15 FAKTA MENARIK ISTANBUL TURKI. NO. 6 MUNGKIN ADA YANG NGGAK PERCAYA 2020-11-11 18:30

Hagia Sophia, landmark Istanbul

 

Turki kembali naik daun di kalangan wisatawan Indonesia karena sejak Juni 2020 sudah membuka pintunya untuk turis internasional tanpa kecuali dan dengan syarat normal seperti sebelum pandemi. Tak perlu menunjukkan hasil tes PCR negatif dan tak diminta karantina. Tapi protokol kesehatan di area wisata diberlakukan dengan ketat. Visa elektronik untuk masuk Turki juga mudah dan cepat didapat. Penerbangan langsung dari Jakarta ke Turki juga ada dengan Turkish Airlines.

 

Kota utama sekaligus gerbang masuk ke Turki, yakni Istanbul, sudah meriah dilalu-lalangi turis mancanegara. Sebelum Trippers ke sana, mungkin mau tahu dulu fakta-fakta menarik tentang kota ini?

 

Baca juga: “Panduan Cerdas Eksplor Turki

 

1. Istanbul adalah satu-satunya kota di dunia yang menduduki dua benua: Asia dan Eropa.

2. Istanbul, walaupun pernah menjadi ibu kota dari banyak kesultanan/kekaisaran di zaman kuno, dari Romawi sampai Ottoman, tapi bukanlah ibu kota modern Turki. Ankara-lah ibu kotanya kini.

3. Istanbul, yang dulunya dikenal dengan nama Konstantinopel (diambil dari nama seorang Kaisar Romawi, Constantine the Great), dibangun di atas 7 bukit, menyesuaikan dengan 7 bukit di Roma.

4. Di bawah Kesultanan Ottoman, kota ini terkenal karena memiliki lebih dari 1.400 toilet umum.

5. Walaupun bukan ibu kota, Istanbul adalah kota terbesar di Turki dengan lebih dari 15 juta jiwa penduduk– 99%-nya adalah Muslim.

6. Bunga tulip, simbol negeri Belanda, asalnya justru dari Istanbul dan dulunya pernah dikirim dari Istanbul ke Belanda. Jadi, melihat tulip sesungguhnya lebih afdol di Istanbul lho

 

Baca juga: “7 Taman untuk Menikmati Festival Tulip di Turki Selama April

 

7. Grand Bazaar di Istanbul adalah bazaar (pasar indoor) terbesar di dunia dengan lebih dari 3.000 toko. Tak heran kalau para wisatawan yang shopping di sini bisa nyasar-nyasar.

8. Pengarang asal Inggris Agatha Christie menulis novel terkenalnya Murder on the Orient Express di Pera Palas Hotel di Istanbul.

9. Istanbul dikelilingi oleh laut, dengan Selat Bosphorus memotong di tengahnya dan membagi dua Istanbul: sisi Eropa dan sisi Asia. Walaupun dikelilingi laut, tapi Istanbul juga dijatuhi salju saat musim dingin, dengan ketebalan rata-rata per tahun sekitar 45 cm.

 

Baca juga: “Apa Saja yang Bisa Dinikmati di Taksim Square & Istiklal Street di Istanbul?

 

10. Galata Tower yang nama aslinya the Tower of Christ, dibangun tahun 1348 di puncak dinding benteng dan dulunya digunakan untuk memenjarakan tawanan perang, kemudian diubah menjadi observatorium, dan sekarang menjadi tempat bagi turis melihat pemandangan 360 derajat Kota Istanbul.

11. Istanbul pernah menjadi sumber inspirasi bagi pengarang seperti Paul Theroux dan Ernest Hemingway, juga pengarang Turki Orhan Pamuk dan Abdulhak Sinasi Hisar.

12. Novelis Prancis kenamaan Pierre Loti pernah tinggal lama dan jatuh cinta pada Istanbul. Namanya diabadikan menjadi nama sebuah bukit cantik di daerah Eyup di kota lama Istanbul.

Pierre Loti Hill

 

13. Istanbul pernah dikenal sebagai kota tersibuk di dunia tahun 1502.

14. Istanbul mempunyai subway tertua ketiga di dunia, dibangun tahun 1875. Panjangnya 573 m dan berlokasi di Distrik Beyoglu.

15. Istanbul pernah menjadi European Cultural Capital City tahun 2010, tapi tidak pernah menjadi tuan rumah Olimpiade.

 

 

Sumber: www.turkeytravelcentre.com Diterjemahkan & diedit: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Mayawati NH, Shutterstock
Comment
Skazins

stromectol sales cialis normal dose

2022-08-28