PANDUAN CERDAS EKSPLOR TAMAN NASIONAL GUNUNG MERAPI 2020-07-23 12:40

 

Gunung Merapi tersohor sangat aktif dan merupakan salah satu dari 16 gunung api teraktif di dunia. Meskipun beberapa kali erupsi dan menelan korban jiwa, gunung yang tingginya 2.978 mdpl ini tetap menjadi favorit para pendaki. Aktivitasnya membuat Taman Nasional Gunung Merapi yang berada di Jawa Tengah dan Yogyakarta ini memiliki ekosistem hutan tropis dengan nuansa vulkanik.

 

Wilayah Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) seluas 6.410 ha ini berada pada ketinggian 600-2.978 mdpl. Topografi kawasan mulai dari landai hingga berbukit dan bergunung-gunung. Di sebelah utara terdapat dataran tinggi yang menyempit di antara dua buah gunung, yakni Gunung Merapi dan Gunung Merbabu di sekitar Kecamatan Selo, Boyolali.

 

 

Di bagian selatan, lereng Merapi terus turun dan melandai hingga ke pantai selatan di tepi Samudera Hindia, melintasi wilayah Kota Yogyakarta. Pada sebelum kaki gunung terdapat dua bukit yaitu Bukit Turgo dan Bukit Plawangan yang merupakan bagian kawasan wisata Kaliurang.

 

Baca juga: "100+ Destinasi Wisata Domestik yang Bisa Jadi Pilihan di Era Next Normal. Bagian 2: Yogyakarta & Jawa Tengah"

 

Berdasarkan klasifikasi hutan, TNGM tergolong ke dalam hutan tropis pegunungan, di mana menjadi habitat hidup elang Jawa dan macan tutul. Sedangkan untuk jenis tanaman yang menjadi ciri khas kawasan ini adalah jenis anggrek dan saninten atau biasa dikenal dengan rambutan hutan. 

 

TNGM secara geografis terletak di antara 2 provinsi yaitu Jawa Tengah (5.126,01 ha) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (1.283 ha). Kawasannya terbagi ke dalam 4 kabupaten yakni Magelang, Boyolali dan Klaten di Jawa Tengah, serta Sleman di Yogyakarta. Kota gerbang masuknya: Yogyakarta. Jadi walaupun area TNGM lebih banyak berada di Jawa Tengah tetapi kalau masuk dari Semarang (ibu kota Jawa Tengah) terlalu jauh.

 

 

CARA KE TN GUNUNG MERAPI

Dari Jakarta atau kota besar lain ambil penerbangan dengan tujuan Bandara Internasional Adisucipto Yogyakarta. Atau gunakan jalur transportasi massal yang lebih murah yakni kereta api dengan tujuan Stasiun Tugu yang berada di pusat Kota Yogyakarta.

 

Gerbang masuk ke TNGM berada di daerah Kaliurang (Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman, Yogyakarta). Kaliurang adalah sebuah daerah dengan dataran tinggi sehingga udaranya sejuk di pagi hari, bahkan di musim tertentu bisa menjadi dingin.

 

WAKTU KUNJUNGAN TERBAIK

Suasana indah TNGM terutama panorama sunrise-nya lebih nikmat dijelajahi di musim kemarau yakni Mei hingga September. Untuk pendakian gunung ditutup pada Desember-Januari.

 

Baca juga: "Beberapa Fakta tentang Gunung Merapi yang Perlu Kita Tahu"

 

KEGIATANNYA

Sejak dibuka dan dijadikan taman nasional tahun 2004, aktivitas pariwisata di daerah ini meningkat drastis dan bahkan menjadi destinasi wisata buat keluarga. Tak luput sajian-sajian kuliner khas Yogyakarta seperti gudeg dan juga menu vegetarian ala Jejamuran Resto.

 

Lava Tour Merapi juga menjadi pilihan wisata yang ditawarkan bagi para pengunjung yang penasaran dengan penampakan Kaliadem setelah erupsi Merapi pada 2006 dan 2010. Untuk mengikuti Lava Tour Merapi Trippers tidak perlu khawatir perjalanan akan membosankan karena ada hal yang menyenangkan yang bisa dilakukan di antaranya, seseruan menaiki jeep dan singgah di Museum Mini Sisa Hartaku, Bunker Kaliadem yang menjadi perlindungan dari erupsi Merapi, dan melihat sunrise. Material berupa pasir dan batuan panas sempat menimbun bunker setebal 3 meter dengan panas sekitar 1.000 derajat Celcius saat erupsi 2010.

 

 

Trippers dapat melakukan trekking dengan rute Kinahrejo–Tlogo Muncar. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan pemandangan hutan tropika yang sarat dengan nuansa gunung api.

 

Untuk menikmati pemandangan Gunung Merapi dengan utuh dan indah, Trippers dapat mengunjungi Gardu Pandang Kaliurang. Udara di sini cukup dingin sekitar 19 hingga 25 derajat Celcius.

 

Trippers dapat mempelajari sejarah Gunung Merapi dengan mengunjungi Museum Gunungapi Merapi yang berada di Jalan Boyong Dusun Banteng Desa Hargobinangun Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman, DIY atau sekitar 5 km dari objek wisata Kaliurang.

 

 

TIKET MASUK

Untuk dapat menikmati keindahan Gunung Merapi Trippers cukup merogoh kocek senilai Rp5.000 per orang (wisatawan lokal) dan Rp150.000 (wisatawan mancanegara), serta parkir mobil Rp10.000 dan motor Rp5.000.

 

PENGINAPANNYA

Di sekitar Kaliurang banyak terdapat hotel yang menyuguhkan keindahan alam TNGM seperti Dusun Jogja Village In, Greenhost Boutique Hotel Prawirotaman atau Abhayagiri–SWH Resort. Tak luput juga hotel-hotel dengan gaya modern seperti The Atrium Hotel & Resort Yogyakarta, Hotel Neo Malioboro & Gallery Prawirotaman Hotel.

 

 

Teks & Foto: Daniel Tjongari
Comment