INI NIH SUDUT-SUDUT CANTIK DI PANTAI OESELI PULAU ROTE NTT 2023-09-02 23:55

Pohon Titi Kamal, ikon Pantai Oeseli di Pulau Rote

 

Pantai Oeseli boleh jadi kalah pamor dari Pantai Bo’a apalagi Pantai Nemberala yang sama-sama berada di pesisir barat daya Pulau Rote di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Tapi jangan lewatkan pantai berair hijau toska yang sangat tenang ini kalau Trippers dolan-dolan ke Pulau Rote ya! Banyak sekali sudut cantiknya untuk berfoto asal nggak takut panas.

 

Baca juga: "Panduan Lengkap & Terkini Menyusuri Mulut Seribu di Pulau Rote NTT"

 

Begitu tiba di Pantai Oeseli, mungkin yang Trippers lihat hanyalah pantai luas terbuka, panas dan gersang. Areanya berupa tanjung pasir memanjang yang diapit pantai di kiri dan kanannya dengan sedikit pohon kelapa di beberapa tempat. Pantainya berpasir putih tapi tidak halus, banyak pecahan karang.

 

Pantai luas, panas dan gersang, sisi kiri

 

Ini pantai di sisi kanan

 

Begini area Pantai Oeseli

 

Rombongan MyTrip yang berkunjung Juni 2023 lalu mampir dulu ke halaman depan Homestay Mama Mia --tampaknya satu-satunya di pantai ini. Ada gazebo, hammock, dan tentu tujuan kami toilet dulu, yang berada di salah satu kamar homestay.

 

Salah satu kamar di Homestay Mama Mia

 

Bersantai di hammock

 

Barulah kemudian kami mencoba mengeksplor, berjalan ke arah samping homestay. Pantai sisi kanan dari tanjungnya. Di situ terdapat gapura dari batang kelapa bertuliskan “Welcome to Oeseli Beach, KBN-Lanal Pulau Rote”. Di belakangnya tampak pantai landai dengan satu batu karang besar dan beberapa perahu kecil.

 

“Welcome to Oeseli Beach, KBN-Lanal Pulau Rote”

 

Bergerak maju, tak jauh, terlihat batu karang besar lainnya. Pantai sedang surut, jadi kami bisa mendekatinya. Di atas batu karang itu ada pepohonan yang cukup rindang. Ke situlah kami bermain cukup lama, mengeksplor sudut-sudut cantiknya buat berfoto.

 

Bergerak maju, tak jauh, terlihat batu karang besar lainnya

 

Batu karang dan pohon rindang di atasnya

 

Berfoto dulu di depan batu karang ini

 

Awalnya kami menaiki batu karangnya, cukup mudah dan aman, ada batu-batu karang yang bisa dipijak. Berfoto di atas salah satu batu karang, dengan latar pantai dan batu karang satunya lagi.

 

Berfoto di atas salah satu batu karang

 

Bergeser sedikit, tapi masih di atas batu karang ini, kami berfoto dengan memanfaatkan cahaya matahari yang menyeruak di antara ranting-ranting pohon.

 

Di antara ranting-ranting pohon

 

Dari atas batu karang ini kami juga bisa memandang luas hingga ke arah pantai sisi satunya lagi.

 

Sisi pantai lainnya

 

Karena air surut, kami bisa berjalan mengelilingi batu karang ini. Nah di sinilah banyak sudut cantik untuk berfoto, apalagi jika diambil dengan low angle. Hasil foto-fotonya seperti di bawah ini.

 

Sudut cantik Pantai Oeseli

 

Sudut cantik Pantai Oeseli

 

Sudut cantik Pantai Oeseli

 

Sudut cantik Pantai Oeseli

 

Tapi tentu, jangan berpuas hati hanya bermain di pantai sisi kanan ini. Karena ikon baru Pantai Oeseli justru berada di pantai sebelah kiri. Ada Pohon Titi Kamal! Begitu penjelasan Stivan Mooy, pemandu yang kami temui di Homestay Mama Mia. Sudah bisa diduga, dinamai Pohon Titi Kamal karena selebriti cantik ini pernah berfoto di pohon itu dan mempostingnya di media sosial, kemudian menjadi viral. Jadi semua orang yang ke Pantai Oeseli tak mau ketinggalan, berfoto juga di situ. Memang cantik! Pohon bakaunya cuma sendirian, berdiri persis di bibir pantai, batangnya melengkung ke arah pantai, dan bagusnya, bisa dinaiki. Latar belakangnya pantai berair hijau toska nan tenang dan lekukan pasir pantai. Apalagi kalau langitnya biru cerah dan dihiasi awan berarak, cakep poll deh! Nggak usah Titi Kamal, siapa pun berfoto di sini pasti cantik hasilnya.

 

Berpose di Pohon Titi Kamal, ikon Pantai Oeseli

 

Siapa pun berfoto di sini, cantik!

 

BAGAIMANA CARA KE PANTAI OESELI?

Pantai Oeseli terletak di Desa Oeseli Kecamatan Rote Barat Daya Kabupaten Rote Ndao Provinsi NTT. Dari Kota Ba’a, ibu kota sekaligus gerbang masuk ke Pulau Rote, Pantai Oeseli dapat dicapai dengan naik mobil selama 1 jam 15 menit, menempuh jarak +/-33 km. Kondisi jalanannya sebagian besar aspal mulus, hanya ada beberapa ruas jalan rusak beberapa kilometer menjelang lokasinya.

 

Letak Pantai Oeseli di Pulau Rote

 

Cara ke Kota Ba’a di Rote bisa dibaca di artikel sebelumnya di sini.

 

ADA FASILITAS TURISKAH DI PANTAI OESELI?

Duluuu, memang di Pantai Oeseli tidak ada fasilitas apa pun. Tapi sekarang ada Homestay Mama Mia yang menyediakan penginapan, gazebo dan tentu toilet maupun kamar bilas berbayar. Mereka juga menawarkan paket perjalanan ke Telaga Nirwana dan juga Pulau Ndana, pulau terluar selatan Indonesia yang tak berpenghuni. Sayang kalau restoran atau warung makannya belum ada atau belum memadai. Jadi sebaiknya Trippers membawa bekal makan siang yang dibeli dari Kota Ba’a kalau ke Pantai Oeseli. Kalau pesan kelapa muda aja sih bisa di sini.

 

Dari Pantai Oeseli bisa ke Telaga Nirwana dan Pulau Ndana

 

Di Pantai Oeseli, di kawasan perkampungannya terdapat Satgas Marinir Pulau Terluar Camp Oeseli. Perkampungan ini dinamakan Kampung Merah Putih karena pohon-pohon kelapanya dan mayoritas rumah-rumahnya dicat merah-putih. Kalau ada waktu bisa melihat-lihat ke sini.

 

Satgas Marinir Pulau Terluar Camp Oeseli

 

Kampung Merah Putih

 

Tentang Telaga Nirwana akan dibahas di artikel selanjutnya.

 

Berminat mengunjungi Pulau Rote? Hubungi MyTrip di 0811821006.

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Hq Irenius “Nuno”, Mayawati NH, Stivan Mooy
Comment