ALTERNATIF WISATA YANG TAK JAUH DARI TOKYO: OYA STONE MUSEUM 2021-08-21 09:40

Patung Oya Heiwa Kannon

 

Jepang menawarkan berbagai macam tempat wisata yang tak henti-henti membuat kita berdecak kagum. Salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi adalah Oya Stone Museum, yang tertelak di Utsunomiya, Tochigi. Lokasi ini dapat ditempuh menggunakan kereta cepat (Shinkansen) selama 30 menit dari Tokyo dengan biaya 4.800 yen ataupun kereta lokal JR Shonan Shinjuku Line dengan waktu tempuh 2 jam dari Stasiun Shinjuku dengan biaya yang lebih murah, 1.980 yen. Dari stasiun Utsunomiya kita dapat menggunakan bus No. 45 hingga bus stop Shiryokaniriguchi dengan biaya 410 yen dan waktu tempuh kurang lebih 30 menit. Dari Shiryokaniriguchi cukup berjalan kaki selama 5 menit untuk mencapai pintu masuk museum.

 

Sejarah Oya Museum

 

Sebelum menjadi area wisata, Oya Museum merupakan area pertambangan terbaik dan dikenal dengan Oya Stone. Sekitar 800 ribu ton batu dihasilkan dari area pertambangan Oya Stone setiap tahun. Hingga memasuki masa kejayaan sekitar tahun 741. Area pertambangan ini beroperasi hingga tahun 1986. Saat ini, area pertambangan telah beralih fungsi menjadi musem dan venue berbagai macam kegiatan seperti konser, pertunjukan dan resepsi pernikahan di bawah permukaan tanah. Selain itu, area bawah tanah Museum Oya pernah digunakan sebagai tempat pengambilan film dan music video.

 

Dokumentasi beberapa pernikahan yang pernah digelar di Oya Museum

 

Pengunjung Oya Museum dikenakan biaya sebesar 800 yen untuk menikmati area bekas pertambangan dengan keindahan arsitektur dan pahatan batu yang mengelilinginya. Ruang kecil di dekat pintu masuk area museum menjelaskan sejarah dan geologi area pertambangan tersebut. Selain itu ruang ini juga memamerkan berbagai alat pertambangan yang digunakan untuk menggali batu selama berabad-abad.

 

Galeri sejarah dan geologi Oya Museum

 

Dari ruang pameran, pengunjung dapat turun ke aula bawah tanah museum yang luas yang mencakup lebih dari 20.000 m2. Sebagian besar penggalian terbuka untuk dijelajahi. Bukti penambangan dapat dilihat di seluruh area, dengan irisan besar diambil dari lereng bukit dan rongga raksasa diukir di pegunungan. Bagi pengunjung yang tidak terlalu nyaman dengan suhu dingin, perlu membawa jaket karena gua buatan ini berfungsi sebagai penyejuk udara alami dengan suhu rata-rata sepanjang tahun sekitar sepuluh derajat Celcius, termasuk saat musim panas. Karena memiliki penyejuk udara alami, ruang bawah tanah ini sempat digunakan sebagai lemari es alami.

 

Kondisi di dalam Oya Museum

 

Museum ini juga dilengkapi dengan toko suvernir yang terletak di samping museum, Rock Side Market, yang memiliki kafe dengan gelato yang lezat dan berbagai macam suvenir. Selain Oya Museum, pengunjung dapat menikmati tempat wisata lain di sekitar museum seperti Patung Oya Heiwa Kannon dan Kuil Kokubunji. Kedua bangunan tersebut dibuat dengan menggunakan batu dari Oya Stone. Patung Oya Heiwa Kannon telah berusia lebih dari 1.200 tahun. Candi ini dibangun menjadi bagian yang menjulang dari batu Oya yang terbuka. Patung ini didedikasikan untuk Kannon, dewi welas asih atau Bodhisattva.

 

Penulis berpose di depan Patung Oya Heiwa Kannon

 

Bangunan yang berasal dari batu Oya 

 

Pengunjung pun dapat menikmati Oya Keikan Park yang terletak di taman tepi sungai Museum Oya. Di area taman ini terdapat tebing batu yang memiliki permukaan kasar. Pengunjung dapat bersantai di halaman rumput hijau yang luas sambil menikmati pemandangan tebing batu Oya.

 

Oya Keikan Park

 

Baca juga: "Alternatif Liburan Melipir dari Tokyo: Shibamata"

 

Alamat: 909 Oya-machi, Utsunomiya, Tochigi

Jam buka: 09.00–16.30

Tiket masuk: 800 yen

Website: http://www.oya909.co.jp

Akses:

1. Yamagata atau Tohoku Hokkaido Shinkansen dari Tokyo Station menuju Utsunomiya Station. Dari Stasiun Utsunomiya menggunakan Bus No. 45 menuju Shiryokaniriguchi selama 30 menit, dan dilajutkan jalan kaki menuju pintu masuk stasiun (biaya +/-5.210 yen).

2. JR Shonan Shinjuku Line dari Shinjuku Station menuju JR Utsunomiya Station. Dari Stasiun Utsunomiya menggunakan Bus No. 45 menuju Shiryokaniriguchi selama 30 menit, dan dilajutkan jalan kaki menuju pintu masuk stasiun (Biaya +/- 2.390 yen).

 

 

Teks & Foto: Yuniasih Purwanti
Comment