WOWWW…. ADA TEMPAT SEINDAH INI DI LEMBATA. BUKIT GURU MADA NAMANYA 2023-05-23 07:50

Bukit Guru Mada, salah satu sisi pemandangannya ke arah Ile Lewotolok

 

“Wowww…. Indah banget! Gilaaaa….” Begitulah seruan yang terlontar saat mobil 4WD yang membawa rombongan MyTrip tiba di sebuah bukit terbuka di salah satu lekukan Pulau Lembata Nusa Tenggara Timur. Namanya Bukit Guru Mada, masih sangat asing. Cari di Google dan Google Maps aja nggak nemu. Cek di Instagram, yang memakai tagar #bukitgurumada hanya MyTrip dan salah satu peserta trip MyTrip.

 

Ke Bukit Guru Mada dengan mobil 4WD

 

Semua duduk syahdu, berdecak kagum

 

Bukit Guru Mada benar-benar masih perawan! Bahkan dua orang supir asli Lembata yang membawa kami sore itu saja belum pernah ke sini. Beruntung, hari itu, 2 Mei 2023, kami dipandu oleh Vincent Halimaking dan Didi yang tahu betul keberadaan bukit yang indah paripurna ini.

 

Keindahan paripurna

 

“Tempat-tempat bagus yang terpencil awalnya biasanya yang menemukan orang yang pacaran,” jelas Didi. Bisa jadi. Begitu pulalah awalnya Bukit Guru Mada ditemukan.

 

Baca juga: "Kalau ke Lembata Harus Banget ke Sabana dan Pantai Wade. Cakepnya Kebangetan!"

 

Kata Vincent, memang dari dulu di kawasan ini cuma ada perbukitan kosong, jauh dari permukiman. Perbukitan ini masuk dalam wilayah ulayat adat Lewotolok yang terdiri dari Desa Amakaka, Desa Waowala, dan Desa Tanjung Batu, di Kecamatan Ile Ape. Setelah Badai Seroja yang terjadi bulan April 2021, barulah ada permukiman di sekitar Bukit Guru Mada, pindahan dari Desa Waowala dan Desa Tanjung Batu.

 

Perbukitan kosong, jauh dari permukiman

 

Dari atas bukit rerumputan yang luas ini, Trippers bisa menikmati pemandangan 360 derajat tanpa terhalang. Lihat dulu petanya, simak di mana letak Bukit Guru Mada, supaya lebih paham kenapa bisa melihat banyak tempat dari sini.

 

Peta Lembata

 

Peta Kecamatan Ile Ape, letak Bukit Guru Mada di sekitar garis merah, sisi teluk yang berhadapan dengan Pulau Adonara dengan Ile Boleng-nya

 

Di sebelah barat terlihat Ile/Gunung Boleng, gunung yang berada di Pulau Adonara, tetangga Pulau Lembata.

 

Ile Boleng di sebelah barat

 

Ile Boleng di sebelah barat

 

Jauh di ujung seberang barat daya terlihat samar-samar Tanjung Naga, adalah tanjung di sisi paling barat daya dari Pulau Lembata.

 

Jauh terlihat samar Tanjung Naga

 

Geser sedikit pandangan kita ke arah selatan, terlihat --walaupun tidak jelas-- antara lain Ile Werung, Bukit Mauraja dan Ile Labalekang.

 

Nah sisi ini adalah deretan Lembata bagian selatan

 

Berbalik arah menghadap utara, terlihat samar Ile Batutara, sendirian di tengah laut, di lepas pantai utara Pulau Lembata.

 

Arah ke Ile Batutara di sisi ini, sayang kurang jelas terlihat difoto

 

Lalu alihkan pandangan ke arah timur, terlihat berdiri dengan gagahnya Ile Lewotolok atau Ile Ape. Foto dengan latar Ile Lewotolok menjadi favorit kami. Apalagi saat sang gunung api menyemburkan awan panasnya.

 

Ile Lewotolok saat menyemburkan awan panas

 

Angle favorit, latar Ile Lewotolok

 

Angle favorit, latar Ile Lewotolok

 

Angle favorit, latar Ile Lewotolok

 

Angle favorit, latar Ile Lewotolok

 

Angle favorit, latar Ile Lewotolok

 

Gunung, tanjung, laut yang berupa teluk, silih berganti muncul di sudut mata kami. Mau nengok ke arah mana pun, cetarrrr!

 

Ke arah Ile Boleng cetar

 

Ke arah Ile Lewotolok juga cetar

 

Lebih cetar lagi sebenarnya kalau kami menunggu di atas bukit ini hingga malam menjelang. Itu saatnya kawanan kelelawar terbang dari sebuah pulau kecil yang bernama Pulau Kelelawar di dekat Pulau Adonara menuju daratan di Pulau Lembata. Menurut informasi dari Didi, ribuan kelelawar tepat melintas di atas perairan di hadapan Bukit Guru Mada. Aduh kebayang kerennya!

 

Baca juga: "Ini Dia Tempat Terbaik Menikmati Sunset dengan Latar Gunung di Lembata NTT"

 

Kami cukup lama menikmati kesyahduan alam dan berfoto-foto di Bukit Guru Mada. Sayang memang kami nggak menunggu hingga matahari terbenam karena mesti kembali ke Pantai Ohe sebelum gelap. Sunset dan pantulan sempurnanya di permukaan air laut kami nikmati di Pantai Ohe, yang berjarak 30 menit berkendara dari Bukit Guru Mada.

 

Menikmati kesyahduan alam

 

Sebelum sunset, kami sudah meninggalkan Bukit Guru Mada

 

Siapa mau menikmati pemandangan spektakuler di Bukit Guru Mada? Segera daftarkan diri Anda untuk trip Lembata tanggal 13-20 Juli 2023. Hubungi 0811821006.

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Hemawati NH, Mayawati NH, Dok. MyTrip
Comment