5 HARI EKSPLOR HARBIN, KE MANA SAJA? 2019-10-26 00:00

Volga Manor di Harbin

 

Harbin yang mendapat julukan sebagai Oriental Moskwa berada di Manchuria (timur laut China), dan merupakan ibu kota Provinsi Heilongjiang, yang berbatasan langsung dengan Rusia. Membuatnya cenderung lebih Eropa dibandingkan kota-kota besar China lainnya. Saat winter digelar festival es tahunan terbesar di dunia di Harbin. Agar puas jelajah Harbin, siapkan 5 hari full. Ke mana saja? Mari kita jelajahi.

 

Cara ke Harbin dan panduannya, baca di sini.

 

OBJEK & ATRAKSI WISATANYA:

CENTRAL STREET (ZHONGYANG DAJIE)

Berjalanlah di pedestrian sepanjang 1,5 km ini untuk menyaksikan puluhan arsitektur bergaya Eropa. Kini gedung-gedung bersejarah itu beralih fungsi menjadi toko, hotel, restoran, dan kafe tanpa menghilangkan esensi sejarah dan estetika seninya. Sebagian besar toko menjual suvenir khas Rusia. Lainnya adalah toko pakaian, oleh-oleh, dan perlengkapan musim dingin.

 

Bermacam-macam kuliner tersedia di sini, dari merek resto terkenal hingga kedai lokal. Namun yang menjadi incaran turis tentu saja street food-nya. Sejauh pengamatan, ada 3 yang paling banyak diburu turis: roti Rusia, es krim vanilla, dan sosis Harbin. Ada beberapa yang nonhalal.

 

Street food di Central Street

 

Waktu yang tepat untuk mengunjunginya yaitu di malam hari. Karena begitu gelap turun, Central Street mulai menunjukkan wajah aslinya.

 

Central Street tambah cantik di waktu malam

 

SAINT SOPHIA CATHEDRAL

Tidak ada kota besar di China yang memiliki sejarah Rusia yang kental selain Harbin. Kota ini dengan bangga menjadikan sebuah gereja tua sebagai ikon utama. Meski telah berumur 80 tahun lebih, Saint Sophia Cathedral tetap terlihat cantik.

 

Saint Sophia Cathedral

 

Bukan hanya bagian luarnya saja, interiornya pun tak kalah menarik. Kita bisa masuk ke dalam museum untuk mempelajari sejarah panjang gereja ini lewat teks dan foto-foto tua yang ditampilkan. Daya tarik utama lainnya berada di bagian luar sisi kanan gereja. Turis bisa berfoto dengan ratusan burung merpati.

 

Cara ke sini: Jalan kaki 1 km dari Central Street ke arah timur.

Jam buka museum: pukul 08.30-17.00.

Tiket masuk museum: RMB 15

 

WINTER SWIMMING PERFORMANCE

Aktivitas yang sudah menjadi tradisi ini menampilkan para atlet profesional yang berenang di kolam outdoor di saat suhu lagi dingin-dinginnya (-20°C). Gilanya, semua perenang yang tampil umurnya lebih dari 50 tahun! Acara berlangsung di Sungai Songhua pada pukul 10.00 & 10.30, dilanjutkan kembali pada 13.30 & 14.00. Tiket masuk dapet dibeli di tempat.

 

Winter Swimming Performance

 

Agak sulit mencari lokasi tepatnya karena berupa outdoor di atas permukaan sungai beku. Dari Central Street dapat dijangkau dengan jalan kaki sekitar 2 km.

 

VOLGA MANOR

Suasana pedesaan Rusia seperti di Siberia bisa dilihat di Volga Manor. Resor sekaligus theme park ini menawarkan kebudayaan tradisional, arsitektur, dan pemandangan alam selayaknya di Rusia. Gereja Orthodox berkubah, istana besar, hingga vila berwarna pastel di tengah hutan adalah sekian dari 30 lebih bangunan antik yang ada di sini. Di setiap sudut area pun selalu diputar lagu-lagu tradisional Rusia yang membuat pengunjung merasa seperti bukan di China. Butuh 3–4 jam untuk mengeksplorasi taman seluas 30 hektar ini.

 

Volga Manor

 

Tiket masuk: RMB 120.

Cara ke sini: Volga Manor berada di kota kecil bernama Chenggaozi, sekitar 30 km ke arah tenggara dari pusat kota Harbin. Untuk mencapainya tentu dengan naik taksi.

 

SUN ISLAND SCENIC AREA

Ini salah satu pameran yang paling ditunggu dalam rangka event Harbin International Ice and Snow Festival. Di sini para pengunjung bakal dibuat terpukau oleh ratusan karya seni yang dipahat dari salju padat. Bentuk karya seni patung dan ilustrasinya terinspirasi dongeng dan legenda dari seluruh dunia. Rata-rata tingginya mencapai 3–4 m. Ada pula display utamanya yang berukuran raksasa.

 

Pahatan salju berukuran raksasa di Sun Island Scenic Area

 

Selain galeri outdoor, kita dapat menikmati aktivitas musim dingin seperti ski, ice skating, dog sledding, snow sliding, dan masih banyak lainnya.

 

Cara ke sini: Pameran ini diadakan di sebuah pulau di tengah Sungai Songhua yang bernama Sun Island. Ada 5 cara untuk mencapainya:

1. Taksi.

2. Harbin Ropeway/Cable Car. Cara terbaik untuk melihat pemandangan kota dari ketinggian.

3. Special Tourist Bus. Khusus mengantarkan para turis ke lokasi. Jadwalnya pkl.09.00–22:00 (pulang-pergi) setiap hari selama festival berlangsung. Namun perlu diperhatikan, tempat perhentiannya di Ice & Snow World yang juga berada di Sun Island. Jika tujuan utama kita ke Sun Island Scenic Area, bisa saja dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 2 km karena letaknya berseberangan.

4. Public Bus: Dari Central Street jalan ke arah barat melalui Dongfeng Street hingga mencapai Tongjiang Street, lalu belok kanan menyusuri sisi kanan jalan sekitar 50 m sampai menemukan papan halte bernama Tong jiang jie. Dari sini naik bus nomor #47, setelah 6 perhentian dan naik jembatan, turun di halte Taiyang dao daokou. Halte ini berada di pertigaan jalan utama menuju Sun Island Scenic Area.

5. Jalan kaki: Dari Central Street jalan ke arah utara menuju Flood Control Memorial Tower, lalu turun jalan terus menyeberangi permukaan Sungai Songhua yang beku hingga mencapai Sun Island. Jaraknya sekitar 5 km dan suhu bisa mencapai -20°C.

 

Harga tiket: RMB 330 (Januari 2018) sudah termasuk tiket masuk + transport minibus dari tempat ini ke dalam venue dan sebaliknya.

 

ICE & SNOW WORLD

Ini dia expo musim dingin yang paling ditunggu-tunggu. Event inilah yang menjadi alasan utama jutaan turis mengunjungi Harbin. Expo yang venue-nya seluas lebih dari 100 kali lapangan sepak bola ini memamerkan puluhan bangunan es raksasa dari para seniman di seluruh dunia.

 

Ice & Snow World

 

Es dipahat sedemikian detilnya, lalu disusun hingga menjulang tinggi menyerupai ukuran asli beberapa arsitektur terkenal dunia. Waktu kunjungan terbaik tentu pada saat petang menjelang malam, ketika lampu warna-warni menerangi. Butuh waktu yang cukup lama jika ingin menjelajahi expo secara keseluruhan.

 

Cara ke sini: Expo ini berlangsung di Sun Island, berseberangan dengan Sun Island Scenic Area. Jadi disarankan kunjungan kedua tempat ini harus di hari yang sama.

Tiket masuk: RMB 330.

Jam buka: Setiap hari selama festival, pukul 11.00-22.00.

 

Baca juga: "10 Alasan Mengunjungi Shanghai"

 

REKOMENDASI ITINERARY

Hari 1

Opsi pertama: Jakarta–Beijing melalui Singapura. Paginya tiba di Beijing, dilanjutkan terbang ke Harbin dengan pesawat domestik.

Opsi kedua: Jakarta–Beijing melalui Singapura. Jalan-jalan di ibu kota dulu seharian. Koper ditaruh di tempat penitipan barang Beijing Railway Station. Puas jalan-jalan, malamnya langsung ke stasiun untuk naik kereta malam menuju Harbin.

Hari 2

Tiba di Harbin pagi. Naik taksi atau bus menuju Central Street untuk check-in penginapan. Titip koper dulu, lalu langsung menuju Saint Sophia Cathedral untuk masuk ke dalam museumnya dan juga menikmati suasana wisata di sekitar alun-alun gereja. Malamnya jalan-jalan di sekitar Central Street, Flood Control Memorial Tower, dan Stalin Park.

Hari 3

Menyaksikan Winter Swimming Performance pukul 10.00. Setelah itu jalan santai di sekitar pinggiran sungai dan taman. Siang hari mengunjungi pameran salju di Sun Island Scenic Area sampai menjelang sore. Sekitar jam 4 sore langsung beranjak ke Ice & Snow World sampai malam hari. Malamnya kembali ke Central Street.

Hari 4

Pagi hari mengunjungi Volga Manor. Sore kembali ke Harbin. Malamnya jalan-jalan santai di sekitar Central Street.

Hari 5

Check­-out penginapan, lalu menuju bandara untuk kembali ke Jakarta.

Teks & Foto: George Martinus
Comment