MERENCANAKAN WINTER HOLIDAY DI HARBIN? BACA DULU PANDUANNYA 2019-10-25 00:00

Ice & Snow World

 

Musim dingin di belahan bumi yang mempunyai 4 musim tak lama lagi tiba. Mungkin Trippers berencana melewatkan liburan akhir tahun di tempat yang memang menawarkan atraksi-atraksi turis yang hanya ada saat musim dingin? Menyaksikan festival es tahunan terbesar di dunia? Ice & Snow World yang menampilkan puluhan landmark dunia dalam bentuk bangunan es raksasa, atau Sun Island Scenic Area, di mana ada ratusan karya seni dari salju yang memukau? Ya, tak salah lagi, datanglah ke Harbin di China.

 

Harbin berada di Manchuria (timur laut China), merupakan ibu kota Provinsi Heilongjiang. Provinsi ini berbatasan langsung dengan region Far East milik Rusia yang membuat karakter Harbin cenderung lebih Eropa dibandingkan kota-kota besar China lainnya.

 

WAKTU TERBAIK KUNJUNGAN

International Ice and Snow Festival berlangsung akhir Desember sampai akhir Februari, jadi datang saat ini. Suhu bisa turun hingga -40°C.

 

Baca juga: "Berlibur Ala Ibu Suri Sampai Belanja Kalap di Wangfujing (Bagian 1)"

 

CARA KE HARBIN

Belum ada direct flight dari Jakarta ke Harbin Taiping Airport. Harus transit dulu di Guangzhou,  Shenzhen atau Xiamen. Bisa menggunakan Scoot Airlines, China Eastern, China Southern Airlines, Xiamen Airlines, dan Garuda Indonesia.

 

Direkomendasi terbang ke Beijing sebagai titik awal. Ada beberapa pilihan direct flight Jakarta-Beijing. Dari Beijing lanjut ke Harbin dengan pesawat atau kereta. Direct flight dengan China Southern, Sichuan Airlines, dan China Eastern. Durasi sekitar 2 jam.

 

Beijing-Harbin dengan kereta bisa naik high-speed train, durasi 7-8 jam. Bisa juga dengan kereta malam, durasi 10-11 jam. Disarankan pilih kereta malam supaya tiba di Harbin pagi.

 

Tips naik kereta:

- Jangan beli tiket mendekati hari-H karena peak season-nya Harbin, plus beberapa minggu ke depannya mendekati Spring Festival/Imlek.

- Tiket kereta online dibuka 30 hari sebelum hari-H. Pastikan tanggal, jam, dan menitnya kalau nggak mau itinerary jadi berantakan. Tiket online dapat dibeli di ctrip.com. Ctrip.com dapat diakses oleh semua calon penumpang dari negara mana pun.

 

TRANSPORTASI DARI BANDARA ATAU STASIUN KERETA KE PUSAT KOTA HARBIN

Dari bandara ataupun stasiun kereta menuju pusat kota (Central Street) bisa menggunakan taksi ataupun shuttle bus.

 

Harbin Taiping Airport dan stasiun-stasiun kereta di Harbin letaknya berjauhan. Bandara berjarak sekitar 37 km dari pusat kota Harbin. Beberapa stasiun Harbin seperti Harbin Station, Harbin West Station, Harbin East Station, dan Xiangfang Station berjarak cukup berjauhan. Tentunya taksi jadi pilihan transportasi terbaik untuk menjangkau satu tempat ke yang lainnya.

 

PENGINAPAN

Disarankan mencari penginapan di sekitar Central Street. Banyak hotel bintang di area ini, ada juga youth hostel. Rekomendasinya adalah Kazy International Youth Hostel yang berada di Tongjiang Street, berjarak hanya satu blok dari Central Street. Cukup strategis dan sangat mudah ke mana-mana. Hanya 1 km ke Sophia Cathedral dan sekitar 500 m ke halte bus yang menuju Sun Island. Mau cari makan pun mudah karena dekat dengan pusat kota. Terdapat pula beberapa warung makan lokal dan minimarket di sekitar hostel ini. Tips: Jangan meremehkan musim liburan di China, jadi pesanlah penginapan minimal 3 bulan sebelum hari-H.

 

Central Street

 

TIPS PENTING LAINNYA

- China memblokir banyak situs dan aplikasi terkenal dunia, seperti Google, WhatsApp, Line, Instagram, Youtube, Twitter, Facebook. Oleh karena itu, supaya bisa tetap menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, unduh dulu VPN (Virtual Private Network) sebelum tiba di China. Banyak tersedia yang berbayar maupun gratis. Rekomendasi yang gratis adalah Turbo VPN yang tersedia di PlayStore (Android). Cara lain: beli paket data roaming dari operator telepon masing-masing. Tak perlu VPN, kita sudah bisa internetan di HP seperti biasa.

- Perlu diketahui, suhu di Harbin jauh lebih dingin daripada kota-kota besar di Skandinavia. Jadi siapkan kostum yang tepat. Outfit yang tepat untuk menangkal suhu -40°C: long john atau kaus thermal, baju atau kaus (bisa 1 atau 2 lapis), sweater, dan jaket winter. Usahakan jaket berbahan tebal yang biasanya ada bulu angsa di dalamnya. Jadi tidak perlu bawa banyak pakaian karena selama di sana akan selalu pakai jaket tebal ke mana pun. Kedua telinga harus tertutup dengan hoodie jaket, topi hangat, atau penutup telinga. Pakai sarung tangan tebal demi menghindari seluruh telapak tangan mati rasa. Untuk bawahan pakai celana long john di lapisan paling dalam dan untuk luarnya bisa pakai celana panjang cargo. Kaos kaki tebal 2 lapis dan sepatu trekking agar hangat dan tidak terpeleset di es.

- Sediakan koyo heat pack (penghangat badan). Dapat beli saat tiba di sana dengan harga yang lebih murah. Bawa juga lip lotion atau lip balm karena angin dingin bikin bibir pecah-pecah.

- Pelajari sedikit bahasa Mandarin meski cuma kalimat dasar, akan sangat bermanfaat. Bila tidak bisa hapal, buatlah catatan kecil berupa Hanzì (karakter mandarin), pinyin (cara baca), dan artinya. Bila diperlukan tinggal buka dan sebutkan atau tunjukkan pada orang lokal.

- Jangan sungkan bertanya ke supir bus ataupun warga lokal jika benar-benar dalam keadaan bingung. Usahakan cari anak muda, ada kemungkinan mereka bisa English.

- Tips penting untuk fotografer. Setelah foto-foto di luar, jangan langsung membawa kamera ke dalam ruangan yang suhunya lebih hangat. Sebab perubahan suhu yang mendadak membuat embun titik-titik air muncul di kamera. Bukan hanya di permukaan luar saja, tapi bisa muncul pula di lensa dan di dalam mesin yang membuat seluruhnya jadi basah. Jangan sering-sering melakukan hal ini bila tak ingin kamera kalian cepat almarhum. Cara menghindarinya ialah dengan memasukkan kamera ke dalam kantong plastik atau tas tertutup rapat sebelum masuk ke dalam ruangan mana pun, dan jangan buru-buru dikeluarkan ketika masih di dalam ruangan. Silakan ambil kamera kalian kembali jika sudah keluar dari dalam ruangan.

 

Tentang objek & atraksi wisatanya baca di artikel selanjutnya.

Teks & Foto: George Martinus
Comment
Indriati

Hai. Saya mau tny, apakah bulan Juni masih bisa bermain ski di Harbin? Tq

2024-01-29