SCOOT MENGINSPIRASI PERJALANAN WISATA MELALUI SENI 2023-04-28 13:45

Scoot, maskapai penerbangan bertarif rendah yang merupakan anak perusahaan Singapore Airlines (SIA), bekerja sama dengan seniman Indonesia, Rachel Ajeng (Rachel), dalam sebuah  kolaborasi yang terdiri dari tiga fase untuk menginspirasi masyarakat Indonesia agar dapat memperkaya kehidupan mereka melalui perjalanan wisata. Sebagai bagian dari kolaborasi ini, Rachel akan pergi ke Tokyo, Jepang, dengan Scoot.

 

Tokyo adalah salah satu tujuan wisata populer karena merupakan kota yang dinamis dan modern yang dipadukan dengan sejarah, seni dan budaya. Terinspirasi dari pengalaman perjalanannya, Rachel akan membuat sebuah lukisan untuk mengabadikan hasil  kolaborasinya dengan Scoot, yang kemudian akan dipamerkan di Museum Moja, Jakarta.

 

Lahir di Surabaya, Rachel mengembangkan bakat melukis sejak usia dini. Terinspirasi oleh karya-karya Walt Disney, Rachel menempuh pendidikan tinggi di bidang seni rupa di Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), Institut Teknologi Bandung (ITB). Kini ia ahli dalam menciptakan ilustrasi dengan aquarelle dan gouache.

Rachel Ajeng

Belum lama ini di Hotel Century Park, Jakarta, Scoot menyelenggarakan Focus Group Discussion bersama Rachel, yang dihadiri perwakilan jurnalis, dan anggota Komunitas Backpacker Internasional. Bertemakan “Affordable Travel to Tokyo’s Cultural Gems”, para peserta berbagi pengalaman pribadi tentang bagaimana perjalanan wisata telah memperkaya hidup mereka, saling bertukar tips tentang perencanaan perjalanan wisata, serta memberikan Rachel beberapa informasi terkait perjalanan keliling Tokyo dengan nyaman dan terjangkau.

 

Mr Johanes Ong, Rachel Ajeng and Focus Group Discussion Participants

Beberapa poin diskusi yang dikumpulkan selama Focus Group Discussion meliputi:

- Mulailah merencanakan perjalanan lebih awal dan lakukan pemesanan tiket penerbangan, akomodasi, dan kegiatan wisata lebih awal untuk menghemat biaya. Sering kali maskapai penerbangan memberikan diskon untuk para penumpang yang membeli tiket lebih awal atau mengadakan berbagai promosi lainnya. Pelanggan dan para calon penumpang Scoot dapat mengikuti akun media sosial Scoot atau mengunjungi situs web Scoot untuk memanfaatkan penawaran selama periode tarif promosi.

 

- Bagi mereka yang lebih memilih ruang pribadi atau bahkan para shutterbugs (penggemar fotografi) yang mencari lokasi foto tanpa kerumunan pengunjung, dapat mencoba kegiatan berbiaya rendah seperti mengunjungi taman lokal, museum, dan situs bersejarah. Tempat-tempat wisata ini memiliki sejarah yang kaya dan sering kali tidak terlalu ramai pengunjung.

 

- Pertimbangkan untuk menggunakan transportasi umum guna mendapatkan pengalaman yang benar-benar lokal. Tokyo adalah salah satu kota dengan sarana transportasi yang paling terkoneksi dengan baik, dengan jaringan kereta bawah tanah dan kereta regional yang luas  serta sangat terjangkau. Sarana transportasi di Tokyo tidak hanya membawa kita ke sebagian besar tempat wisata dan atraksi utama di kota ini, tetapi juga dapat menghubungkan kita ke kota-kota lain di Jepang.

 

- Untuk akomodasi, menyewa apartemen mungkin merupakan pilihan yang lebih hemat, terutama jika kita melakukan perjalanan yang lebih lama. Pilihan akomodasi alternatif seperti hostel, wisma, atau hotel kapsul dapat memberikan pengalaman budaya lokal yang lebih unik. Anda mungkin juga ingin memperhatikan hal-hal detail seperti lokasi akomodasi, ulasan tamu, dan peringkat popularitas sebelum memesan akomodasi untuk memastikan pengalaman menginap yang aman dan nyaman.

 

- Di kota-kota seperti Tokyo, terdapat banyak pilihan makanan lezat dan terjangkau yang tersedia, mulai dari jajanan kaki lima hingga izakaya atau kedai kecil khas Jepang, serta banyak pilihan makanan halal. Bagi yang tidak memiliki banyak waktu untuk makan, ada banyak minimarket di seluruh kota yang menawarkan berbagai macam bento, sandwich, dan makanan ringan lokal lainnya.

 

- Covid-19 telah mengubah cara hidup, termasuk cara kita bepergian. Asuransi perjalanan kini menjadi lebih penting dari sebelumnya, terutama di masa new normal ini. Bagi para pelanggan, Scoot menawarkan asuransi perjalanannya sendiri, Scootsurance, yang menanggung kecelakaan diri dan biaya medis terkait pandemi.

 

Johanes Ong, General Manager Scoot Indonesia, mengatakan, "Indonesia selalu menjadi pasar yang penting bagi kami. Saat ini kami melayani sembilan destinasi di Indonesia dan sedang berupaya untuk memulai kembali penerbangan ke kota-kota lain di Indonesia pada akhir tahun 2023. Kami percaya bahwa kami dapat menghubungkan para pelanggan dengan orang-orang yang mereka cintai ke berbagai destinasi dan budaya baru. Kami juga terus meningkatkan keunikan produk-produk kami dan menawarkan pengalaman perjalanan wisata yang lebih unik kepada pelanggan. Hal ini sejalan dengan DNA maskapai kami untuk menjadi maskapai yang menyenangkan dan inovatif. Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Rachel dalam kolaborasi ini untuk mendorong lebih banyak orang Indonesia merencanakan perjalanan wisata mereka berikutnya dan membangun pengalaman perjalanan wisata yang memperkaya hidup mereka dan tak terlupakan bersama Scoot."

 

Rachel Ajeng, seniman Indonesia, mengatakan, "Sebagai seorang seniman, Tokyo membuat saya tertarik dengan kehidupan kotanya yang dinamis dan dipadukan dengan sejarah dan budayanya. Merupakan suatu kehormatan bagi saya dapat bekerja sama dengan Scoot dalam kolaborasi ini, dan saya berharap dapat terinspirasi oleh tempat-tempat yang saya kunjungi serta orang-orang yang saya temui selama berada di Tokyo. Semoga perjalanan dan karya seni saya dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia untuk melakukan perjalanan ke luar negeri dan memperkaya kehidupan mereka melalui perjalanan wisata dan eksplorasi."

 

Para peserta Focus Group Discussion juga berpartisipasi dalam kegiatan sketching bertema perjalanan wisata, di mana mereka menggambar hal-hal yang menginspirasi mereka selama perjalanan. Muhammad Firdaus, anggota Komunitas Backpacker Internasional, memenangkan kegiatan menggambar ini dengan gambarnya yang kreatif mengenai Tokyo Tower dan jalan-jalan di Tokyo dan menerima voucher perjalanan Scoot senilai SGD500. Muhammad Firdaus mengatakan, "Perjalanan wisata adalah cara untuk memperluas wawasan dan merasakan pengalaman budaya yang berbeda. Backpacker seperti saya biasanya lebih suka bepergian dengan budget yang terbatas, dan persiapan sebelum keberangkatan sangat penting bagi kami. Itulah sebabnya kami berterima kasih atas kesempatan berpartisipasi dalam Focus Group Discussion bersama para traveller untuk mendiskusikan topik-topik yang merupakan passion kami. Saya mendapatkan banyak tips yang berguna tentang bagaimana melakukan perjalanan dengan biaya terjangkau di Tokyo."

 

Jaringan penerbangan Scoot saat ini mencakup 71 destinasi di 15 negara dan wilayah, di mana 65 destinasi di antaranya sudah dapat dipesan per April 2023. Scoot mengoperasikan layanan penumpang dengan rute antara Singapura dan berbagai tujuan di Asia-Pasifik, Timur Tengah, dan Eropa. Scoot saat ini  menghadirkan penerbangan non-stop setiap hari ke Tokyo melalui Singapura dan layanan penerbangan harian ke Tokyo melalui Singapura dan Taipei. Untuk wilayah lain di Jepang, Scoot mengoperasikan penerbangan harian non-stop dari Singapura ke Osaka dan empat kali penerbangan mingguan dari Singapura ke Sapporo melalui Taipei. Jadwal penerbangan Scoot terbaru dapat dilihat di sini.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.flyscoot.com/en.

Scoot
Comment