubang Buaya Pantai Morella, lalu melewati Benteng Amsterdam.

- Main dengan belut di Kolam Morea di Larike.

- Lanjut menikmati sunset di Batu Layar. Setelah itu kembali ke hotel di daerah Sirimau Kota Ambon.

 

Baca juga: “Alternatif Liburan Melipir dari Kota Ambon: Larike

 

HARI 11. AMBON – LANGGUR (KEI KECIL)

- Terbang dari Bandara Pattimura Ambon ke Bandara Karel Sadsuitubun (kode LUV) di Kota Langgur Pulau Kei Kecil. Penerbangan langsung +/-1,5 jam. Tiba di Langgur sekitar pukul 2 siang. Ada juga penerbangan yang tiba di Langgur sore hari.

- Dengan mobil jemputan langsung menuju penginapan di daerah Pantai Pasir Panjang alias Ngurbloat. Rekomen MyTrip: Villa Monica, homestay yang dikelola warga lokal, suasananya homey, masakan rumahannya bikin kita makan banyak hihi…

Villa Monica

 

- Hari ini belum pergi melaut, tapi santai-santai aja sambil nunggu sunset di Pantai Ngurbloat. Di sepanjang pantai yang menjadi pusat aktivitas wisata di Kepulauan Kei ini ada beberapa kafe atau rumah makan sederhana yang asyik buat nongkrong-nongkrong. Jangan lupa cicipi pisang goreng enbal.

Sunset di Pantai Ngurbloat

 

HARI 12. KEI: ISLAND HOPPING

- Usai sarapan di homestay, bersiap naik speedboat dari Pantai Ngurbloat. Cukup jalan kaki dari homestay ke pantai. Jangan lupa bawa bekal makan siang.

 

Pantai Ngurtafur

 

- Tujuan island hopping hari ini: Ngurtafur dan Pulau Ohoiew.

Pulau Ohoiew

 

HARI 13. KEI: ISLAND HOPPING

- Usai sarapan di homestay, bersiap naik speedboat dari Pantai Ngurbloat. Jangan lupa bawa bekal makan siang.

- Tujuan island hopping hari ini: Pulau Baer, Pulau Adranan, Pulau Dullah.

Pulau Adranan

 

HARI 14. KEI

- Usai sarapan di homestay, dan membawa bekal makan siang, dengan mobil sewaan dan supir yang merangkap sebagai pemandu, kita eksplor bagian darat Pulau Kei Kecil.

- Destinasinya: Kawasan Ekowisata Ohoi Tamngil di Desa Rumadian, Gua Hawang, Pantai Metro (Madwaer), Pantai Kelapa Miring, sunset di Bukit Masbait.

Pantai Kelapa Miring

 

HARI 15. LANGGUR (KEI KECIL) – JAKARTA

Ada penerbangan pagi pukul 6 maupun siang pukul 11 atau 2. Disarankan ambil yang siang supaya pagi-pagi masih sempat main-main lagi ke Pantai Ngurbloat.

 

Baca juga: “Panduan Menyusun Itinerary Plus Trik Khusus yang Nggak Semua Orang Tahu

 

ESTIMASI BIAYA: Rp20.000.000 per orang (berdasarkan sharing cost 4 orang, memakai moda transportasi private, hotel/homestay nyaman ber-AC, termasuk semua tiket pesawat: Jakarta-Morotai, Morotai-Ternate, Ternate-Ambon, Ambon-Langgur, Langgur-Jakarta yang dianggarkan sebesar Rp9.500.000).

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Bastian Resubun, Mayawati NH, Ninuk Werdiningsih, Priyo Tri Handoyo, Zuriah Saibun
Comment
Salomaeisn

date sites free for men deting meet local singles free

2023-02-24