CAT BA ISLAND, WISATA ALTERNATIF DI HA LONG BAY YANG LEBIH TERJANGKAU 2020-06-03 00:00

 

Ngomongin soal Vietnam, destinasi wisata yang biasanya pertama kali muncul di benak adalah Ha Long Bay. Keindahan lautan hijau zamrud dan gugusan bukit kapur di Ha Long Bay memang memukau. Tak heran bila turis dari berbagai penjuru dunia rela menghabiskan waktu beberapa hari di Ha Long Bay. Nah, ada sebuah pulau di Ha Long Bay yang mendapat banyak perhatian dari para travelers. Pulau Cat Ba, kini berkembang menjadi destinasi wisata alternatif di Ha Long Bay.

 

Pulau Cat Ba biasanya dijadikan tempat menginap dalam paket wisata ke Ha Long Bay. Ya, selain menginap di cruise, paket wisata ke Ha Long Bay biasanya juga menawarkan pilihan yang lebih affordable dengan menginap di Pulau Cat Ba. Semakin lama, pulau ini berkembang menjadi destinasi wisata alternatif di kawasan tersebut. Biaya yang sangat terjangkau, view yang menarik, serta adanya variasi atraksi wisata mulai dari pantai, olahraga air, area hiking, dan museum membuat semakin banyak travelesr memutuskan untuk liburan ke Pulau Cat Ba.

 

Baca juga: "Menjelajah Sapa di Vietnam, Alpennya Asia"

 

Terletak 150 km di utara Kota Hanoi, Pulau Cat Ba adalah pulau terbesar di antara 367 pulau di Kepulauan Cat Ba di sebelah tenggara Teluk Lan Ha, di dekat Teluk Ha Long. Di kawasan ini memang hanya ada sedikit pulau yang ditinggali penduduk, di mana Pulau Cat Ba menjadi salah satu pulau berpenghuni dan paling berkembang. Pulau Cat Ba dikelilingi formasi bukit kapur menawan dengan air laut berwarna hijau zamrud.

 

Untuk menuju ke sana, biasanya traveler perlu membeli paket wisata dari travel agents selama 2 hari 1 malam atau 3 hari 2 malam. Untuk 2 hari 1 malam harganya mulai VND 500.000 atau sekitar Rp305.000 yang sudah termasuk transportasi PP (shuttle bus dan kapal), hotel 1 malam, dan sarapan. Perjalanan ke Pulau Cat Ba dari Hanoi memakan waktu 4 jam, karenanya shuttle bus berangkat dari jam 8 pagi. Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan naik kapal selama 30 menit menuju Pulau Cat Ba.

 

Di pulau yang berbatasan dengan Tiongkok ini ada banyak atraksi bagi turis. Mulai dari snorkeling, bermain di pantai, ikut paket cruising ke Teluk Lan Ha, kayaking, hiking ke Taman Nasional Cat Ba, mengunjungi Museum Hospital Cave, mengeksplor Monkey Island, dan lain-lain. Separuh wilayah Pulau Cat Ba merupakan taman nasional dan telah diakui UNESCO sebagai Biosphere Reserve.

 

Lan Ha Bay

 

Waktu terbaik untuk liburan ke Cat Ba adalah saat musim panas di mana view Lan Ha Bay terlihat sangat cantik. Sayangnya musim panas merupakan peak season dan Pulau Cat Ba biasanya akan sangat ramai dengan turis dari Vietnam dan Tiongkok. Kalau ingin menghindari kerumunan turis, Trippers bisa datang di musim dingin. Dengan suhu yang cukup dingin, antara 11-16 derajat Celcius, Trippers bisa mengeksplor Cat Ba dengan leluasa. Hanya saja view-nya akan lebih sering berkabut.

 

Ulasan tentang atraksi wisata wajib di Cat Ba Island bisa dibaca di artikel selanjutnya.

Cara ke Hanoi silakan baca di sini.

 

Teks: Dada Sabra Sathilla Foto: www.vietnam-guide.com, www.visithalongbay.com
Comment
Theda

Thank you for the good writeup. It in fact was a amusement account it. https://aklexterminateur.com/

2020-12-20