PANDUAN KELILING BERLIN DENGAN BUS DAN KERETA 2017-01-11 00:00

 

Apa menariknya Berlin dan ada obyek apa saja yang membuat orang berkunjung ke Berlin sudah dibahas di artikel “12 Alasan ke Berlin”. Nah selanjutnya Trippers pasti ingin tahu bagaimana cara pergi ke obyek-obyek wisata di Berlin, Jerman. Kalau begitu, yuk lanjut baca...

 

CARA KE BERLIN DARI JAKARTA

Sebelum membahas bagaimana keliling Berlin, tentu ada baiknya kita tahu bagaimana menuju Berlin dari Jakarta. Ada beberapa pilihan maskapai di antaranya Emirates Airlines (transit di Dubai), Etihad Airways (transit di Abu Dhabi), dan KLM (transit di Amsterdam atau Paris). Harga tiket PP: USD 1.100-1.400 saat low season (April-Mei). Sedangkan untuk high season mulai USD 1.600. Lama penerbangan termasuk transit rata-rata 20-25 jam.

 

CARA KE BERLIN DARI KOTA LAIN DI EROPA

Berlin dapat dicapai dari banyak kota di Eropa dengan pesawat maupun kereta, di antaranya dari Amsterdam di Belanda, Paris di Prancis, Cologne di Jerman. Durasi penerbangan 1-1,5 jam. Sedangkan durasi perjalanan dengan kereta 4-8 jam.

 

Yang penting diketahui, ongkos naik pesawat dan kereta kurang lebih sama bahkan kereta bahkan lebih mahal. Biasanya turis memilih naik kereta karena ingin melihat pemandangan. Tapi demi alasan efisiensi waktu dan uang, ya pilih pesawat aja lah ya.

 

BANDARA DI BERLIN ADA DUA

- Berlin Tegel Airport (TXL), +/-8 km ke barat laut dari pusat kota Berlin.  

 

 

- Schönefeld Airport (SXF), +/-18 km ke tenggara dari pusat kota Berlin.             

 

 

Maskapai dari Jakarta dan luar Jerman lainnya mayoritas mendarat di TXL. Sedangkan di SXF banyak terdapat maskapai carter dan maskapai lokal Jerman.

 

TRANSPORTASI DARI BANDARA TEGEL (TXL) KE PUSAT KOTA

·         Airport Bus

Tarif rata-rata Airport Bus EUR 2,40 sekali jalan. Rute Airport Bus di Berlin:

  • TXL Jet Express Bus

Rute: S-Bahn+U-Bahn Alexanderplatz–S-Bahn+U-Bahn Brandenburger Tor– S-Bahn+U-Bahn     Hauptbahnhof– S-Bahn Beusselstraße–Flughafen Tegel

- X9 Jet Express Bus

Rute: S-Bahn+U-Bahn Zoologischer Garten– S-Bahn+U-Bahn Jungfernheide– Flughafen Tegel

- Bus nomor 128

Rute: U-Bahn Osloer Straße– U-Bahn Franz Neumann Platz– U-Bahn Kurt-Schumacher Platz – Flughafen Tegel

- Bus nomor 109

Rute: S-Bahn+U-Bahn Zoologischer Garten – S-Bahn+U-Bahn Jungfernheide – U-Bahn Jakob-Kaiser Platz–Flughafen Tegel

 

·         Taksi

Biaya taksi dari bandara Tegel  ke tengah kota EUR 30-40, tergantung jarak.

 

TRANSPORTASI DARI BANDARA SCHONEFELD (SXF) KE PUSAT KOTA

  • S-Bahn lines nomor S45 and S9
  • Bus: 160, 163 dan 171

 

TRANSPORTASI DALAM KOTA

 

 

·         S-Bahn yaitu kereta dengan rel di atas tanah. Beberapa berhenti di pinggiran kota. Terdiri dari 15 lines dan berhenti di 166 stasiun. Harga tiket sekali jalan +/-EUR 2,6. Jam operasional: 06.00- 23.00.

·         U-Bahn yaitu kereta dengan rel di bawah tanah seperti subway. Terdiri dari 10 lines dan berhenti di 170 stasiun. Harga tiket sekali jalan +/-EUR 2,6. Jam operasional: 06.00-23.00. Tapi saat wiken 24 jam.

·         Bus umum. Ada sekitar 1.400 bus yang dioperasikan BVG Bus Berlin. Jadwal dan rute bisa dicek di www.bvg.de versi Bahasa Inggris. Harga tiket sekali jalan EUR 2,6.

·         Taksi di Berlin cukup mahal. Untuk argo pertama sebelum jalan dikenai EUR 3,2.  Setiap km-nya EUR 1,65. Untuk jarak dekat +/-2 km dikenai EUR 4. Beroperasi 24 jam.

·         Sepeda merupakan salah satu moda transportasi umum di Berlin. Bisa disewa dengan tarif EUR 10 untuk 24 jam. Syarat dan prosedur bisa dilihat di website www.berlinonbike.de dalam versi bahasa Inggris.

 

TIPS MURAH 

Agar ongkos transportasi lebih murah disarankan beli Berlin Welcome Card di Berlin Tourist Info yang ada di Stasiun Kereta Hauptbahnhof, Bandara Tegel dan Schonefeld, Berlin TV Tower, Brandenburg Gate, Kurfurstendam. Harga untuk 2 hari EUR 18,5; 3 hari 25,5 dan 5 hari 32,5.

 

BUS HOP ON HOP OFF

 

 

City tour bus dengan sistem hop on hop off ada juga di Berlin layaknya di kota-kota besar di Eropa. Harga tiket mulai EUR 21, berlaku 24 jam. Jam operasional: 09.00-17.00. Terbagi atas 2 rute yakni rute A dan B.

 

Rute A:

1. Kurfürstendamm 14

2. KaDeWe

3. Potsdamer Platz

4. Martin-Gropius-Bau (Mauerreste)

5. Checkpoint Charlie

6. Gendarmenmarkt

7. Mühlendamm

8. Alexanderplatz

9. Rotes Rathaus/Neptunbrunnen

10. Lustgarten/Musemsinsel/Altes Museum

11. Brandenburger Tor

12. Hauptbahnhof (Washingtonplatz)

13. Siegessäule (Großer Stern)

 

Rute B:

1. Rotes Rathaus/Neptunbrunnen

2. Oranienburger Straße/Krausnickstraße

3. Hbf (Washingtonplatz/Friedrich-List ufer)

4. Mauergedenkstätte (Gartenstaße)

5. Bunker (ggü./opp. Unterwelten)

6. Mauerpark

7. Schönhauser Allee/Schwedter Straße

8. Karl-Marx-Allee (Computerspielmusem)

9. East Side Gallery

10. Ostbahnhof (vor dem Haupteingang)

11. Alexanderplatz

 

 

BERLIN HAUPTBAHNHOF

Berlin Hauptbahnhof atau Berlin Central Station merupakan stasiun kereta antarkota di Berlin. Bila kita ingin pergi ke kota-kota di Jerman maupun negara-negara Eropa lainnya bisa melalui stasiun ini. Letaknya di tengah kota, yaitu di Mitte. Untuk ke Berlin Hauptbahnhof bisa dengan taksi, S-Bahn dari Alexanderplatz atau Zoo Station dan bus umum nomor 147 dari Mitte.

 

Catatan: Semua harga dan rute bisa berubah sewaktu-waktu.

 

Teks: Lisa Merinda Foto: Shutterstock, Istimewa
Comment
Clarkcheal

does chloroquine work chloroquine hydrochloride causes of erectile dysfunction is erectile dysfunction secondary to ptsd hcqs 200 tendances du coronavirus - france erectile shots cure for covid 19 erectafil 20 mg tadalafil online zpak price order zithromax online

2021-01-27