PRIVATE DINING ROOM: PADU PADAN ALA HATTEN WINES SANUR BALI 2022-06-20 15:05

Main course, sirloin steak

 

Private Dining Room adalah ruangan eksklusif di The Cellardoor - Hatten Wines, Sanur Bali, yang bisa digunakan untuk acara pribadi maupun korporasi. Kali ini kami diundang dalam rangka santap malam dengan tema pairing antara wine dan hidangannya. Untuk acara ini, Chef Agus, inhouse chef dari Private Dining Room sudah menyiapkan menu khusus dengan paduan wine yang cocok.

 

Ruangan Private Dining Room sudah menyapa dengan ramah begitu kami masuk. Kap lampu dari tempayan kaca serta kayu-kayu anggur di meja, menyajikan aura hangat yang langsung terasa. Di meja sudah tersaji menu lengkap malam itu: sebagai appetizer ada sous vide beeroot and orange salad yang dipadankan dengan Two Islands Riesling. Kemudian sebagai hidangan utama adalah sirloin steak, grilled king mushroom, dan truffle oil mashed potato, yang dipadankan dengan Two Islands Cabernet Merlot. Lalu hidangan penutupnya adalah chocolate cremeux, blueberry sauce, roasted cashew, yang dipadankan dengan Hatten Pino de Bali.

 

Welcome drink di Private Dining Room

 

Canape

 

Hidangan pembuka memiliki penampilan dan rasa yang menarik. Bit yang sudah melalui proses sous vide rasa getirnya sama sekali hilang, namun tekstur kerenyahannya masih terjaga. Warnanya juga merah menarik, kontras dengan jeruknya yang berwarna kuning menyala. Lalu bubuhan asparagus dan rucola memberi warna hijau. Ada juga bubuhan kacang mete dan keju pecorino yang asin tajam, lalu diberi sedikit balsamic vinegar. Rasanya menjadi meriah dan unik! Padanan asam-manis dan aroma kacang menjadi cantik di lidah. Mungkin keriuhan rasa ini yang kemudian cocok dipadankan dengan Two Islands Riesling yang juga memiliki aroma kuat buah-buahan seperti nanas dan pir. Cocok dengan aroma kacang dari salad.

 

Appetizer, sous vide beeroot and orange salad

 

Hidangan utamanya bak petinju Mike Tyson! Daging steak yang tebal dengan kematangan medium dengan red wine mushroom sauce, punya rasa yang sangat macho. Cocok dengan padanan Two Islands Cabernet Merlot, yang juga memiliki rasa dan aroma kuat khas Merlot. Di sini, mashed potato dan jamur menjadi pendamping yang menyenangkan, karena menawarkan dimensi rasa kalem yang berbeda.

 

Paduan steak dan warna anggur Merlot

 

Hidangan penutupnya juga menarik: chocolate cremeux dan blueberry sauce, langsung cocok dengan Hatten Pino de Bali yang manis, beraroma buah anggur dan sedikit citarasa herbal. Keduanya saling menguatkan, sehingga antara makan dan minum semakin menambah selera, menunjukkan padanan yang baik. Malam itu diakhiri dengan gembira, karena padanan yang sesuai membuat para tamu tidak hanya merasa kenyang, namun bisa belajar banyak melalui padanan yang disajikan.

 

Dessert, chocolate cremeux dan blueberry sauce

 

Private Dining Room

The Cellardoor - Hatten Wines

Jl. Bypass Ngurah Rai No. 393

Sanur Bali

Reservasi: 0896 8660 2323

 

Tentang penulis: Harry Nazarudin atau biasa disapa Harnaz adalah salah satu pendiri Komunitas Jalansutra, penulis kuliner yang telah menulis buku Kimia Kuliner, dan bersama Bondan Winarno (kini telah almarhum) dan Lidia Tanod menulis buku 100 Mak Nyus. Harnaz juga memiliki channel Youtube “Kimiasutra” –Menjelaskan Kimia dalam Bahasa Manusia. Buku terbarunya yang diluncurkan tanggal 25 Maret 2021 adalah Nasgor, Makanan Sejuta Mamat.

 

 

Teks & Foto: Harnaz Tagore (Harry Nazarudin)
Comment