PANDUAN CERDAS EKSPLOR TAMAN NASIONAL KARIMUNJAWA 2019-09-20 16:00

Underwater Pulau Cemara

 

Taman Nasional Karimunjawa di Jawa Tengah memiliki kekayaan terumbu karang yang begitu indah. Inilah harta karun bawah laut yang sebenarnya. Kekayaan ini harus dijaga kelestariannya, perlu penanganan secara kolaboratif agar perkembangan pariwisata Karimunjawa tidak bersilangan dengan upaya konservasi alamnya.

 

Di TN Karimunjawa yang total luasnya 110.117,30 ha terdapat sekitar 27 pulau yang masing-masing mempunyai pesona tersendiri. Pulau-pulau yang menarik untuk dikunjungi yaitu Pulau Karimunjawa, Kemujan, Nyamuk, Parang, Menjangan, Cemara, Sintok, Cilik/Kecil, Kembar, Kumbang, Menyawakan, Bengkoang, Krakal, Gundul, Burung. Dari sekian banyak pulau, yang berpenduduk yaitu Pulau Karimunjawa, Nyamuk, Genting, Parang dan Kemujan.

 

TN Karimunjawa berada di Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kota gerbang masuknya: Semarang atau Jepara.

 

CARA KE KARIMUNJAWA

- Dari Jakarta naik pesawat ke Semarang (Bandara Ahmad Yani), lalu alternatif tercepatnya naik pesawat lagi ke Bandara Dewadaru di Pulau Kemujan.

- Atau, begitu sampai bandara di Semarang, naik mobil ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Dari situ naik kapal ferry cepat Bahari Express ke Karimunjawa.

- Alternatif lain, dari Semarang naik mobil ke Pelabuhan Kartini Jepara. Dari situ naik kapal ferry cepat ke Pulau Karimunjawa.

Catatan

- Jam keberangkatan kapal sewaktu-waktu bisa berubah menyesuaikan cuaca. Selalulah konfirmasi ulang dan update info dari pelabuhan. 

- Letak Pulau Karimunjawa dan Pulau Kemujan berdampingan. Wisatawan yang menggunakan pesawat akan mendarat di Pulau Kemujan, sedangkan yang menggunakan kapal bersandar di Pulau Karimunjawa.

 

Baca juga: "Panduan Cerdas Eksplor Taman Nasional Bunaken"

 

CARA MENGEKSPLORNYA

Karena areanya berupa pulau-pulau, jadi mengeksplornya dengan kapal. Kapal bisa disewa untuk rombongan sendiri, bisa juga Anda menerima tawaran trip organizer yang ada di Karimunjawa untuk mengikuti paket trip mereka.

 

WAKTU KUNJUNGAN TERBAIK

April, Mei, Juni, Agustus, Oktober saat ombak bersahabat. Sementara Juli dan September untung-untungan, tergantung kondisi laut. Arus dan angin di Laut Jawa cenderung kuat saat musim tertentu (angin tenggara). Dan perlu diketahui saat musim ombak sangat tinggi kapal ferry cepat tidak beroperasi.

 

DURASI IDEAL

Total 4 hari 3 malam.

 

KEGIATANNYA

- Berenang atau Snorkeling

Snorkeling di Pulau Menjangan Besar, Menjangan Kecil, Gosong Tengah, Cilik, Cemara Kecil, Cemara Besar, Gosong Cemara, Parang dan Pulau Nyamuk.

 

- Berenang Bersama Gerombolan Ikan Hiu

Lokasinya sangat dekat Pulau Karimunjawa. Mungkin Anda pikir berenang bersama hiu ngeri, namun kenyataannya, bisa sambil selfie kok.

 

- Menyelam

Bisa dilakukan di Pulau Menjangan Kecil, Cemara Besar, dan Pulau Tengah.

 

- Mengamati Satwa dan Tumbuhan

Di Pulau Kemujan ada jalan papan sepanjang 1.500 m untuk susur bakau. Sedangkan untuk bird watching bisa dilakukan di pesisir Karimunjawa yang menjadi tempat singgah burung-burung migran dari kawasan utara.

 

- Berkemah Sambil Jelajah Hutan

Jalur jelajah membentang di Bukit Bendera, Bukit Tengkorak, Bukit Maming, dan jalur darat bakau di Terusan. Perkemahan Legon Lele merupakan tempat yang tepat untuk mendirikan tenda. 

 

- Trekking

Trekking di Pulau Geleang mengamati elang laut.

 

- Ke Bukit Cinta/Love

Melihat pemandangan dari puncak bukit di Pulau Karimunjawa.

 

- Menikmati indahnya matahari tenggelam di Tanjung Gelam.

 

PENGINAPAN

Di Pulau Kemujan dan Karimunjawa ada banyak sekali pilihan penginapan, ada yang di tepi pantai, di atas bukit, di tengah permukiman warga. Baik homestay maupun resor ada di Pulau Karimunjaya.

 

Kura-Kura Resort, fasilitas di resor ini terbilang paling lengkap di Kepulauan Karimunjawa, berupa private island dengan harga inap premium.

 

Hal-hal yang perlu diperhatikan:

- Listrik di Kepulauan Karimunjawa terbatas, hanya hidup pada pukul 18.00–06.00, bahkan bisa kurang dari itu jika musim ombak besar karena kurangnya pasokan bahan bakar. Pastikan membawa power bank. Tapi mudah-mudahan kondisi ini sudah berubah.

- Pertumbuhan terumbu karang rata-rata hanya 0,5–1 cm per-tahun, jadi saat berenang/snorkeling harus menjaga agar tidak merusak atau mematahkannya. Pastikan memilih kapal dan trip organizer yang mengutamakan safety dan eco-friendly, dengan memiliki fasilitas pelampung atau fins (kaki katak) untuk digunakan saat berenang guna menjaga keseimbangan tubuh saat menikmati keindahan bawah laut.

 

Teks & Foto: Lolo Asinamura
Comment