RAJA AMPAT SUDAH TERLALU RAMAI? COBA DEH KE PULAU YEBEN… 2021-12-18 21:35

Pulau Yeben Kecil

 

Wayag, Piaynemo, Teluk Kabui, Pasir Timbul, Arborek --objek wisata utama di Raja Ampat Papua Barat, memang sudah ramai dikunjungi wisatawan, apalagi saat musim liburan, saat high season, dan sebelum pandemi. Tapi tentunya masih banyak tempat lain yang masih belum populer dan masih sepi kunjungan. Salah satunya Pulau Yeben. Ada Yeben Besar (atau disebut Pulau Yeben saja), Yeben Kecil, dan Mios Mandun yang artinya Merpati Putih (atau disebut juga Yeben Batu).

 

Baca juga: “Ini Dia Tempat Buat Berenang Cantik di Raja Ampat: Pulau Rufas

 

Yeben bisa sekalian dimampiri saat ke Piaynemo. Karena nggak terlalu jauh jaraknya, kurang lebih 25-30 menit melaju dengan speedboat. Kalau dari Waisai sekitar 2 jam ber-speedboat. Rombongan open trip MyTrip tahun 2018 hanya mampir ke Yeben Kecil aja. Lalu mendekati Mios Mandun tanpa berhenti di pasir putih mungilnya.

 

Peta Pulau Yeben

 

Pulau Yeben, tak jauh dari Piaynemo

 

Rombongan MyTrip di Pulau Yeben Kecil tahun 2018

 

Baca juga: “10 Children-Friendly Spots in Raja Ampat

 

Yeben Kecil memang adalah pulau mungil, tak berpenghuni. Tebing karst yang cukup tinggi seolah membentengi pantainya yang berpasir putih halus. Sementara laut di depannya landai, berair jernih dan berombak tenang. Cocok banget buat berfoto di segala sudut, dan tentunya juga buat goler-goleran di pasir maupun berenang-renang cantik. Tapi harus dipastikan dulu ke pemandu lokal yang menemani Trippers, bagian mana yang aman. Bagi yang takut panas, bisa kok berteduh bawah pepohonan.

 

Tebing karst tinggi membentengi pantai

 

Laut di depannya berombak tenang

 

Ada pepohonan untuk berteduh

 

Di seberang Yeben Kecil tampaklah Pulau Yeben atau Yeben Besar. Di salah satu pesisirnya terdapat satu dive resort, yang kalau dilihat dari tarif dive package-nya, cukup tinggi, dipatok dalam mata uang asing pula. Di sekitar Yeben memang terdapat beberapa dive sites. MyTrip pernah turun di salah satu site-nya tahun 2010.

 

Di seberang itu Pulau Yeben Besar

 

Nah, kalau Mios Mandun, ini hanya pulau super mungil yang tampak seperti seonggok batuan karst yang ditumbuhi tanaman dengan pasir putih di sekelilingnya. Cantik banget pulau ini buat dijadikan backgorund foto, apalagi kalau cuaca sedang cerah.

 

Cantiknya Mios Mandun

 

Mios Mandun dijadikan background foto

 

Yuk mampir ke Yeben kalau Trippers ke Raja Ampat… Ke Raja Ampat-nya bareng MyTrip aja… Hubungi Maya di 0811821006.

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Mayawati NH, Susilawati NH
Comment