PANDUAN CERDAS EKSPLOR BLITAR & ITINERARYNYA 2020-04-25 00:00

Pantai Peh Pulo terlihat dari puncak bukit, seperti Raja Ampat

 

Blitar di Jawa Timur terkenal akan wisata sejarahnya. Sebut saja Candi Penataran, Candi Sumbernanas, Candi Kalicilik, Petilasan Ken Arok, Pasanggrahan Djojodigdan, makam Anusapati, makam Adipati Aryo hingga makam sang proklamator Bung Karno. Tapi sebenarnya Blitar masih menyimpan deretan wisata lain, di antaranya perkebunan, pantai, penangkaran hewan, air terjun, kuliner tradisional dan pusat oleh-oleh.

 

DI MANA BLITAR?

Blitar baik kota maupun kabupatennya terletak di bagian selatan Provinsi Jawa Timur. Berbatasan dengan Kabupaten Kediri dan Kabupaten Malang di sebelah utara, Kabupaten Malang di timur, Samudera Hindia di selatan dan Kabupaten Tulungagung serta Kabupaten Kediri di barat. Letaknya di kaki Gunung Kelud dengan ketinggian 156 mdpl sehingga suhu udaranya sejuk, antara 24°-34° Celsius.

 

Baca juga: "Wow... Ada Kampung Kumuh Disulap Menjadi Nirwana di Blitar"

 

BAGAIMANA MENUJU BLITAR?

Dari Jakarta, Blitar lebih efisien dijangkau menggunakan kereta api. Beberapa pilihannya adalah KA Singasari kelas ekonomi dan eksekutif, KA Matarmaja kelas ekonomi, KA Brantas kelas ekonomi, KA Gajayana kelas eksekutif, serta KA Majapahit kelas ekonomi dan eksekutif. Harga tiket PP Rp168.000-1.040.000. Lama perjalanan sekitar 14 jam.

 

Setibanya di stasiun kereta api Blitar sewalah motor atau mobil untuk mengeksplornya. Jasa rental yang direkomendasikan adalah Pendiks Rental (HP 081555936636). Harga sewa mobil termasuk supir dan BBM berkisar Rp450.000-500.000 per 12-18 jam. Sementara sewa sepeda motor Rp100.000 per 24 jam sudah termasuk 2 helm, 2 jas hujan tapi belum termasuk BBM.

 

OBJEK-OBJEK WISATANYA:

RAMBUT MONTE

Rambut Monte sekilas mirip Kaminoko Pond di Hokkaido Jepang. Cagar alam berupa telaga ini terkenal kejernihan airnya sekaligus menjadi habitat ikan purba, yakni ikan sengkaring yang bentuknya mirip hiu. Airnya berasal dari air tanah yang muncul secara alami, makanya jernih banget. Suasananya sejuk karena banyak pohon. Telaga ini masih dikeramatkan, tidak boleh berenang maupun memancing di sini. Untuk menikmatinya telah disediakan gardu pandang bertingkat.

 

 

Lokasi: Desa Krisik Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar

Tiket: Rp3.000

                                   

KEBUN TEH SIRAH KENCONG

Berada pada ketinggian 1.179 mdpl, tepatnya di sebelah barat daya lereng Gunung Kawi. Suasananya begitu menyegarkan, berlatar belakang pegunungan dengan hamparan hijau kebun teh seluas 219,15 ha. Disediakan anak tangga sebagai akses untuk menyusuri kebun maupun sekadar melihat petani saat memetik daun teh. Pada titik tertentu ada tempat istirahat dengan kursi kayu beserta payung besar sebagai peneduh. Sempatkanlah mampir ke warung tradisional yang tak jauh dari lokasi parkir. Selain menjajakan makanan, warung juga menyediakan teh hasil budidaya Kebun Teh Sirah Kencong.

 

 

Lokasi: Desa Ngadirenggo Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar

Tiket: Rp5.000

 

AIR TERJUN SIRAH KENCONG

Tak jauh dari Kebun Teh Sirah Kencong terdapat Air Terjun Sirah Kencong. Air terjun setinggi 10 m ini akan terlihat lebih mempesona saat musim hujan. Guyuran air akan semakin deras, tapi tetap jernih dan bebas dari bahaya banjir. Pengunjung harus berjalan kaki sekitar 300 m dari lokasi parkir di Perkebunan Teh Sirah Kencong. Jalurnya cukup landai dan semi permanen.

 

 

Lokasi: Desa Ngadirenggo Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar

Tiket: Rp5.000

 

PENANGKARAN RUSA MALIRAN

Merupakan tempat yang cocok untuk wisata keluarga sekaligus edukasi. Lahan seluas 4,3 ha ini dihuni rusa jenis Cervus temorensis. Di sini pengunjung bisa masuk ke dalam kandang untuk memberi pakan. Meski rusa termasuk herbivora, ada baiknya tetap menjaga kewaspadaan sebab rusa jantan memiliki tanduk yang besar dan panjang. 

 

 

Lokasi: Desa Jatilengger Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar

Tiket: Rp10.000

 

KEBUN KOPI KARANGANJAR

Kebun Kopi Karanganjar atau De Karanganjar Koffieplantage sudah ada sejak tahun 1874. Kemudian tahun 1960 diambil alih PT. Harta Mulia dan dibuka sebagai tempat wisata tahun 2016. Kebun Kopi ini mengusung konsep Agrohistori Coffee di atas lahan seluas 250 ha. Lebih mirip kampung mini dengan beberapa bangunan tua dan modern di tengah perkebunan kopi. Bangunan khas Belanda dimanfaatkan untuk kedai kopi, museum kopi dan merchandise store. Para pecinta kopi bisa membeli kopi racikan De Karanganjar Koffieplantage di kedai kopinya. Pengunjung juga bisa mencoba Djalan Pohon Kopi atau Koffie Boom Straat, yakni kegiatan menyusuri kebun kopi sejauh 300 m sekaligus belajar tentang kopi.

 

 

Lokasi: Desa Modangan Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar

Tiket: Rp10.000 (Senin-Jumat), Rp15.000 (Sabtu, Minggu, hari libur)

 

AIR TERJUN GRENJENG

Air terjun setinggi 20 m ini masih sangat alami dan lokasinya tersembunyi. Guyuran airnya turun melalui celah bebatuan kapur khas daerah pesisir dan masuk ke kolam alami di bawahnya. Kolam dengan kedalaman 2 m relatif aman untuk direnangi. Namun perlu waspada terutama saat musim hujan, bisa terjadi banjir. Rute menuju air terjun ini sama dengan rute menuju Pantai Peh Pulo dan Pantai Pasir Putih. Setibanya di lokasi parkir, pengunjung masih harus berjalan kaki sejauh 200 m. Tapi bisa juga sewa ojek motor kok.

 

 

Lokasi: Desa Panggungrejo Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar

Tiket: Rp5.000

 

PANTAI PASIR PUTIH

Banyak orang mengira Pantai Pasir Putih adalah Pantai Peh Pulo. Memang keduanya berada di kawasan yang sama, namun ini dua pantai yang berbeda. Seperti namanya, pantai ini berpasir putih yang masih alami. Selain kelembutan pasirnya, pada air lautnya terlihat jelas gradasi warna hijau kebiruan. Ombaknya cukup besar, maklum pantai selatan. Tak jauh dari pantai terdapat tanah menjorok ke atas cukup lapang yang biasa dipakai untuk kemping.

 

 

Lokasi: Desa Sumbersih Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar

 

PANTAI PEH PULO

Untuk mendapatkan panorama terbaik dibutuhkan keberanian dan usaha untuk menaiki perbukitan sejauh 400-an m dari lokasi parkir kendaraan. Setibanya di 250 m pertama, dari sini gugusan karang-karang bak Raja Ampat sudah bisa terlihat tapi belum sempurna sebab karangnya hanya terlihat dari samping. Teruslah berjalan hingga ke puncak bukit. Di lokasi inilah kita bisa menikmati hamparan pulau-pulau kecil itu dengan lebih jelas.

 

Pantai Peh Pulo terlihat dari setengah perjalanan menuju puncak bukit

 

Lokasi: Desa Sumbersih Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar

 

KAMPUNG COKLAT

Merupakan wisata edukasi sekaligus tempat budidaya buah coklat. Bertempat di lahan seluas 760 m2, Kampung Coklat didesain menyerupai taman, dilengkapi ratusan kursi, gazebo, pendopo, restoran, pusat oleh-oleh dan tak lupa ada pohon coklat di setiap ruangan. Pengunjung bisa berbelanja oleh-oleh berbahan dasar coklat yang diolah menjadi aneka varian rasa. Sementara restorannya menyajikan konsep prasmanan dengan berbagai menu masakan khas Jawa. 

 

 

Lokasi: Desa Plosorejo Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar

Tiket: Rp5.000

 

ES DROP KHAS BLITAR

Adalah jajanan legendaris khas Blitar sejak tahun 1960-an. Es berbentuk seperti lilin dan dibungkus dengan kertas ramah lingkungan ini biasanya dijual oleh bapak-bapak tua dengan mengendarai sepeda. Mereka banyak dijumpai di area Makam Bung Karno, tepatnya di Desa Bendogerit Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Varian rasanya antara lain stroberi, melon, kopi, kacang hijau dan durian. Biasanya si penjual es menjajakan jualannya sambil membunyikan klintingan.

 

 

CITY TOUR DENGAN ANGLING

Bajaj di Blitar dimanfaatkan sebagai transportasi city tour. Kondisinya masih baru, terawat, berukuran lebih besar dari biasanya, tidak berisik dan rendah emisi. Bajaj yang biasa disebut Angling atau Angkutan Ramah Lingkungan ini banyak beroperasi di Stasiun Blitar dan siap mengantar pengunjung yang ingin jalan-jalan di Kota Blitar dan sekitarnya.

 

Ini dia Anglingnya

 

PENGINAPAN

Tempat wisata di Blitar tersebar di beberapa daerah, jadi disarankan memilih hotel di pusat Kota Blitar atau di dekat Stasiun Blitar. Pilihan hotelnya antara lain: Patria Palace Hotel, Patria Plaza Hotel, Patria Garden Hotel.  

 

REKOMENDASI ITINERARY

Hari 1

- Berangkat dari Jakarta ke Blitar dengan kereta api.

- Sesampainya di Stasiun Blitar naik taksi online ke hotel.

- Makan malam di hotel.

 

Hari 2

- Sarapan di hotel

- Dengan mobil sewaan eksplor: Rambut Monte, Kebun Teh & Air Terjun Sirah Kencong (makan siang di sini), Penangkaran Rusa Maliran.

- Kembali ke Kota Blitar.

- Makan malam di Kuning Kitchen and Cafe.

 

Hari 3

- Sarapan di hotel

- Dengan mobil sewaan eksplor: Kebun Kopi Karanganjar, Air Terjun Grenjeng, Pantai Pasir Putih (makan siang di sini), Pantai Peh Pulo.

- Kembali ke Kota Blitar.

- Makan malam di Bakmie Samudera.

 

Hari 4

- Check out hotel.

- Ke stasiun kereta untuk mencari Angling.

- City tour dengan menggunakan Angling ke: Kampung Coklat (beli oleh-oleh dan makan siang), Makam Bung Karno dan membeli Es Drop.

- Ke Stasiun Blitar dengan taksi online.

- Kembali naik kereta api ke Jakarta.

 

Catatan: Semua harga yang dicantumkan di tulisan ini bisa berubah sewaktu-waktu.

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Arief Nurdiyansah, Clara Soca Atisomya
Comment