5 PANTAI INSTAGRAMMABLE DI YOGYAKARTA YANG BISA DIEKSPLOR DALAM 2 HARI 2020-07-27 10:15

Snorkeling di Pantai Nglambor

 

Yogyakarta memang identik dengan bangunan ikonik, budaya Jawa yang kental, masyarakat yang ramah, kuliner yang maknyus dan tentunya ragam wisata, termasuk wisata pantai. Beberapa pantai cantik di pesisir selatannya mampu memukau banyak orang. Kali ini kami pilihkan 5 di antaranya yang bisa dieksplor dalam 2 hari saja.

 

1. PANTAI NGLAMBOR

Pantai yang berlokasi di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul ini menawarkan panorama bawah laut yang menawan dan menyediakan fasilitas underwater terbaik di Yogyakarta. Bersebelahan dengan Pantai Siung, Pantai Nglambor dianugerahi dua karang besar berbentuk mirip kura-kura yang mampu menangkis terjangan ombak laut selatan. Berkat dua karang bernama Batu Kalong dan Batu Kuntul tersebut Pantai Nglambor senantiasa berarus tenang dan berair jernih.

 

Ikan sergeant major di Pantai Nglambor

 

‘Akuarium’ raksasa dengan aneka ikan warna-warni dan biota laut tampak begitu jelas di mata. Salah satu ikan yang paling sering muncul adalah ikan sergeant major. Bagi yang mau snorkeling, langsung saja menuju kantor BNS (Bintang Nglambor Snorkeling) tak jauh dari bibir pantai untuk menyewa peralatan snorkeling lengkap berikut dokumentasi underwater.

 

Baca juga: “Ada Apa Saja di Hutan Pinus Mangunan Bantul?

 

2. PANTAI SIUNG

Seusai snorkeling di Pantai Nglambor jangan buru-buru beranjak dari Desa Purwodadi. Ada baiknya mampirlah sejenak menuju Garden Beach di pantai sebelah, tepatnya di Pantai Siung. Garden Beach adalah sebuah taman berupa jembatan kayu sepanjang 200 m yang mengitari tebing pantai dan dirancang secara apik bagi pecinta fotografi. Terdapat dua buah payung besar tepat di tepi tebing yang bisa dipakai bersantai sambil menikmati deburan ombak dari atas.

 

Garden Beach di Pantai Siung

 

Garden Beach ini menghubungkan Pantai Nglambor dengan Pantai Siung. Kalau dari Pantai Siung, Trippers perlu berjalan memutar dengan kendaraan sejauh 1,5 km. Sementara kalau dari Pantai Nglambor tinggal jalan kaki sekitar 100 m dari kantor BNS.

 

3. PANTAI NGRENEHAN

Pantai Ngrenehan berada di sebuah teluk dengan air yang berwarna biru dan sangat tenang sebab ombak terjinakkan oleh perbukitan yang mengapit pantai. Di tepian berjajar puluhan kapal nelayan yang tengah bersandar. Lokasinya di Desa Kanigoro Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul.

 

Sudut terbaik Pantai Ngrenehan

 

Untuk mendapat gambar terbaik, setelah parkir kendaraan kalian perlu menaiki perbukitan yang tak jauh dari pintu masuk pantai. Ikutilah jalan kecil sampai akhirnya tiba di bangunan semen permanen yang mirip tempat duduk berbentuk meliuk-liuk. Perlu waspada, mengingat sama sekali belum ada pengaman. Jalan setapak dihimpit antara perbukitan pada bagian kanan dan turunan yang sangat dalam pada bagian kiri.

 

Baca juga: “7 Spot Foto Kekinian di Yogyakarta

 

4. PANTAI NGOBARAN

Pantai yang berada di Desa Kanigoro Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul ini pasti mengingatkan Trippers pada pantai-pantai di Pulau Dewata. Pasalnya Pantai Ngobaran memiliki beberapa bangunan candi, patung dan arca tepat di atas tebing yang menghadap langsung ke arah lautan lepas. Ternyata Pantai Ngobaran merupakan puncak perjalanan panjang Kerajaan Majapahit.

 

Candi yang menghadap laut lepas di Pantai Ngobaran

 

Selain candi sebagai identitas Pantai Ngobaran, ada pula sebuah Pura Kejawen mirip pura di Uluwatu Bali. Sementara spot berupa kapal kayu dibangun dengan posisi menghadap lautan, sedangkan di sisi kanan dan kiri berlatar belakang tebing curam. Saat air sedang surut Trippers bisa menuruni tebing untuk merasakan sentuhan langsung air di tepian pantai.

 

Spot kapal kayu di Pantai Ngobaran

 

5. PANTAI NGULURAN

Meski tidak memiliki garis pantai, pantai yang berlokasi di Desa Giriharjo Kecamatan Panggang Kabupaten Gunungkidul ini jadi favorit karena ada spot fotogenik berupa teras kaca transparan di tebing setinggi 30 m. Luasnya 25 m2, ketebalan kacanya 13 mm. Konstruksi besinya kokoh, memenuhi standar keamanan. Demi keamanan juga, ada aturan yang wajib dipatuhi, seperti foto rombongan dibatasi antara 3-5 orang dan harus melepas alas kaki. Juga nggak boleh melompat.

 

Teras Kaca di Pantai Nguluran

 

Meski Teras Kaca adalah ikonnya Pantai Nguluran, namun masih ada beberapa spot lainnya seperti Glass Boat, Becak Terbang, Giant Chair, Jogja Swing dan Fly Glidding. Pantai Nguluran juga sering menjadi lokasi pre wedding.

 

Bagi yang ingin berfoto cantik di Teras Kaca, datangnya jangan terlalu sore, sebab antrean sangatlah panjang. Sesi foto pun dibatasi hanya 2 menit.

 

Baca juga: “100+ Destinasi Wisata Domestik yang Bisa Jadi Pilihan di Era Next Normal. Bagian 2: Yogyakarta & Jawa Tengah

 

CARA KE LOKASI

Setibanya di Bandara Adisucipto Yogyakarta sewalah mobil untuk menuju Kabupaten Gunungkidul, tepatnya ke lokasi menginap. Perjalanan sejauh 60 km membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Harga sewa kendaraan per hari berkisar Rp800.000 sudah termasuk bensin dan supir.

 

PENGINAPAN

Untuk memudahkan eksplorasi seluruh pantai, pilihlah penginapan Bamboo Lengkung Indrayanti yang berlokasi di Desa Tepus Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul. Letaknya +/-16 km dari Pantai Nglambor maupun Pantai Siung. Tarif per malamnya Rp500.000.

 

Baca juga: “Itinerary & Estimasi Biaya Eksplor Gunungkidul DIY 2 Hari

 

GAMBARAN ITINERARY

Hari 1: Tiba di Yogyakarta, menuju Gunungkidul, Pantai Nglambor, Pantai Siung, check in penginapan.

 

Hari 2: Check out, Pantai Ngrenehan, Pantai Ngobaran, Pantai Nguluran, kembali ke Yogyakarta.

 

 

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Arief Nurdiyansah & Clara Soca Atisomya
Comment