DARI OKAYAMA LANJUTLAH KE NAOSHIMA ISLAND DENGAN IKON LABU POLKADOTNYA 2021-02-27 00:00

Labu kuning polkadot, ikon Naoshima Island

 

Selain terkenal dengan Okayama Castle dan Korakuen Gardennya, Okayama juga menjadi titik awal bagi pengunjung yang hendak melihat pameran seni modern di pulau-pulau yang berada di sekitar Kota Okayama, seperti Pulau Naoshima dan Inujima. Kedua pulau ini sebenarnya termasuk Prefektur Kagawa, tetapi akses lebih mudah dari Kota Okayama. Trippers bisa mengunjunginya dengan menumpang ferry selama sekitar satu jam saja.

 

Cara ke Okayama, baca di sini.

 

NAOSHIMA ISLAND

Untuk menuju pulau ini bisa naik kereta dari Okayama Station ke Uno Station. Kereta hanya berangkat 1 jam sekali. Perjalanan 1 jam. Dari Uno Station tinggal jalan kaki ke Uno Port yang persis berada di depannya untuk lanjut naik ferry sekitar 20 menit ke Miyanoura Port, atau 30 menit ke Honmura Port yang terletak di Naoshima Island. Kebanyakan orang memilih Miyanoura Port karena lebih banyak jadwal kapalnya.

 

Naoshima adalah salah satu pulau di Prefektur Kagawa yang dalam beberapa tahun terakhir menjadi tempat berbagai instalasi seni kontemporer. Pulau-pulau lainnya adalah Inujima dan Teshima.

 

Setiap beberapa tahun sekali diadakan Setouchi Trienalle, festival seni kontemporer yang berpusat di tiga pulau tersebut. Karya seni yang dipajang sering kali menggunakan satu bangunan khusus, sehingga menjadi karya permanen. Berjalan keliling pulau-pulau tersebut serasa menelusuri sebuah museum terbuka raksasa.

 

Di Pulau Naoshima Trippers bisa melihat karya-karya seniman kontemporer seperti Yayoi Kusama. Instalasi seni berupa labu berwarna merah dengan corak polkadot khas Yayoi Kusama langsung terlihat begitu kita turun di Miyanoura Port. Selain itu, di daerah timur pulau tersebut ada juga labu kuning bercorak polkadot yang merupakan spot foto penting di Naoshima Island!

 

Labu polkadot khas Yayoi Kusama

 

Keliling Pulau Naoshima bisa juga dengan naik sepeda. Pilihan lain bisa naik bus ke daerah Honmura Port untuk melihat Art House Project yang tersebar di daerah residensial sekitar pelabuhan. Disebut Art House Project karena seniman-seniman dari seluruh dunia mengambil rumah kosong yang ada di daerah itu, dan mengubahnya menjadi karya seni.

 

Art House Project

 

Untuk mengunjungi 6 Art House Project langsung, Trippers bisa membeli tiket di Honmura Information Center. Ke-6 pameran tersebut bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari tempat informasi. Harga tiket gabungan 1.030 yen, sedangkan harga tiket per pameran 410 yen.

 

Di daerah yang sama juga terdapat sebuah museum arsitektur, Ando Museum. Ando adalah arsitek terkenal yang membangun karya arsitektur berseni. Karyanya juga banyak tersebar di Pulau Naoshima. Di dalamnya pengunjung bisa melihat sketch awal dan miniatur beberapa karya Ando. Harga untuk museum ini terpisah dari tiket gabungan Art House Project, 510 yen.

 

Daerah ini juga dipenuhi berbagai kafe lokal yang didekor sedemikian rupa sehingga sangat apik. Saya makan siang di kafe lokal rumahan dengan harga 1.000 yen.

 

Ada sisi lain pulau yang disebut Benesse Art Houses. Dari bus stop Nokyo-mae, pergilah ke Tsushijisho Station. Bangunan-bangunan di sisi pulau ini karya arsitektur Ando. Di sini juga ada beberapa karya seniman terkenal dunia seperti Claude Monet, yang dipajang di Chichu Museum. Chichu Museum paling besar di Naoshima dengan koleksi berbagai artis dunia. Harga tiket masuknya 2.030 yen.

 

Karena keterbatasan waktu saya hanya mengunjungi Museum Lee Ufan, seorang seniman kontemporer dari Korea yang sudah lama berkarya di Jepang. Harga tiket masuknya 1.030 yen.

 

Ketika kembali ke Tsushijisho Station jangan lupa berfoto dengan labu kuning polkadot karya Yayoi Kusama yang terletak persis di pinggir pantai.

 

Jangan lupa berfoto di labu kuning

 

Kembali ke Miyanoura Port, saya memutuskan untuk mengunjungj satu tempat unik lagi: I Love Yu Bathhouse. Tempat permandian umum ini dikunjungi oleh penduduk lokal maupun turis. Dekorasi interiornya unik, membuat saya merasa seperti berada di dalam film atau scrapbook koleksi seseorang. Harga untuk mandi 630 yen (dewasa), dan 310 yen (anak-anak).

 

I Love Yu Bathhouse

 

Jam buka:

Art House Project: 10.00–16.30 (tutup Senin dan hari berikutnya setelah libur nasional)

Lee Ufan Museum: 10.00–16.30 (tutup Senin dan hari berikutnya setelah libur nasional)

I Love Yu Bathhouse: 13.00–21.00 (last entry 20.30) (tutup Senin dan hari berikutnya setelah libur nasional).

 

Baca juga: “Mari Mengenal Okayama dari Kastil dan Tamannya Yang Terindah

 

Tips untuk ke Naoshima Island:

- Cek jadwal kereta menuju Uno Station. Kereta hanya ada sekitar 1 jam sekali.

- Cek jadwal bus di Naoshima Island.

- Dapatkan brosur berisi jadwal bus ke tempat-tempat wisata di sekitar pulau jika singgah di  Tourist Information Center (dekat bus stop Nokyo-mae, tempat Art House Project berada).

- Bus di Naoshima Castle dipisahkan antara bus untuk lokal dan turis. Perhatikan tanda petunjuk.

- Beli tiket gabungan agar lebih hemat.

- I Love Yu Bathhouse terletak sekitar 5 menit jalan kaki dari Miyanoura Port. Perhatikan papan petunjuk dalam huruf Jepang.

 

Kurs yen: +/-Rp130

 

Catatan: Semua harga yang dicantumkan bisa berubah sewaktu-waktu.

 

 

Teks: Fidelia Alamsjah Foto: Fidelia Alamsjah, Shutterstock
Comment