LIBURAN DI JAKARTA AJA, COBA DEH KE HOLEO GOLF & MUSEUM 2023-05-30 15:15

Mini golf di Holeo, Cideng, Jakarta Pusat

 

Bisa berolahraga tipis-tipis, berfoto cantik di spot unik, sekaligus berekspresi di atas kanvas, di satu tempat yang mudah dijangkau di tengah Kota Jakarta, menarik? Ya, Trippers tak perlu jauh-jauh untuk melepaskan penat. Meluncur saja ke Jl. Cilamaya No.3, Cideng, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat. Di sana ada Holeo Golf & Museum yang menempati bangunan 3 lantai seluas 1.000 m2, dan berada di tengah lingkungan rumah warga.

 

Holeo Golf & Museum menempati bangunan 3 lantai

 

APA YANG DITAWARKAN?

Holeo Golf & Museum menawarkan permainan mini golf indoor dalam balutan tema 4 musim (spring, summer, fall, winter) di lantai 1, dan juga museum bertema dessert di lantai 2, serta aktivitas melukis juga di lantai 2. Lantai 3 hanya untuk mushola dan toilet.

 

Mini golf indoor

 

Untuk mini golfnya, tersedia 18 holes yang dibagi ke dalam 4 musim, dengan tingkat kesulitan dan tantangan yang berbeda-beda. Tantangannya berupa tanjakan, gundukan (ada yang rendah, ada yang tinggi dan berderet-deret), gelombang, tikungan, bebatuan, bahkan ada halangan berupa tiga sepeda yang diletakkan paralel. Lapangan mininya ada yang dilapis rumput buatan, ada juga yang berpermukaan keras.

 

Tanjakan

 

Gelombang

 

Tikungan

 

Halangan berupa sepeda

 

Penggambaran musim tak sebatas pada warna dan properti yang ditempatkan, tapi juga ada tambahan audionya. Seperti di tema spring ada suara burung, di tema winter selain ada iglo dan rusa-rusa, juga ada suara angin pegunungan yang bergemuruh. Hole tema winter satu-satunya yang ditempatkan di ruang tertutup ber-AC. Sebagai tambahan buat berfoto, di tema winter juga ada bahttub dengan bola-bola biru dan putih.

 

Warna pink dan bentuk kerang untuk tema summer

 

Tema spring, di sini ada suara burung

 

Tema fall, warna dominan kuning kecoklatan

 

Tema winter, serba putih, dan ada suara gemuruh angin

 

Bathtub, tambahan properti di tema winter

 

Tiap hole selain diberi nomor, juga diberi nama. Hole pertama The First Hill. Hole ke-4 yang ada halangan sepeda diberi nama Garden Cycle. Hole di tema winter di antaranya ada The Iglo, Deer Valley,  dan yang terakhir, hole ke-18 Ski You Later. Dan kreatifnya, di tiap hole ditempatkan banner kecil berisi petunjuk atau panduan sesuai nama dan medan hole tersebut. Seperti yang bisa Trippers lihat untuk Deer Valley dan Ski You Later di bawah ini.

 

Deer Valley

 

Ski You Later

 

PEMULA? NO WORRY!

Jangan khawatir kalau Trippers tergolong pemula, sama sekali belum pernah main mini golf apalagi golf sungguhan. Pertama, alat dipinjamkan, yakni putter (stik khusus untuk jarak dekat), dan juga bola golfnya (ada bola keras dan juga bola karet). Kedua, akan ada pelatih yang mengajajarkan, mulai dari bagaimana memegang putter dengan benar, posisi berdirinya, dan bagaimana mengayunkan putter untuk kemudian memukul bola. Nggak perlu pakai kostum dan sepatu tertentu juga. Bebas aja.

 

Kalau Trippers datang ramean dengan teman-teman, cobalah berkompetisi, kejar-kejaran skor. Disediakan scorecard, tentunya ada sistem scoring-nya. Kalau nggak paham, mintalah petunjuk dari petugas yang akan melayani dengan ramah. Intinya, dalam satu hole, yang paling sedikit jumlah pukulannya (atau di bawah par) untuk sampai memasukkan bola ke hole tentulah dapat nilai paling tinggi.

 

Susah atau gampang sih? Coba aja sendiri, karena kemampuan tiap orang berbeda-beda.

 

DI MUSEUMNYA ADA APA?

“Museumnya adalah museum art design dengan tema dessert. Kami sediakan spot-spot foto estetik dan ada aktivitas melukis lengkap dengan painting kit-nya,” jelas Nico, salah satu staf Holeo yang bertugas menemani MyTrip dan kawan-kawan Minggu sore tanggal 28 Mei 2023.

 

Begitu tiba di lantai dua, terlihatlah ruang terbuka dengan dinding penuh corat-coret nyeni dominan berwarna oranye. Di tengahnya ada meja besar dan juga meja-meja kecil. Inilah painting room. Media lukisnya kanvas atau tote bag. Hasil lukisan boleh dibawa pulang ataupun dipajang di dekat tangga maupun di dinding ruangan.

 

Hasil lukisan digantung-gantung

 

Ada yang dipajang di dinding

 

Ada beberapa ruang yang memiliki tema masing-masing. Secret Garden dengan banyak payung di langit-langit.

 

Secret Garden

 

Hydroponics Ice Cream --bisa gantung-gantung kertas berisi harapan ataupun akun Instagram (disertai ajakan untuk follow) di batang-batang pohonnya.

 

Hydroponics Ice Cream

 

Di sudut lain ada Disco Room dengan cermin berlampu warna-warni dan bola kristal digantung di langit-langit, macam diskotik beneran.

 

Disco Room

 

Di sebelahnya terdapat Blue Room alias Donut room. Baru masuk, rasanya kita langsung auto kepengen nyomot donat-donat raksasanya untuk dimakan, haha. Tentunya bukan donat sungguhan, melainkan bantal yang dibentuk dan diberi motif topping donat. Ada sofa berwarna biru buat properti foto. Jangan copot donat yang ditempel di dinding ya. Ambil donat-donat yang ada di keranjang buat berfoto.

 

“Makan” donat raksasa di Donut Room

 

Di sebelahnya lagi ada Yellow Room alias Banana Room. Pisang-pisangan digantung-gantung di atasnya. Juga ada sofa panjang dan ayunan yang berwarna kuning. Meriah!

 

Banana Room

 

Lanjut lagi ke sebelahnya, Pink Room. Tersedia bathtub dengan bola-bola kecil berwarna pink dan putih, di atasnya tergantung floaties dengan bentuk burung flamingo. Silakan mandi bola di sini.

 

Mandi bola di Pink Room

 

SEJAK KAPAN ADA HOLEO?

Holeo Golf & Museum mulai beroperasi sejak 12 November 2022. Holeo artinya hole in one. Istilah dalam golf, di mana hanya dalam satu kali pukulan pegolf bisa menempatkan bola ke dalam hole. Tujuan didirikannya untuk menyediakan sarana bermain golf yang sesuai standar yakni ada 18 hole, tapi dikemas secara mini agar lebih banyak orang bisa menikmati atau sekadar mencoba bermain golf. Mini golf bertema seperti Holeo ini adalah yang pertama dan satu-satunya di Indonesia.

 

Holeo Golf & Museum, pertama di Indonesia

 

INFO JAM BUKA DAN HARGA TIKET

Holeo Golf & Museum buka setiap hari pukul 09.00 hingga 20.00. Tiket masuk dapat dibeli online salah satunya di Tiket.com, atau beli langsung di tempat.

 

Paket-paket yang tersedia:

- Mini Golf (termasuk 1 putter & 1 golf ball rental maks. 3 jam: Rp80.000 (weekdays), Rp90.000 (weekends)

- Dessert Museum (termasuk 1 painting kit & 1 kanvas/tote bag maks. 3 jam: Rp80.000 (weekdays), Rp90.000 (weekends)

- All-Access (Mini Golf maks. 3 jam & Dessert Museum maks. 3 jam): Rp129.000 (weekdays), Rp149.000 (weekends)

- Unlimited All-Access (Mini Golf  & Dessert Museum no time limit): Rp179.000 (weekdays), Rp199.000 (weekends)

 

Anak-anak 3-12 tahun wajib beli tiket harga normal. Anak di bawah 12 tahun bisa didampingi orang dewasa dengan biaya tambahan Rp20.000 (hanya satu pendamping per satu anak).

 

Jadi yang mau liburan di Jakarta aja, coba deh ke Holeo Golf & Museum. Pasti seruuu…

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Mayawati NH, Priyo Tri Handoyo
Comment