NTT CUMA PUNYA KOMODO? SALAH BESAR! INI 20 TEMPAT ISTIMEWA DI NTT (Bagian 1) 2021-02-02 00:00

Pulau Padar di TN Komodo, NTT

 

Ada oknum yang bilang tidak ada yang istimewa di NTT (Nusa Tenggara Timur), yang istimewa cuma komodo aja. Terang seterang-terangnya, yang ngomong begitu kurang jauh bahkan sama sekali nggak jauh mainnya di NTT. Atau bisa jadi yang bersangkutan nggak tahu NTT itu terdiri dari pulau apa saja. Selain Pulau Flores dengan Labuan Bajo dan TN Komodonya, ada juga Pulau Sumba, Pulau Timor, Pulau Lembata, Pulau Alor, Pulau Rote, Pulau Sabu, dan beberapa pulau lagi di Flores Timur. Yang istimewa selain komodo, buanyaaaak…. MyTrip mencoba memilih hanya 20 saja sebagai perwakilan, susah banget! Karena terlalu banyak yang istimewa di NTT.

 

Baca juga: “Yuk Kita Buka Peta NTT untuk Mengenalnya Lebih Dekat

 

1. PULAU PADAR

 

Berfoto cetar di puncak Pulau Padar sudah menjadi impian banyak orang yang belum berkesempatan datang ke pulau ketiga terbesar di TN Komodo ini. Pemandangan lekukan kaki-kaki pulau yang membentuk tiga teluk yang saling berpunggungan dan birunya air laut ini diabadikan di uang kertas pecahan 50 ribuan. Amazing view! Tak ada yang menyangkalnya. Meskipun untuk mencapai spot terbaiknya orang harus menaiki ratusan anak tangga, pasti dijabanin! Segala lelah terbayar lebih dari lunas.

 

Baca juga: “’Dendamku’ Pada Pulau Padar Terbalaskan Sudah

 

2. PULAU KOMODO & PINK BEACH-NYA

Ya, magnet utama wisatawan dari berbagai penjuru dunia datang ke TN Komodo pastinya binatang langka komodo yang hanya ada di NTT. Trippers bisa melihat kadal raksasa ini di Pulau Rinca dan Pulau Komodo, dua pulau terbesar di TN Komodo. Tak perlu trekking, cukup melihatnya di area terbuka di beberapa spot di dua pulau ini.

 

Komodo

 

Pulau Komodo juga punya spot lainnya yang tak boleh dilewatkan, Pink Beach. Istimewa bukan hanya pasir pinknya, tap juga pemandangan elok yang bisa dilihat dari bukit di sisi kiri dan kanannya, juga underwater-nya yang bisa dinikmati dengan snorkeling maupun diving.

 

Pink Beach

 

Baca juga: “4 Hal Menarik yang Bisa Dilakukan di Pink Beach Pulau Komodo

 

3. WAE REBO

 

Desa adat ini berada di ketinggian 1.221 mdpl, di Kabupaten Manggarai, Pulau Flores. Trekking yang cukup melelahkan untuk mencapainya bakal terbayar begitu Trippers melihat 7 rumah adat berbentuk kerucut raksasa membentuk formasi melingkar. Super keren! Malam penuh bintang di sini akan melengkapi pengalaman menginap di dalam salah satu rumah adat yang disebut Mbaru Niang.

 

4. DANAU KELIMUTU

 

Tak ada tempat lain di dunia yang memiliki danau seunik dan semencengangkan Danau Kelimutu di Kabupaten Ende, Pulau Flores. Bukan cuma unik dan langka karena ada tiga danau yang saling bermesraan, tapi juga karena warnanya berbeda-beda, dan sering berganti warna pula! Plus letaknya yang di atas Gunung Kelimutu (1.640 m) dengan hamparan lansekap yang menyihir. Apalagi kalau Trippers menikmatinya saat sunrise. Kurang istimewa apa coba?

 

Baca juga: “Panduan Cerdas Eksplor Taman Nasional Kelimutu

 

5. ILE BATUTARA

Mau melihat letusan gunung setiap 20 menit sekali dengan jarak hanya sekitar 20 m dan tetap aman? Datanglah ke Pulau Lembata yang berada di sebelah timur Pulau Flores, tepatnya ke Ile Batutara yang berada di tengah laut, di Pulau Komba, di Laut Flores sebelah utara Pulau Lembata. Setiap kali meletus dan memercikkan api, terjadi juga tsunami kecil. Istimewa banget ‘kan?

 

Percikan api Ile Batutara

 

Baca juga: "3 Gunung Api di Lembata. Bisa Main Bola di Puncaknya Lho!"

 

6. PULAU RUSA

 

Pulau Rusa hanyalah salah satu pulau yang mewakili begitu banyaknya pulau-pulau cantik di Kabupaten Alor. Perairannya super bening, pasirnya putih dan alam bawah laut di sekitarnya menjadi favorit para penyelam. Sesuai namanya, pulau ini dihuni banyak rusa. Letaknya di sebelah barat Pulau Pantar. Pulau Pantar sendiri berada di sebelah barat Pulau Alor. Pulau Alor merupakan pulau paling timur dari sederetan pulau-pulau yang masuk wilayah Provinsi NTT.

 

7. DANAU WEEKURI

Spot foto favorit di Danau Weekuri

 

Danau berwarna hijau turkois yang dikelilingi dinding batu karang dan berada persis di tebing laut ini membuat siapa pun betah berlama-lama. Lokasinya di Sumba Barat Daya, menjadi destinasi wajib bagi wisatawan yang ke Sumba. Danau ini punya banyak sekali sudut menarik yang bisa dieksplor, salah satunya ceruk rahasia. Dan danaunya juga aman direnangi.

 

Ceruk rahasia di Danau Weekuri

 

Baca juga: “7 Hal yang Bisa Dilakukan di Danau Weekuri Sumba, No.6 Jarang yang Tahu

 

8. RUMAH ADAT RATENGGARO

 

Ini dia kampung adat paling unik dan paling Instagrammable di Sumba. Selain karena bangunan rumahnya punya menara tinggi menjulang hingga 20-35 m, juga karena lokasinya yang di atas tebing laut dengan hamparan muara dan pantai serta laut lepas persis di hadapannya. Angle terbaik memotret keseluruhan Kampung Adat Ratenggaro adalah dari pantai di seberangnya ini, apalagi di sini ada kubur-kubur batu berupa menhir besar-besar. Semuanya membuat Ratenggaro sangat eksotis! Lokasinya di Sumba Barat Daya.

 

Baca juga: “Kampung Adat yang Paling Instagrammable di Sumba: Ratenggaro

 

9. AIR TERJUN TANGGEDU

Air Terjun Tanggedu

 

Cukup banyak air terjun di Sumba, dan sebenarnya semuanya istimewa, sulit untuk memilih salah satu. Tanggedu ini menjadi sangat istimewa karena aliran airnya panjang dan bercabang-cabang, membentuk ngarai-ngarai yang sangat cantik. Airnya berwarna hijau turkois, menambah cantik suasana. Perlu trekking untuk ke sini, tapi suguhan alam di sepanjang jalan juga bikin betah memandang.

 

Ngarai cantik di aliran Air Terjun Tanggedu

 

 

10. BUKIT WAIRINDING

 

Ada banyak sekali perbukitan eksotis di Pulau Sumba yang menjadi tempat favorit buat menanti sunset maupun sunrise. Yang paling cocok mewakili tentu Bukit Wairinding di Sumba Timur. Ciri khasnya adalah adanya dua sisi bukit yang bertemu dan di dasar pertemuannya itu teronggok barisan pepohonan yang menggerumbul. Posisinya yang cukup tinggi membuat Trippers bisa memandang hingga 360 derajat ke arah barisan perbukitan dengan nuansa khas Sumba. Kadang di rerumputan bukit juga berkeliaran kuda-kuda Sumba yang tentunya bisa menjadi tambahan objek foto.

 

Baca juga: “Percaya Deh, Sekali Tak Akan Cukup ke Bukit Wairinding di Sumba

 

(Bersambung)

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Agus Widodo, Hemawati NH, Mario Susilo, Mayawati NH, Patrys Joy, Shinta Djojonegoro, Shutterstock, Valentino Luis, Dok. MyTrip
Comment