ITINERARY & ESTIMASI BIAYA EKSPLOR AMBON & SAPARUA 4 HARI 2020-10-26 00:00

Benteng Duurstede yang berada di tepi pantai Teluk Saparua

 

Andai kondisi sudah sepenuhnya aman dari virus yang telah memasung kita selama beberapa bulan, Trippers mau ngetrip ke mana? Bali? Yogyakarta? Lombok? Mau ide lain? Sini deh MyTrip kasih ide eksplor tempat yang mungkin belum Trippers datangi: Pulau Saparua di Maluku Tengah. Aksesnya lewat Kota Ambon, ibu kota Provinsi Maluku. Dengan durasi 4 hari, Trippers bisa sekalian eksplor Ambon. Ini dia rekomendasi itinerary dan estimasi biayanya.

 

Baca juga: “Masukkan Saparua di Maluku Tengah Dalam Bucket List 2020 Yuk!

 

HARI 1. JAKARTA-AMBON

- Tiba di Ambon pagi jam 7-an.

- Keliling Kota Ambon dulu, di antaranya memotret Jembatan Merah Putih, Gong Perdamaian, Monumen Christina Martha Tiahahu, makan siang kuliner Ambon.

 

Jembatan Merah Putih

 

- Beach hopping di Semenanjung Leitimur Pulau Ambon: Pantai Namalatu, Pantai Pintu Kota, Pantai Santai, Tanjung Nusaniwe (menunggu sunset).

 

Pantai Pintu Kota

 

Menunggu sunset di Tanjung Nusaniwe

 

- Check in hotel di Kota Ambon, di wilayah Sirimau yang tersedia banyak pilihan hotel dan di sekitarnya banyak tempat makan.

 

HARI 2. AMBON-SAPARUA

-  Pagi check out hotel, langsung naik mobil ke pelabuhan speedboat di Tulehu (30 menit) untuk menyeberang dengan speedboat sewaan ke Pelabuhan Haria di Pulau Saparua. Perjalanan laut ditempuh 1 jam.

 

Speedboat mendekati Pelabuhan Haria di Pulau Saparua

 

- Tiba di Pelabuhan Haria, langsung naik mobil sewaan keliling ke beberapa objek wisata di Saparua, yakni: Rumah Adat Baileu Haria, Rumah Pattimura, Benteng Duurstede di tepi pantai Teluk Saparua, Desa/Negeri Ouw (kerajinan gerabah), Tanjung Ouw, RM JK (makan siang, dan jangan lupa pesan juice gandaria), Pantai Kulur, Gua Tujuh Putri.

 

Benteng Duurstede tampak depan

 

- Sore hari setelah puas keliling barulah check in penginapan. MyTrip menginap di Mahu Lodge di Saparua Timur.

 

After sunset di dekat Mahu Lodge

 

Info:

- Ke Saparua naik kapal cepat umum juga bisa, berangkat dari Pelabuhan Tulehu Pulau Ambon setiap Senin-Sabtu pukul 09.00 dengan harga tiket Rp75.000. Tiba di Pelabuhan Haria Saparua pukul.10.00. Sebaliknya dari Haria ke Tulehu kapal berangkat setiap hari pukul 07.00. Hari Minggu kapal cepat ini tidak beroperasi. (Selama masa pandemi kapal tidak beroperasi)

 

Peta rute dari Ambon ke Saparua

 

- Pelabuhan masuk ke Saparua nggak cuma Haria, tapi ada juga Pelabuhan Kulur dan Pelabuhan Tuhaha. Dari Tuhaha kapal hanya beroperasi Sabtu dan Senin.

 

Baca juga: “Alternatif Liburan Melipir dari Kota Ambon: Larike

 

HARI 3. ISLAND HOPPING DI SAPARUA

Dari penginapan langsung naik speedboat ke Pulau Molana yang berada di barat daya Pulau Saparua. Ada 2-3 spot di sekitar Pulau Molana yang bisa disinggahi untuk snorkeling maupun sekadar berenang-renang cantik. Lalu sekalian kembali, mampir di Pasir Timbul Tanusan Pia.

Pulau Molana

 

Pasir Timbul Tanusan Pia

 

HARI 4. SAPARUA-AMBON-JAKARTA

- Kembali ke Ambon naik Kapal Express Priscilia 99 dari Pelabuhan Tuhaha (jika bertepatan hari Sabtu atau Senin).

- Tiba di Pelabuhan Tulehu Ambon, masih ada waktu mampir di Pantai Natsepa (jangan lupa mencicipi rujaknya yang fenomenal). Baru kemudian ke Bandara Pattimura untuk mengejar penerbangan jam 2 siang.

 

Rujak Pantai Natsepa yang terkenal itu

 

ESTIMASI BIAYA: Rp6.300.000 per orang (berdasarkan sharing cost 4 orang, termasuk tiket pesawat Jakarta-Ambon PP direct dianggarkan Rp4.000.000).

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Mayawati NH, Ninuk Werdiningsih, Nus Latuperisa Peta: eddieliku.blogspot.com
Comment