MAU KEGIATAN FUN SAAT LIBURAN? HIKING KE SUNRISE POINT HINGGA MENGENAL ORGANIC FARM DI KAKI GUNUNG SALAK 2022-05-23 00:00

Sunrise ke arah Gunung Gede-Pangrango

 

Menginap di vila yang homey di tengah udara segar pegunungan dan ada yang masakin makanan yang enak, plus dekat dengan rute hiking ringan. Itulah gambaran liburan ideal yang didamba keluarga-keluarga yang tinggal di kota besar. Dewasa ini cukup banyak tempat yang menawarkan ‘privilegde’ itu. Salah satunya: BSP Farm yang berada di Kampung Loji Desa Pasirjaya Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

 

BSP Farm

 

Seperti sudah diceritakan di artikel sebelumnya, BSP Farm adalah sebuah akomodasi jenis farm stay yang berada di tengah tanah pertanian organik seluas 42 ha. Ada cukup banyak pilihan akomodasinya. Ada Plantation House yang bisa memuat hingga 33 orang, juga ada 4 vila yang masing-masing bisa menampung 3 sampai 5 orang.

 

Plantation House

 

Menginap di sini, harganya dihitung per kepala, mulai Rp550.000 hingga Rp850.000 per orang per malam. Karena selain dapat akomodasi, juga disediakan makan 3x dan snack 2x, juga kegiatan yang menyenangkan. Apa saja kegiatannya?

 

HIKING RINGAN KE SUNRISE POINT

Jam 5 pagi kami diharuskan sudah siap untuk memulai hiking ke sunrise point. Udara masih dingin dan tentu saja suasana masih gelap. Dengan bantuan senter kami memulai langkah di jalan setapak yang berada di atas Vila Atas Kopi, salah satu vila di BSP Farm. Jalurnya menanjak dan menanjak, tapi nggak terlalu curam. Kami dibekali tongkat kayu oleh Pak Usaha, kepala kebun di BSP Farm sekaligus pemandu kami pagi itu. Tongkat yang sangat berguna terutama saat kembali turun.

 

Jalurnya seperti ini, tapi banyak jalur menanjaknya

 

Baca juga: “Tempat Favorit Melihat Sunrise dan Sunset di Sumba: Pantai Mananga Aba

 

Untunglah, belum sempat ngos-ngosan, kami sudah tiba di tujuan. Hanya sekitar 20 menit! Terdapat sebuah pondokan terbuka, tempat untuk menanti sang mentari menyeruak dari balik pinggang gunung. Ketinggiannya sekitar 900 mdpl. Sementara lokasi BSP Farm di ketinggian 700-an mdpl. Mungkin elevasi yang kami tempuh tak sampai 150 m.

 

 

 

Cuaca nggak mendung sebenarnya, tapi kami masih kurang beruntung karena bola bulat keemasan itu memunculkan diri di tempat yang sudah agak tinggi, karena terhalang gumpalan awan. Tapi toh tetap amazing!

 

 

 

Saya bersyukur bisa berada di tempat ini, di kaki Gunung Salak. Menyaksikan perlahan sang mentari menyembul di balik Gunung Gede-Pangrango. Syahdu, tenang, di bawah balutan suasana yang terasa magis.

 

 

 

 

 

Di bawah sana lembah membentang, dengan kotak-kotak bangunan rumah terlihat kecil dan menyisakan kerlap-kerlip lampu. Siluet Gunung Gede-Pangrango di kejauhan tampak begitu akbar. Menengadah ke langit yang mulai membiru --tak lagi gelap, wowww…. terlihat gumpalan awan berdesakan memamerkan diri. Sementara garis semburat oranye mengisi sebagian cakrawala. Indah!

 

 

 

 

MENGENAL ORGANIC FARM

 

Kegiatan lainnya di BSP Farm adalah mengenal organic farm. Kita akan diajak melihat proses pertanian organik, dan selanjutnya tentu bisa memetik aneka hasil kebun dan langsung memakannya. Yuk ikuti cerita lengkapnya di artikel berikutnya di sini.

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Hemawati NH, Mayawati NH
Comment
Vallie

Nice Web page, Carry on the wonderful work. Appreciate it.

2022-07-19