9 OBJEK WISATA WAJIB DI MOSTAR BOSNIA-HERZEGOVINA (Bagian 2-Tamat) 2021-11-16 12:00

Blagaj Monastery

 

Mostar, kota terbesar kelima di negara Bosnia-Herzegovina, menjadi destinasi favorit wisatawan mancanegara karena keelokan dan kejutan yang ditawarkannya. Apalagi letaknya yang berdekatan dengan beberapa destinasi wisata lainnya di kawasan Balkan, membuat Mostar mudah dijangkau. Andalan wisatanya apa lagi kalau bukan Jembatan Stari Most  yang disebut sebagai contoh arsitektur Islam paling indah di kawasan Balkan.

 

Panduan eksplor Mostar dan bagaimana sejarahnya hingga dijuluki Little Turkey of Balkan bisa dibaca di sini.

 

Di artikel kali ini MyTrip tampilkan objek-objek wisata wajibnya. Apa saja?

 

Bagian 1 baca di sini.

 

5. MUSEUM HAMAM

Akibat Perang Yugoslavia yang meluluhlantakkan kota tua Mostar, hanya tersisa satu hamam (pemandian khas Turki) di Mostar yang kini berfungsi sebagai museum. Museum Hamam yang bergaya Ottoman klasik ini terbuat dari batu dan memiliki kubah biru muda seperti masjid. Halamannya luas dan juga berbatu. Di sampingnya ada beberapa restoran Bosnia.

 

The Hamam Museum

 

Di dalam museum Trippers bisa melihat tempat pemandian ala Turki yang indah yang terbuat dari keramik, cermin serta berbagai peralatan mandi yang dulu digunakan orang-orang dari abad ke-16. Di bagian depan museum terdapat toko suvenir yang menjual sabun Turki. Karena kini hanya berfungsi sebagai museum, satu-satunya hamam di Mostar ini hanya bisa dikunjungi alias tak bisa lagi digunakan untuk mandi.

 

Lokasi: Rade Bitange, Mostar 88000

Jam buka: 10.00-18.00 (Selasa-Minggu)

Tiket masuk: 4 Bosnian Marks

 

6. WAR PHOTO EXHIBITION

Pameran tetap ini berisi koleksi 50 foto suasana perang di Bosnia yang diambil seorang photojournalist asal New Zealand bernama Wade Goddard. Foto-foto yang dipamerkan tak cuma menampilkan suasana perang saudara tapi juga mengenai kehidupan warga setempat saat perang berlangsung. Kalau ingin mempelajari sejarah Mostar, ada baiknya tak melewatkan pameran foto ini.

 

War Photo Exhibition

 

Lokasi: Menara barat Stari Most, Mostar

Jam buka: 09.00-21.00 (Juli-September), 10.00-18.00 (Maret-Juni & Oktober)

Tiket masuk: 6 Bosnian Marks

 

7. BLAGAJ MONASTERY

Berkendara 20 menit dari Mostar, tepatnya di sebuah desa kecil bernama Blagaj, terdapatlah Blagaj Monastery atau sebuah biara yang ditemukan oleh para biarawan Dervish pada abad ke-16. Blagaj Monastery yang juga sering disebut Tekija Blagaj atau Blagaj Tekke ini berada di kaki tebing menghadap ke sungai cantik yang airnya berwarna turkois. Bangunannya bergaya arsitektur Ottoman dengan tembok berwarna putih serta banyak dihiasi ornamen kayu. Biara ini masih berfungsi hingga sekarang.

 

Blagaj Monastery berada di kaki tebing menghadap ke sungai cantik

 

Kalau berkunjung ke sini pastikan memakai pakaian yang sopan. Petugas biasanya juga akan meminjamkan kain penutup kepala dan rok panjang kepada pengunjung. Selain itu, sepatu mesti dilepas sebelum masuk.

 

Untuk melihat view Sungai Buna yang indah kita bisa naik ke balkon kecil. Kita juga bisa berkunjung ke air terjun di dekat biara yang menjadi sumber air sungai. Perairan di sekitar Blagaj Monastery termasuk bersih dan airnya juga aman diminum. Di musim panas kita juga bisa naik perahu menyusuri sungai dan masuk ke gua kecil.

 

Blagaj Monastery berjarak 12 km di sebelah tenggara Mostar. Untuk menuju ke sana bisa menggunakan bus rute 10 atau 11 dari bus stop di depan gedung United World College yang berwarna kuning. Tiket bus bisa dibeli dari supir bus, cash only. Selain naik bus, kita juga bisa ikut tur yang diselenggarakan hotel/ hostel atau naik taksi.

 

Lokasi: Zitomislici 88000

Jam buka: 08.30-20.30

Tiket masuk: 4 Bosnian Marks

 

8. BLAGAJ FORT

Blagaj Fort atau Stjepan Grad adalah komplek kota benteng yang berada di dekat Kota Blagaj, dekat pula dengan Blagaj Monastery. Kastil benteng ini dibangun di puncak bukit karang pada ketinggian 275 mdpl. Untuk menuju ke sini perlu hiking melalui jalur pendakian selama sekitar 1 jam. Begitu sampai di puncak benteng kita bisa melihat view lembah Mostar yang memukau. Siapkan waktu khusus untuk menikmati alam, suasana dan menghirup udara segar di sini!

 

Blagaj Fort

 

Lokasi: Blagaj Fort, Blagaj 88201

Jam buka: 06.00-22.00

 

9. AIR TERJUN KRAVICE

Air Terjun Kravice menjadi semakin terkenal di antara para turis yang berkunjung ke Bosnia, Kroasia dan yang sedang melakukan road trip ke kawasan Balkan. Pada musim panas tahun 2017 saja jumlah pengunjung air terjun yang berada di dekat kota kecil bernama Kravice ini mencapai lebih dari 200.000 orang. Bentuk air terjun yang unik dan airnya yang berwarna hijau bening memang mengagumkan. Tak heran kalau semakin banyak yang menampilkan Air Terjun Kravice dalam video klip termasuk video klip DJ kondang Alan Walker.

 

Air Terjun Kravice

 

Air terjun Kravice berjarak 43 km di selatan Mostar. Menuju ke sini perlu menyewa mobil, naik taksi, atau ikut tur karena belum ada transportasi umum yang memadai. Kalau naik taksi biayanya mulai EUR 70-100. A day trip tour biayanya mulai EUR 25. Waktu terbaik mengunjungi air terjun setinggi 25 m dan lebar 120 m ini saat musim semi, saat airnya melimpah, juga di musim panas.

 

Di sekitar air terjun ada beberapa restoran dan bar, tapi kalau mau piknik dan membawa makanan sendiri juga boleh. Satu hal yang dilarang dilakukan di air terjun ini adalah beribadah. Hal ini karena beberapa waktu lalu ada sekelompok turis dari Italia, Irlandia dan Polandia yang mengunjungi air terjun untuk sembahyang. 

 

Ingin mengunjungi Air Terjun Kravice secara cuma-cuma? Datanglah setelah jam 8 malam karena tiket hanya ditarik sampai jam 8 malam.

 

Lokasi: Studenci bb, Studenci Ljubuski 88320

Jam buka: 06.00-22.00

Tiket masuk: 8 Bosnian Marks (Juni & September), 10 Bosnian Marks (Juli & Agustus), 6 Bosnian Marks (Oktober & Mei).

 

Catatan: Harga-harga dan jam buka bisa saja sudah berubah.

 

 

Teks: Dada Sabra Sathilla Foto: Blue Sky Traveler, Dada Sabra Sathilla, Steve Tatum on thousandwonders.net, Stjepan Grad, www.peekingduck.co, www.worldofwanderlust.com
Comment