PANDUAN CERDAS EKSPLOR FILIPINA (Bagian 2-Tamat) 2019-08-31 00:00

Aneka suvenir dari Filipina

 

“It’s More Fun in The Philippines”... Itulah slogan pariwisata Filipina. Negeri tetangga kita di bagian utara ini menawarkan banyak hal, dari yang juga ada di negeri kita tapi dalam nuansa yang berbeda, sampai yang nggak ada di negeri kita. Garis-garis pantai-berpasir putih, gereja tua eksotis yang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO, bangunan peninggalan Spanyol, juga kulinernya yang kaya. Ikuti panduan cerdas eksplor Filipina dan ibu kotanya Manila. Baca juga tulisan sebelumnya.

 

PENGINAPAN

Penginapan tipe dorm mulai PHP 400 (dengan fan dan kamar mandi sharing tanpa hot shower). Atau seharga PHP 700-1.000 dengan fan dan private bathroom. Di atas harga itu barulah dapat kamar AC dan private bathroom. Resor mulai sekitar PHP 3.500.

 

Jpark Island, Resort & Waterpark Cebu

 

Tarif high-season berlaku November sampai April atau Mei. Tarif low season turun hingga 20% - 50%. Saat libur Tahun Baru atau Paskah tarif hotel meroket hingga bisa 4x lipat.

 

Baca juga: "Destinasi Wisata Eksotis di Filipina: Vigan"

 

BELANJA

Manila dipenuhi shopping mall di tiap sudut, juga pasar-pasar yang buka hingga tengah malam atau dini hari, juga penjaja pinggir jalan. Kalau mau belanja high-end ke Ayala Center, Fort Bonifacio High Street, Resorts World Manila, SM Mall of Asia. Kalau mau yang murah-murah ke Tiendesitas, Pasig, Greenhills, San Juan, atau ke Lucky Chinatown di Binondo (ada malnya, ada pasar grosirnya). Untuk beli barang grosir atau pernak-pernik bisa ke 168 Mall di Divisoria atau Quiapo di Quezon Boulevard.

               

KULINER

Jenis makanan yang harus dicoba:

- Halo Halo. Semacam es campur khas Filipina.

- Lekchon. Lekchon artinya panggang. Bisa lekchon baboy (babi panggang), bisa juga lekchon manok (ayam panggang). Lekchon baboy di Cebu harus dicoba buat yang boleh makan nonhalal.

- Adobo. Biasanya babi atau ayam seperti dimasak kecap.

Chicken Adobo

 

- Sisig. Hidangan dari telinga dan pipi babi yang disajikan di atas piring panas-panas.

- Kare-Kare. Rebusan yang terbuat dari bumbu kacang, sayur, daging kerbau, sapi, dan kadang-kadang babat.

- Pansit, terutama pansit Molo (Molo adalah distrik di Iloilo City). Pansit ini mie goreng (stir-fried noodle), bukan pangsit dalam pengertian kita ya.

- Empanada. Semacam panada atau pastel berisi daging, keju, dan sayuran. 

- Ensaimada. Semacam bolu dengan taburan keju parut di atasnya.

- Puso. Ketupat dalam bahasa Cebuano.

 

Bujet makan:

- Warung pinggir jalan, sekali makan PHP 30-100 .

- Menu fast food seperti Jollibee atau restoran sederhana mulai PHP 100; dengan minum total tidak sampai PHP 200.

 

SUVENIR

Banyak benda yang bisa dijadikan oleh-oleh dari Filipina. Kalau makanan, tentu harus beli dried mango, juga hopia isi ube. Sedangkan yang berupa kerajinan, produk dari batok kelapa banyak di kawasan Visayas seperti mangkuk, alas piring, vas dll. Untuk T-shirt, ada banyak pilihan di toko Islands Souvenirs. T-shirt dewasa yang termurah di bawah PHP 200.

 

Gitar buatan Cebu sangat dihargai di seluruh Filipina karena kualitas, daya tahan, dan harganya yang terjangkau. Boleh juga dijadikan oleh-oleh.

 

Nah yang sering dicari walaupum harganya lumayan mahal adalah baju Barong Tagalog. Kemeja tradisional untuk pria yang bahannya terbuat dari serat nenas dengan aksen bordir. Kalau cari harga yang lebih murah, pilih yang bahannya dari katun. Barong bisa dibeli di toko kerajinan maupun toko pakaian di department store.

 

Kultura

 

Department store khusus suvenir namanya Kultura, terdapat di beberapa SM Mall di mana saja di seluruh Filipina.

Teks & Foto: Mayawati NH
Comment