12 CAFE & RESTO CANTIK DI BOGOR UNTUK MELEWATKAN WEEKEND (Bagian 3) 2024-02-13 20:25

Kopi Tubing, selain resto, juga ada resortnya

 

Kadang galau mau melewatkan weekend di mana? Apalagi kalau ada long weekend tapi nggak bisa pergi keluar kota. Hari gini sih sebenernya udah nggak perlu galau bin bingung lagi karena pilihan begitu banyak, dan lokasinya nggak terlalu jauh. Buat warga Jabodetabek yang mau sedikit ngadem, alternatif favoritnya tentu ke Bogor ataupun lebih spesifik ke kawasan Sentul. Di sana bertaburan cafe ataupun resto yang ditata cantik dan berpemandangan cantik pula. Tempat-tempat ini tak hanya memberi makan perut, melainkan juga memberi ‘makan’ mata dan jiwa. Menawarkan beragam spot cantik buat berfoto pula!

 

Baca juga: “5 Resto & Cafe Semi Outdoor Berpemandangan Cantik di Bogor

 

Kali ini MyTrip tampilkan 12 cafe dan/atau resto di Sentul dan kawasan Bogor lainnya. Beberapa di antaranya juga memiliki penginapan serta meeting hall. Semuanya pernah MyTrip datangi langsung antara Agustus 2022 hingga Januari 2024. Harganya masih terjangkau, kalaupun beberapa agak pricey, tapi sepadan dengan suasana yang ditawarkan. Kurang lebih bujet per orang untuk makan dan minum minimal Rp100.000.

 

Bagian 1 baca di sini. Bagian 2 di sini.

 

7. BREE COFFEE & KITCHEN

Lokasi: Jl. Raya Cihideung No.36, Tanjung Sari, Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Jam buka: 10.00-20.00 (weekdays), 09.00-21.00 (weekend).

 

“Tempat berjuta cerita”, begitulah tagline yang tercantum di Instagramnya. Ya, pasti akan banyak cerita dan terutama foto sepulang dari Bree. Area dine-in-nya aja ada dua dan luas: restoran dan coffee shop. Ada yang di dalam ruangan berdinding kaca yang bergaya industrialis, ada yang di ruang setengah terbuka, malah ada meja-kursi dipasang di atas aliran sungai kecil. Di salah satu sudut coffee shopnya dipajang poster-poster jadul.

 

Salah satu area dine-in resto Bree yang berdinding kaca

 

Meja kursi di atas aliran air

 

Poster-poster jadul

 

Banyak sudut untuk berfoto, salah satunya di depan toilet berdinding bata merah dengan tulisan “Bree” dan ada motor gede juga di depannya. Di salah satu sudut terlihat barang-barang jadul yang ditata apik di antaranya koper-koper tua yang lebih mirip peti, gramofon, pesawat telepon, jam dinding, dll.

 

Salah satu sudut cantik untuk berfoto

 

Barang-barang jadul

 

Berjalanlah ke kebun belakang melewati jembatan gantung berwarna merah yang juga Instagrammable. Nah, di halalaman belakang itu ada mini zoo, pengunjung bisa membeli pakan untuk feeding. Ada domba, kelinci, burung, ikan.

 

Jembatan gantung berwarna merah

 

Pilihan menunya banyak, dari Starter, Main Course, Soup, Rice Bowl, Pasta, Pizza, Salad, Dessert. Dari masakan Sunda sampai makanan bule. Ada menu unik seperti Steak Maranggi dan Meltique Steak. Camilan standar seperti singkong goreng, pisang goreng, tempe mendoan juga ada. Minuman lengkap dari kopi sampai nonkopi, milkshake, juice, mocktail, ice tea flavour.

 

Steak Maranggi

 

Singkong goreng

 

8. IMAH NINI VINTAGE CAFE & GARDEN RESTO

Lokasi: Jl. Cipicung, Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Jam buka: 09.00-22.00 (setiap hari).

 

Masih di Cijeruk, berjarak 1,3 km dari Bree, ada lagi resto/kafe yang tak kalah luas dan unik. Konsepnya rumah jadul nenek yang dikelilingi taman asri. Yang di Cipicung ini hanya salah satunya, masih ada dua lagi di Sancang dan Yasmin, semuanya di Bogor. Bangunan utamanya ya membuat kita serasa di rumah nenek, dengan jendela-jendela jadul, kursi jadul, bahkan ada kursi goyang.

 

Rumah jadul Imah Nini

 

Serasa ngerumpi di rumah nenek

 

Segitu doang dine-in areanya? Tentu tidak. Melangkahlah terus ke belakang, ada banyak area dine-in lain lengkap dengan perabotan dan penataan bergaya vintage. Mau sesi foto-foto cantik di sini tentu bisa banget!

 

Area dine-in bergaya vintage

 

Pilihan menunya nggak banyak. Main coursenya: Chicken Rice Bowl, Imah Nini Baked Rice, Mie Tumis Nini, Spicy Chicken & Fries, Imah Nini Pizza, Sosis Kentang BBQ, Nasi Goreng, dan paket nasi. Juga ada Snack dan Dessert baik yang western seperti bitterballen sampai yang tradisional seperti singkong goreng dan cireng. Minuman kopi dan nonkopi.

 

Cireng di Imah Nini

 

9. KOPI TUBING CAFE & RESTO

Lokasi: Jl. Gunung Menir, Ciasihan, Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Jam buka: 09.00-20.00 (Senin-Jumat), 08.00-21.00 (Sabtu-Minggu).

 

Kopi Tubing ini merupakan tempat rekreasi yang memiliki resort, resto, kafe, kolam renang, taman, mini zoo dan juga sarana river tubing karena lokasinya memang di tepi Sungai Cikuluwung. MyTrip sempat menginap satu malam di resort-nya yang berupa glamping. Unit glampingnya tidak banyak, tapi tersedia juga beberapa bangunan vila kekinian yang berbentuk huruf A (A Frame Cabin). Makanya mesti booking jauh-jauh bulan.

 

Tubing Park jelang malam

 

Kalau mau menikmati taman yang diberi nama Tubing Park beserta fasilitas di dalamnya dikenakan tiket Rp10.000/orang. Bisa masuk ke mini zoo dan memberi makan domba, kelinci, kambing (pakannya bayar Rp10.000); melihat-lihat Kebun Bunga Sedap Malam, Organic Farm, juga leyeh-leyeh serasa di Bali di Sand Land-nya. Tubing Park juga memiliki resto cantik yang khusus untuk para tamu yang menginap. Di sini menunya nggak terlalu banyak, dan tutupnya lebih cepat.

 

Bisa memberi makan domba di mini zoo

 

Menikmati Sand Land dan Kebun Bunga Sedap Malam

 

Resto Tubing Park yang cantik

 

Salah satu dessert di Resto Tubing Park

 

Nah, kalau mau makan dengan ragam menu dan berfoto-foto cantik di persawahannya tanpa bayar tiket masuk, mampirnya ke Resto Kopi Tubing di bagian depan. Area dine in-nya selain di bangunan dua lantai, juga ada di bagian belakang, dekat arena river tubing. Yang paling favorit tentu wahana-wahana cantik di persawahan untuk berfoto.

 

Resto Kopi Tubing dan persawahannya

 

Wahana cantik persawahan di waktu malam

 

Pilihan menunya banyak. Ada Kids Meal, Appetizernya dari mulai tahu gejrot sampai nacos, Main Course terdiri dari paket nasi, mie, ayam, ikan, sapi, seafood, sup, aneka soto, Western Food. Gaya masakannya mayoritas Sunda-an tapi ada pula gaya masakan Thailand. Snack tradisional Indonesia dan dessert tak ketinggalan. Minuman juga beragam, kopi dan nonkopi.

 

Bersambung ke sini

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Betti Hermastuti, Dok. MyTrip, Mayawati NH, Raiyani Muharramah, Shinta Djojonegoro
Comment