INILAH SALAH SATU DESTINASI TERBAIK DI SIKKIM: YUMTHANG VALLEY 2023-07-04 00:00

Pemandangan utama di Yumthang Valley

 

Sikkim bukan tak mungkin akan menjadi destinasi favorit baru bagi wisatawan dunia. Negara bagian di India yang berada di kaki Himalaya ini memiliki banyak sekali keindahan alam yang masih alami. Yumthang Valley hanya salah satunya. Lukisan alam di bentangan lembah yang diapit pegunugan bersalju dan dibelah sungai berair hijau akan melenakan siapa pun yang melihatnya. Yumthang Valley terletak di North Sikkim, Sikkim, India, di ketinggian 3.564 mdpl.

 

ANTARA LACHUNG DAN YUMESAMDONG ZERO POINT

Seperti telah diuraikan di artikel sebelumnya, Yumthang Valley akan dilewati dalam perjalanan dari Kota Lachung ke Yumesamdong Zero Point, titik terutara di Sikkim yang berbatasan dengan Tibet China. Jarak dari Lachung ke Yumthang 28 km, ditempuh berkendara sekitar 1 jam. Jalanan berliku-liku melewati ngarai dan tebing gunung. Di beberapa ruas jalan aspalnya rusak.

 

Jalanan berliku-liku melewati ngarai dan tebing

 

Di beberapa ruas jalan aspalnya rusak

 

Sementara untuk tiba di Lachung, Trippers harus berkendara dari Kota Gangtok, ibu kota Sikkim dan juga gerbang masuk ke Sikkim, menempuh jarak 120 km ke utara, dengan waktu tempuh berkendara 6-8 jam, termasuk istirahat, berhenti melihat pemandangan serta lapor di check point, dan makan. Total jarak dari Gangtok ke Yumthang Valley +/-148 km. Tapi sama dengan ke Yumesamdong, disarankan dari Gangtok tiba di Lachung menginap dulu. Baru esoknya perjalanan dilanjutkan ke Yumthang Valley.

 

Rute dari Gangtok ke Lachung ke Yumthang Valley

 

KARPET BUNGA SAAT MUSIM SEMI DI YUMTHANG VALLEY

Saat musim semi dan musim panas antara akhir Februari sampai pertengahan Juni Yumthang Valley dipenuhi aneka bunga bermekaran, bagai ada karpet warna-warni yang digelar di seluruh permukaan lembah. Ada bunga rhododendron, primulas, poppy, bunga iris, anggrek, dll. Makanya lembah ini mendapat julukan Sikkim Valley of Flowers.

 

Area Yumthang ini merupakan batas akhir vegetasi. Di atasnya lagi sudah tidak ada vegetasi. Ini membuat flora dan faunanya unik. Bird watching dimungkinkan di sini. Tentu harus ditemani pemandu yang berpengalaman.

 

MyTrip berkunjung ke Yumthang Valley pada Desember 2022. Tanpa kehadiran bunga. Namun kecantikan lembah ini tak terbantahkan. Deretan pegunungan salju Himalaya, padang pengembalaan nan luas dan sungai berair hijau mendominasi pemandangan. Anak Sungai Teesta mengalir membelah lembah hingga ke Kota Lachung. Memotret ke segala penjuru, yang ada hanyalah indah dan indah! Saat musim dingin langit memang lebih cerah, lebih biru.

 

Gunung, lembah, sungai. Inilah Yumthang Valley saat Desember, tanpa bunga

 

Eksplorlah lembah ini sampai ke ujung-ujungnya, sampai ke tepi sungainya. Trippers akan mendapati banyak sudut indah untuk berfoto, sekaligus untuk memanjakan mata.

 

Sudut indah untuk berfoto

 

Arah sebaliknya, lebih banyak deretan gunung salju

 

ATRAKSI LAINNYA

Terdapat hot spring di Yumthang Valley. Airnya yang mengandung belerang berkhasiat buat kesehatan dan tetap hangat di musim dingin sekalipun. Hanya saja saat puncak musim dingin dan salju sedang tebal-tebalnya, bisa jadi akses ke Yumthang Valley tertutup.

 

Terdapat juga Shingba Rhododendron Sanctuary di lembah ini yang memiliki lebih dari 24 spesies rhododendron, bunga lambang Sikkim.

 

Selain Lachung, juga ada Lachen, kota kecil cantik yang berada di sekitar Yumthang Valley, yang layak juga untuk dieksplor.

 

MAKANAN DAN PENGINAPAN

Jangan harap ketemu restoran yang standar pariwisata. Di dekat Yumthang hanya ada warung-warung makan sederhana yang sekalian menjual suvenir berupa kaus, jaket, kupluk. Menu yang tersedia hanya momo, telur, dan mie instan Maggi. Kurang lebih.

 

Warung makan sederhana di Yumthang Valley

 

Kalau ke Yumthang sebaiknya menginap di hotel di Kota Lachung saja. Karena nggak ada hotel layak turis di sekitar Yumthang. Paling hanya ada semacam forest rest house. Sementara kalau di Lachung ada beberapa pilihan hotel maupun resor.

 

INFO LAINNYA

Suhu udara di Yumthang Valley di musim apa pun dingin. Apalagi buat kita yang tinggal di negara tropis, tetap butuh jaket tebal maupun kupluk.

 

Butuh jaket dan kupluk di Yumthang Valley

 

Untuk berkunjung ke Yumthang dibutuhkan permit karena sudah mendekati area perbatasan dengan China. Tak perlu pusing mengurusnya karena travel agent lokal yang kita booking akan membereskannya untuk kita.

 

Berminat ikut trip ke Sikkim tanggal 14-23 September 2023? Hubungi WhatsApp 0811858736.

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Hemawati NH, Mayawati NH
Comment