PANDUAN CERDAS EKSPLOR FILIPINA (Bagian 1) 2019-08-30 00:00

The Rizal Monument di Manila

 

“It’s More Fun in The Philippines”... Itulah slogan pariwisata Filipina. Negeri tetangga kita di bagian utara ini menawarkan banyak hal, dari yang juga ada di negeri kita tapi dalam nuansa yang berbeda, sampai yang nggak ada di negeri kita. Garis-garis pantai-berpasir putih, gereja tua eksotis yang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO, bangunan peninggalan Spanyol, juga kulinernya yang kaya. Ikuti panduan cerdas eksplor Filipina dan ibu kotanya Manila dalam dua tulisan berikut.

 

SEKELUMIT TENTANG FILIPINA

Filipina juga sama dengan Indonesia, terdiri dari banyak pulau. Ada sekitar 7.107 pulau, yang dibagi menjadi tiga kelompok utama yakni Luzon, Visayas, dan Mindanao. Sedangkan nama pulau-pulau besarnya antara lain Luzon (tempat ibu kota Manila berada), Mindoro, Panay, Negros, Cebu, Samar, Palawan, Mindanao.

 

Sebelum diduduki Spanyol (1521-1898), Filipina terdiri dari kerajaan-kerajaan kecil. Tahun 1821-1898 Filipina menjadi salah satu provinsi Spanyol. Tahun 1898 karena Spanyol kalah perang dari Amerika, Filipina pun beralih ke tangan Amerika. Akhirnya menjadi negara persemakmuran di bawah Amerika sejak 1935. Saat Perang Dunia II Filipina sempat juga diduduki Jepang. Usai Perang Dunia II barulah Filipina merdeka pada 4 Juli 1946.

 

Dilihat dari lamanya pendudukan, wajar kalau budaya Spanyol dengan gereja Katoliknyalah yang paling kuat mempengaruhi kehidupan masyarakat Filipina. Filipina menjadi salah satu dari hanya dua negara di Asia Tenggara yang warganya mayoritas Katolik, selain Timor Leste. Tak heran Filipina disebut “A Land Apart” –tak hanya secara geografis terpisah dari daratan utama Asia Tenggara, tapi secara budaya Filipina berbeda sendiri.

 

Baca juga: "Kalau Orang Jakarta Berekreasi ke Puncak, Orang Manila ke Tagaytay"

 

ZONA WAKTU: GMT+8 (sama dengan WITA).

 

BAHASA

Bahasa Tagalog dan Inggris. Tagalog bahasa nasional, sedangkan Inggris dipakai luas di seantero Filipina.

 

MATA UANG

Peso Filipina (PHP). PHP 1= +/-Rp275

USD 1= PHP 51-53

 

VISA

Untuk kunjungan wisata maksimal 30 hari kita tak butuh visa masuk ke Filipina.

 

STOP KONTAK

Di mayoritas tempat sama dengan Indonesia, dua lubang bundar. Atau 3 lubang tapi dua lubangnya cocok.

 

INTERNET

Kebanyakan hotel berbintang dan beberapa restoran menyediakan Wi-Fi gratis. Di Ninoy Aquino International Airport (NAIA) ada Wi-Fi yaitu @NAIA_FreeGoWiFi. Tinggal klik “Get Connected” dan kita pun dapat Wi-Fi gratis 2 jam.
 

WAKTU KUNJUNGAN TERBAIK

Januari-Mei waktu terbaik untuk kunjungan secara keseluruhan ke Filipina. Tapi beberapa area di Visayas terutama Cebu baik dikunjungi kapan pun.

 

CARA KE MANILA

- Dari Jakarta terbang ke Manila yang langsung dengan Philippine Airlines atau Cebu Pacific. Durasi 4 jam. Harga tiket PP mulai Rp5 jutaan. Maskapai lain yang juga melayani Jakarta-Manila dengan transit di antaranya Garuda Indonesia, Scoot, AirAsia, Malaysia Airline.

- Philippine Airlines dan Cebu Pacific juga memiliki rute Jakarta ke Cebu dengan transit di Manila. Durasi 5,5 jam. Harga tiket PP mulai Rp6 jutaan.

 

Bandara di Manila: Ninoy Aquino International Airport (NAIA) sebagai gerbang masuk utama, terdiri dari 4 terminal. Berada di bagian selatan Metro Manila, tepatnya di Pasay City.

 

TRANSPORTASI DARI BANDARA KE KOTA

Dari NAIA

- Ada Coupon Taxi (harga ditentukan di muka) dan Yellow Taxi (tarif sesuai argo).

- Airport Bus bisa ditemukan di Terminal 3, dengan rute ke tempat-tempat turistik, berangkat setiap 20 menit. Tiket sekali jalan PHP 100.

- The Ultimate Bus Experience (UBE Express). Menjangkau beberapa hotel utama di Manila (ada 4 rute). Ada di Terminal 1, 2, 3. Sebaliknya dari Manila bus berangkat dari 3 lokasi: Robinsons Manila, Victory Liner Pasay, SM Mall of Asia. Tarif sekali jalan PHP 300.

 

TRANSPORTASI ANTARKOTA

- Naik pesawat domestik. Cek maksimal berat bagasi yang biasanya hanya 10 kg.

- Naik bus malam antarkota atau kapal ferry sekalian menghemat akomodasi.

- Jalan darat antarkota bahkan antarpulau mudah dengan adanya jalan tol nasional. Dan adanya sistem transportasi umum yang cukup ekstensif, termasuk adanya jeepney di tiap kota.

- Pulau-pulaunya terhubung dengan kapal ferry dengan harga yang terjangkau.

- Ada yang namanya bangkas, jeepney versi laut, atau pumpboat. Kapal kayu kecil dengan cadik kayu atau bambu di kiri kanannya sebagai penyeimbang. Kapal ini hanya untuk perjalanan laut jarak pendek. Ada rute umum, ada juga yang bisa dicarter.

Pumpboat

 

- Ongkos transportasi umum antarkota dan dalam kota di Filipina terbilang murah.

 

TRANSPORTASI DALAM KOTA

Transportasi umum mudah dan hampir menjangkau semua sudut. Modanya antara lain:

- Jeepney (King of the Philippine Roads), menjangkau rute yang tak dijangkau bus atau kereta. Tarifnya PHP 7-8 untuk 1 rute berjarak sekitar 4-5 km. Ada juga jeepney AC di Makati Manila dengan tarif PHP 20 per rute.

Jeepney, King of the Philippine Roads

 

- Tricycle (becak Filipina bermotor). Bisa disewa juga dengan harga yang disepakati.

- Pedicab, tricycle yang dikayuh.

- Di Metro Manila ada Light Railway Transit (LRT) dan juga Metro Railway Transit (MRT). Ongkos MRT sebesar PHP 15-30.

- Bus kota yang bisa diberhentikan di mana pun. Ongkosnya PHP 20-50.

- Minivan AC umum, menjangkau rute yang tidak dijangkau bus kota.

- Sewa mobil 8 jam termasuk supir tapi di luar BBM tarifnya PHP 3.000-3.500.

- Untuk keliling di pulau kecil cocok sewa sepeda motor. Sewanya PHP 400-500 per hari. Tapi biasa lebih mahal di pulau-pulau wisata. SIM Indonesia berlaku.

- Taksi tarif pertamanya PHP 40. Ada di Manila dan kota-kota besar. Taksi juga bisa disewa.

- Kereta

- Kalesa atau delman/dokar/kereta kuda yang ada di Chinatown Manila dan Intramuros, Cebu City dan di Vigan (Luzon Utara).

 

OBJEK-OBJEK WISATANYA

MANILA: The Rizal Monument, Intramuros, Binondo Chinatown, Green Belt.

Katedral di Intramuros, Manila

 

ILOILO: Miag-Ao Fortress Church, Iloilo City Hall, Calle Real, Museo Iloilo di Bonifacio Drive.

GUIMARAS: Pantai Natago, Pulau Lamurawan, Baras Bay, Turtle Island, Ave Maria Islet.

CEBU: Fort San Pedro, Magellan’s Cross, Sugbo Mercado Market, The Heritage of Cebu Monument, Yap-Sandiego Ancestral House, Ralfe Gourmet Casa De Cacao, Gilutungan & Nalusuan Island, Mango Factory Tour, Moalboal.

CORON: Mount Tapyas, Kayangan Lake, Twin Lagoon, Atwayan Beach, Coron Youth Club Beach, Banana Island, Malcapuya Island, Bulog Dos Island.

BORACAY: White Beach, Diniwid Beach, Puka Shell Beach, Bulabog Beach.

BOHOL: Chocolate Hills, Loboc River Cruise, Tarsier Sanctuary

LUZON: Mount Pinatubo.

DAVAO: Eden Nature Park & Resort.

VIGAN: Vigan Cathedral, Plaza Salcedo, Calle Crisologo, Plaza Burgos, St. Augustine Church, Baluarte, Hidden Garden.

PUERTO PRINCESA: Underground River, Honda Bay

 

(Bersambung)

Teks: Mayawati NH Foto: Mayawati NH, Shutterstock
Comment