CURUG BUNGSU DI PAMIJAHAN BOGOR, INSTAGENIK & ASYIK BUAT MAIN AIR 2021-10-07 00:00

Curug Bungsu, sangat Instagenik!

 

Kalau sudah selesai eksplor 4 curug yang berada dalam satu rute (Curug Kiara, Batu Ampar, Susun, Bidadari) yang berada di Kampung Raina Desa Ciasihan Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor, sekalianlah ke curug tetangganya, Curug Bungsu. Nggak akan nyesel! Curugnya sangat Instagenik, fotogenik! Dan enak serta aman buat berendam-rendam cantik dan main air.

 

Curugnya sih pendek, sekitar 3 m saja, dan kolam di bawahnya pun --yang membuatnya fotogenik, adalah kolam buatan alias dibendung. Tapi batu-batu besar yang berserakan tentu saja asli.

 

Curugnya pendek

 

Dari parkiran mobil hingga ke gerbangnya butuh waktu sekitar 35-40 menit jalan kaki santai. Rutenya sama dengan ke Curug Kiara. Hanya saja begitu sampai di gerbang Curug Kiara, kita ambil jalur ke kanan, gerbang Curug Bungsu sudah langsung terlihat. Bayar Rp 10.000 per orang. Begitu melewati gerbang hanya beberapa meter, curugnya sudah terlihat. Jalurnya menurun.

 

Dari gerbang curugnya sudah terlihat

 

Kalau mau langsung main air, arahkan kaki ke bagian kanan curug, turunlah ke air dengan menyusuri pematang bendungannya. Aman kok, nggak licin, tapi tetap harus hati-hati, terutama saat debit air besar. Waktu MyTrip datang, debit dan arus air biasa saja, jadi kami dengan mudah turun ke air.

 

Bagian kanan curug, pijak saja bagian pematang bendungannya, aman, tapi tetap harus hati-hati

 

Kita bisa menyusuri pematangnya sampai mendekati curug utamanya

 

Airnya sangat bening, bagian dasarnya pasir dan batu-batu kerikil

 

Bermain-main air di kolamnya yang dangkal

 

Atau berpose ngambang di kolam dangkalnya. Airnya dingin banget!

 

Kalau mau memotret curugnya full view, harus dari jembatan di bagian depan curug

 

Ini aliran air dari hulunya 

 

Seperti sudah disebutkan di bagian awal, Curug Bungsu sangat Instagenik. Bendungan yang dibuat setengah lingkaran membuat limpahan airnya seperti berbaris rapi. Jadi lebih cantik kalau difoto dengan menggunakan slow speed, atau diedit seolah-olah slow speed.

 

 

 

Jadi Curug Bungsu cocok banget buat yang hobi foto maupun yang suka main air di kejernihan alami aliran curug. Di sini sudah terdapat toilet maupun warung.

 

Cara ke Curug Bungsu dari Jakarta sama dengan ke Curug Walet dan Curug Kiara, bisa dibaca di sini.

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Mayawati NH, Raiyani Muharramah, Yenny Anastasia
Comment