TOREAN DI RINJANI, NEW ZEALAND VERSI MURAH! 2022-08-17 00:00

Torean, New Zealand versi murah!

 

Mau melihat keindahan New Zealand dengan biaya yang jauh lebih murah? Ke Torean aja! Ini bukan ungkapan lebay. Yang bilang begini justru adalah para pendaki bule yang sempat menjajal Jalur Torean setelah turun dari Puncak Gunung Rinjani di Lombok Nusa Tenggara Barat. Cerita ini MyTrip dapatkan dari tim pemandu yang menemani rombongan MyTrip 30 Juli-2 Agustus 2022 lalu.

 

Baca juga: “10 Alasan Kenapa Para Pendaki Harus Mencoba Jalur Torean Rinjani (Bagian 1)

 

Barisan perbukitan berselimut hijau-hijau dengan “aksesoris” pohon pinus di beberapa titik dan sungai berwarna putih susu maupun hijau toska mengular di tengahnya, sabana di lereng-lereng, tebing batu gagah, sumber air panas yang bergolak dan mengepul, mata air segar, air terjun pada posisi yang Instagrammable, jurang dalam menganga, hutan tropis lebat, dan gumpalan awan maupun kabut yang menambah eksotis pemandangan… Itu semua hanyalah sederet kalimat yang tak bisa menggambarkan dengan utuh sempurna keindahan yang dilihat langsung dengan mata. Trippers harus datang, mencoba jalurnya, dan merasakan serta melihatnya sendiri.

 

Barisan perbukitan dengan sungai di tengahnya

 

Tebing-tebing gagah di Jalur Torean

 

Gumpalan awan dan kabut menambah eksotis

 

Air Terjun Penimbungan

 

Air terjun lain yang tak kalah eksotis

 

Tentu tak ada tempat yang sama persis dengan tempat lainnya. Di Jalur Torean tak ada kawanan domba seperti di sabana-sabana dan perbukitan di New Zealand. Kalau disamakan juga dengan Swiss, di Torean nggak ada bangunan gereja atau penginapan yang menyelip di antara pohon-pohon pinus. Torean menawarkan keindahannya sendiri dengan bentang alamnya.

 

Torean dengan bentang alamnya yang breathtaking!

 

Dan karena Jalur Torean adalah bagian dari Gunung Rinjani, tak perlu dipertanyakan lagi, berapa banyak dan berapa rupa keindahan alam yang tersaji. Gunung Rinjani adalah salah satu gunung terindah di dunia, dengan bentang alam unik dan banyaknya variasi keindahan yang dihadirkan. Puncak gunung dengan pemandangan ke arah danau yang di tengah-tengahnya terdapat anak gunung --Gunung Baru Jari, jalur pasir Letter E yang menjadi momok bagi semua pejuang summit, danaunya yang dikungkung punggungan gunung dengan latar utama Gunung Baru Jari, sabana-sabananya, kolam-kolam air panasnya, hutan tropisnya. Sungguh paket super komplet yang paripurna. Indah mandraguna!

 

Jalur Puncak Rinjani dan pemandangan ke arah Danau Segara Anak

 

Danau Segara Anak dengan latar belakang Gunung Baru jari

 

Murahnya, apa benar murah? Bahkan kalau kita mengambil paket pendakian premium dengan durasi 4 hari 3 malam pun, biaya yang dikeluarkan sudah pasti sangat jauuuuuh lebih murah dibanding biaya untuk eksplor New Zealand. Apalagi bagi pendaki-pendaki bule dari negara-negara maju. Super duper murah!

 

Baca juga: “10 Alasan Kenapa Para Pendaki Harus Mencoba Jalur Torean Rinjani (Bagian 2-Tamat)

 

Jadi, sungguh teramat disayangkan kalau kita orang Indonesia tidak menikmati pemandangan mahal dengan harga murah ini. Memang sih, nggak semua orang bisa ke Torean, karena dibutuhkan stamina yang prima. Dan lewat jalur mana pun, nggak bisa ke sini hanya 1-2 hari.

 

Yuk ke Torean

 

Bagaimana gambaran rute, durasi, dan level kekuatan fisik apa yang dibutuhkan untuk bisa menikmati Jalur Torean, silakan baca artikel berikut.

 

Trippers yang mau ke Torean, silakan hubungi MyTrip di 0811821006 untuk mendapatkan rekomendasi operator yang bisa diandalkan.

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Dok. Edy Santoso, Dok. Irawati Santoso, Edy Santoso, Irawati Santoso, Mayawati NH, Tjoeng Pik Fong, Yongki Nurzandi
Comment