MARI MENGENAL NATUNA LEWAT PANTAI BATU KASAH 2020-02-21 00:00

Batu-batu granit raksasanya bisa dijadikan tempat foto-foto

 

Inilah saatnya ke Natuna. Inilah saatnya Trippers mengenal Natuna secara langsung, tak hanya mengetahuinya dari berita-berita. Kabupaten Natuna yang masuk dalam wilayah Provinsi Kepulauan Riau dan merupakan salah satu pulau terluar Indonesia ini memiliki begitu banyak objek wisata yang breathtaking! Bukan hanya Alif Stone Park yang paling populer memang, tapi ada juga nih yang namanya Pantai Batu Kasah. Batu-batu granit raksasa yang permukaannya bertekstur terhampar di tepi pantai. Formasinya bikin kita ingin berhenti di tiap sudutnya untuk berpose. O ya, pantai ini termasuk Geosite Geopark Nasional. 

 

Formasi batu-batu granit raksasa di Pantai Batu Kasah

 

Berada di Desa Cemaga Tengah Kecamatan Bunguran Selatan, Pantai Batu Kasah yang disebut juga Pantai Cemaga mudah dijangkau dari pusat Kota Ranai, ibu kota Kabupaten Natuna, sekitar 30 menit berkendara ke arah selatan. Begitu tiba kita akan disambut deretan nyiur melambai di hamparan tanah rumput yang menjadi tempat dibangunnya beberapa gazebo untuk pengunjung bersantai.

 

Deretan pohon kelapa menyambut para pengunjung

 

Berfoto di bawah pohon kelapa kembar

 

Sampai di sini mungkin Trippers akan berpikir pantainya memang bagus, tapi nggak istimewa. Ombaknya tenang, cocok untuk berenang. Tak jauh dari bibir pantai tertebar beberapa batu granit yang cukup besar. Dan di bagian kiri teronggok sekelompok batu, nggak terlalu banyak, dan nggak terlalu besar. Mana batu-batu raksasanya?

 

Ini pemandangan di bagian kiri yang terlihat lebih dulu saat kita masuk ke area pantai

 

Coba lepaskan pandangan ke arah kanan jauh, dan berjalanlah ke sana. Di pojokan kanan itulah letaknya angle-angle terbaik karena di sini berserakan batu-batu granit raksasa dalam berbagai rupa dan formasi. Ada lempengan batu besaaaar nan rata yang seolah menjadi lantai di tepi pantai. Ada beberapa batu raksasa yang berjejer-jejer maupun bertumpuk-tumpuk. Air laut di sekitarnya hijau toska, membuatnya tambah bagus difoto.

 

Batu besar nan rata yang menjadi lantai pantai. Dan kita bisa menaiki kelompok batu-batu raksasa di sebelah kanan itu

 

LIhat ya... Batunya buesaaaarrrr banget!

 

Kita bisa menaiki batu-batu raksasa itu, tapi dibutuhkan kehati-hatian karena beberapa bagian ada yang cukup licin. Dan kadang ada lubang atau celah lebar antarbatu. Kalau susah naiknya atau nggak yakin melompat dari satu batu ke batu lainnya, minta bantuan teman yang lebih lincah dan lebih kuat.

 

Berpose dramatis

 

Berpose santai

 

Atau berpose yang menunjukkan besarnya batu

 

Kalau mau puas foto-foto di atas batu-batu granit raksasanya tanpa bocor seperti rombongan MyTrip, datang jangan saat akhir pekan. Karena saat akhir pekan Pantai Batu Kasah ramai dikunjungi warga lokal. Cukup favorit memang pantai ini.

 

Sebagian besar rombongan MyTrip yang ke Natuna Juli 2019

 

O ya Batu Kasah mengambil namanya “kasah” atau “asahan” karena awalnya batu-batu granit di sini memang untuk mengasah parang.

 

Fasilitas pendukung di pantai ini cukup lengkap. Selain gazebo-gazebo, juga ada mushola, toilet, kamar bilas, tempat parkir yang luas, warung makan, dan gedung informasi. Tiket masuk Rp2.000 per orang. Tertarik datang ke Pantai Batu Kasah di Natuna?

 

Baca juga: "Serunya Berpose-Pose Ala Model di Tanjung Datuk Natuna"

 

Yuk, siapa mau ikut Just Pack & Go To Natuna tanggal 8-11 April 2020. Hubungi Maya di WhatsApp 0811821006.

 

Teks: Mayawati NH Foto: Aries Kristiono, Hendra Yuwono, Jetty Mardona, Mayawati NH
Comment