MELIHAT KEHIDUPAN BABA-NYONYA DAN BELAJAR TOLERANSI DI JONKER STREET MELAKA 2020-06-07 00:00

 

Jalan sepanjang 500 m yang membelah kawasan pecinan ini salah satu daya pikat Melaka di Malaysia. Dipenuhi kafe, galeri, toko mungil penjual suvenir, barang antik, juga aneka rumah ibadah. Menyusurinya seru dan bisa bikin lupa waktu. Di sini kita juga bisa melihat kehidupan baba-nyonya di masa lalu.

 

Jonker Street (Jalan Hang Jebat) adalah pusat China Town di Melaka. Di sini terdapat rumah-rumah bergaya Baba-Nyonya dari abad ke-17 yang masih dilestarikan bentuk aslinya. Saat ini rumah-rumah itu sudah beralih fungsi menjadi museum, butik, restoran, kafe, toko suvenir, dan penginapan. Yang wajib dikunjungi adalah Baba-Nyonya Heritage Museum. Rumah museum ini dikelola sendiri oleh keturunan langsung sang pemilik rumah. Melihat-lihat museum ini kita jadi terbawa kehidupan baba-nyonya di masa lalu. Jika ingin berfoto-foto ala baba-nyonya bisa mampir ke Casababa Gallery yang menyediakan kostum untuk foto dalam rumah baba-nyonya.

 

Baca juga: "Salah Satu Atraksi Menarik di Melaka: Melaka River Cruise & River Walk"

 

Jangan lupa masuklah juga ke Jalan Tokong untuk melihat keharmonisan Melaka di mana terdapat empat rumah ibadah tua di satu jalan, yakni Cheng Hoon Teng Temple, Kampung Kling Mosque, Sri Poyyatha Vinayaga Moorthy Temple, Tamil Methodist Church.

 

Kota Melaka sendiri sudah lama terkenal sebagai destinasi berburu barang antik. Nah lokasinya kebanyakan berada di Jonker Street ini. Seperti sudah disebutkan di atas, di sini kita juga bisa berburu suvenir. Paling pas saat pasar malam digelar. Layaknya di lapak jalanan, keahlian menawar tentunya diperlukan. Untuk oleh-oleh otentik Melaka antara lain yang bisa dibeli adalah bakiak kayu, binding foot (sepatu bisban), lampu kristal, ubin hand-made, ukiran kayu dan banyak kerajinan lainnya.

 

 

Pasar malam yang selalu ditunggu-tunggu banyak wisatawan hanya buka Jumat, Sabtu dan Minggu. Dimulai pukul 18.00 hingga tengah malam. Benamkan diri dalam keriuhan atmosfer belanja dan kuliner. Semakin seru karena tersedia panggung hiburan.

 

Harga tiket: China Town (Gratis). Baba-Nyonya Heritage Museum (dewasa RM 16, anak-anak RM 11). Casababa Gallery (dewasa RM 15, anak-anak RM 10). Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Jam buka: Baba-Nyonya Heritage Museum: 10.00-17.00 (Senin-Kamis), 10.00-18.00 (Jumat-Minggu). Casababa Gallery: 10.00-18.00 (tutup Rabu).

Kurs RM: +/-Rp3.400

 

 

Info turis:

- Berkunjunglah pada Jumat, Sabtu atau Minggu karena ada Jonker Walk Night Market yang dimulai dari sore sampai tengah malam.

- Jika ingin mencoba Chicken Rice Ball, yang paling terkenal di Nasi Ayam Hoe Kee, dan Kedai Kopi Chung Wah. Datang sebelum makan siang atau siap-siap antre.

Chicken Rice Ball

 

- Aktivitas menarik lainnya: berburu mural di Jalan Kampung Kuli, mampir ke San Shu Gong yang menjual makanan ringan sebagai oleh-oleh khas.

- Objek menarik lainnya: Cheng Ho Cultural Museum, Hang Jebat Mausoleum, Hang Kasturi Mausoleum, Kampung Hulu Mosque, Straits Chinese Jewellery Museum. 

 

Cara ke Melaka baca di sini.

Teks & Foto: Dammer Saragih, Julius Leonardo
Comment