MARI MENGENAL OKAYAMA DARI KASTIL DAN TAMANNYA YANG TERINDAH 2021-02-26 12:00

Okayama Castle

 

Okayama adalah ibu kota dari Prefektur Okayama (prefektur dapat diartikan sebagai provinsi; Jepang memiliki kurang lebih 47 prefektur). Prefektur Okayama terletak di bagian barat Pulau Honshu di wilayah Chugoku. Kota ini terkenal dengan Okayama Castle dan Taman Korakuen yang termasuk salah satu taman terindah di Jepang.

 

Cara ke Okayama, baca di sini.

 

OKAYAMA CASTLE

Okayama Castle memang tidak setinggi dan semegah Osaka Castle, tapi tetap memiliki keunikannya sendiri. Karena eksteriornya hitam, istana ini dijuluki “Istana Gagak”. Bangunan aslinya hancur oleh bom saat Perang Dunia II, tapi dibangun kembali menggunakan pondasi aslinya.

 

Okayama Castle

 

Pengunjung bisa memakai kimono gratis di lantai 2 istana, tapi berlaku hanya bagi 5 pengunjung pertama di setiap jamnya (dimulai pukul 10.00, dan terakhir pukul 15.00). Siapa cepat, dia dapat.

 

Okayama juga terkenal dengan karya tembikarnya yang memiliki pola unik yang tercipta saat proses pembakarannya. Bagi yang ingin mengikuti workshop-nya bisa membayar 1.230 yen (tidak termasuk ongkir ke rumah masing-masing). Workshop untuk tembikar ala Bizen ini bisa ditemukan di basement 1 Okayama Castle. Hanya saja, barangnya akan dikirim 2 bulan setelahnya.

 

Ke sini: Dari Okayama Station naik tram (streetcar) jurusan Higashiyama, turun di  Shimoshita Station.

Jam buka: 09.00–17.30 (terakhir masuk pukul17.00)

Tiket masuk: 320 yen (Okayama Castle saja), 580 yen (tiket gabungan Okayama Castle dan Korakuen Garden).

 

Baca juga: "Panduan Menikmatii Gunung Fuji dengan Cara Santai"

 

KORAKUEN GARDEN

Terletak tepat di belakang Okayama Castle, taman seluas 16.000 m2 ini dikenal sebagai salah satu dari tiga taman terindah di Jepang. Dibangun tahun 1687, tempat ini mengalami banyak peristiwa banjir dan bom di masa Perang Dunia II hingga mencapai bentuknya yang sekarang.

 

Korakuen Garden

 

Dulunya tempat tinggal dan berlatihnya para samurai pelindung Okayama Castle. Selain itu, juga menjadi tempat hiburan bagi keluarga Shogun (jenderal perang zaman dulu yang biasanya menjadi penguasa daerah) yang tinggal di Okayama Castle.

 

Waktu saya baru saja masuk ke gerbang, seorang kakek menyapa dan memperkenalkan diri sebagai volunteer guide. Walau bahasa Inggrisnya terbatas, ia tetap semangat memandu saya berkeliling. Tak terasa sampai 2 jam.

 

Penulis bersama volunteer guide

 

Jam buka: 07.30–18.00 (20 Maret–Oktober)

                   08.00–17.00 (Oktober–19 Maret)

Tiket masuk: 400 yen (Korakuen Garden saja), 580 yen (tiket gabungan Okayama Castle dan Korakuen Garden).

 

Baca juga: "8 Hal yang Harus Dilakukan di Kyoto"

 

Tips:

- Hemat uang dengan berjalan kaki dari Okayama Station ke Okayama Castle. Hanya 25 menit, dan Trippers juga bisa menikmati pemandangan lewat jalur utama Kota Okayama.

- Kalau mau lebih hemat sebaiknya beli tiket langsung untuk dua tempat (Okayama Castle dan Korakuen Garden).

- Naik tram juga seru lho! Naik dari Okayama Eki Mae Station (arah Higashiyama) dan turun di Shiroshita Station. Harganya sekitar 200 yen untuk 3 stop.

- Bagi yang ingin mencoba kimono, pastikan sudah mengantre 10 menit sebelum giliran baru dimulai. Misalkan Anda ingin mencoba yang pukul 11.00, antrelah setidaknya pukul 10.50.

 

Kurs yen: +/-Rp130 s

 

Objek menarik lainnya di sekitar Okayama, baca di sini.

 

Catatan: Semua harga yang dicantumkan bisa berubah sewaktu-waktu.

 

 

Teks: Fidelia Alamsjah Foto: Fidelia Alamsjah, Shutterstock
Comment