4 NIGHT MARKET DI TAIPEI YANG TAK BOLEH DILEWATKAN 2020-05-21 00:00

Ningxia Night Market

 

Liburan ke Taipei Taiwan tak akan lengkap tanpa mampir ke salah satu night market atau pasar malamnya. Night market atau dalam bahasa Mandarinnya ye shi menjadi salah satu daya tarik ibu kota Taiwan ini selain Gedung Taipei 101 yang pernah menjadi gedung tertinggi di dunia. Hampir semua street food Taiwan yang mendunia bisa ditemukan di night market seperti bubble tea, stinky tofu, crispy chicken cutlet, dan egg omelet. Bahkan di beberapa night market Trippers bisa menemukan makanan unik yang jarang ada di tempat lain.

 

Ada banyak night market di Taipei, baik yang sangat turistik maupun yang tidak sama sekali. Beberapa yang paling terkenal dan perlu Trippers kunjungi saat liburan ke Taipei di antaranya:

 

1. SHILIN

 

Night market terbesar dan paling terkenal di Taipei sekaligus yang paling turistik. Shilin juga merupakan salah satu tempat hiburan malam paling terkenal di kalangan para turis. Di sini Trippers bisa mencicipi makanan tradisional Taiwan seperti giant crispy chicken cutlet, tempura, bubble tea, oyster omelet, oyster vermicelli soup, serta stinky tofu. Selain makanan, Trippers juga bisa menjelahi bagian pasar yang menjual aneka merchandise.

 

Giant crispy chicken cutlet atau jipai

 

Cara ke Shilin Night Market: Naik MRT red line tujuan Stasiun Jiantan. Jangan turun di Stasiun Shilin ya karena malah lebih jauh. Setelah sampai, ambil exit 1 lalu nyeberang jalan untuk masuk ke night market-nya. 

 

2. NINGXIA

Ningxia lebih kecil dari Shilin, hanya sepanjang kurang lebih 150 m. Pasar malam ini terkenal akan tiram dan egg omeletnya. Selain itu, kebanyakan orang mengunjungi Ningxia Night Market demi chicken rice, fried bee hoon, braised pork rice, dan mochi ballsnya.

 

 

Cara ke Ningxia Night Market: Dari stasiun utama Taipei naik MRT tujuan Stasiun Shuanglian. Lalu keluar lewat exit 1, kemudian jalan ke arah barat ke Jalan Minsheng selama 15 menit hingga sampai di Jalan Ningxia. Pasar malamnya ada di sini. Stasiun MRT lainnya yang dekat dengan Ningxia Night Market adalah Stasiun Zhongshan.

 

Baca juga: “Taipei Grand Mosque Berdiri Megah di Seberang Paru-Paru Taipei

 

3. HUAXI

Night market ini juga dikenal sebagai snake alley atau gang ular. Sesuai julukannya, makanan yang paling terkenal di pasar malam ini adalah sup ular, daging ular, dan wine ular. Selain makanan, Trippers juga bisa berbelanja di toko buku, butik, dan mencoba tempat pijat tradisional. 

 

Cara ke Huaxi Night Market: Naik MRT blue line tujuan Longshan Temple lalu keluar lewat exit 1. Night market-nya berada di sebelah barat dari kuil.

 

4. RAOHE

Terletak dekat Rainbow Bridge, Raohe buka dari jam 5 sore hingga tengah malam. Night market ini menjual aneka makanan tradisional Taiwan seperti oyster vermicelli soup, tanghulu (buah yang dilapisi gula), dan bubble tea, tapi juga ada banyak kios yang menjual makanan, aksesoris, dan oleh-oleh. Dari Raohe Night Market kita bisa sekalian mengunjungi Rainbow Bridge dan kuil Tao bernama Songshan Ciyou yang berada tepat di mulut pasar malam.

 

 

Cara ke Raohe Night Market: Naik MRT green line tujuan Stasiun Songshan, lalu keluar lewat exit 5. Night market-nya berada di seberang jalan, tepat di sebelah kuil. 

 

Baca juga: “Baunya Busuk, Tapi Percaya Deh Stinky Tofu Bakal Bikin Kamu Merindukannya

 

CARA KE TAIPEI

Penerbangan langsung dari Jakarta ke Taipei dilayani EVA Air, China Airlines, Batik Air. Lama penerbangan 5 sampai 5,5 jam. Sementara itu ada banyak penerbangan lainnya dengan transit di Kuala Lumpur atau Singapura, seperti AirAsia, Scoot, dan Singapore Airlines. 

 

Tentang objek menarik lainnya di Taipei silakan baca di sini.

Teks: Dada Sabra Sathilla Foto: Dada Sabra Sathilla, Taiwan Tourism Bureau
Comment