YANG LAGI HITS DI LEMBANG BANDUNG, MINIMANIA 2023-09-13 07:25

Ada Menara Eiffel dan One World Trade Center di MiniMania Lembang Bandung

 

Bandung terutama kawasan Lembang tak pernah kehabisan tempat-tempat wisata baru. Salah satunya MiniMania yang baru dibuka 5 April 2023. Amusement & Theme Park ini masih tergolong baru dan hits. Sesuai namanya, bisa ditebak, tempat wisata ini menyajikan replika atau miniatur landmark-landmark dari seluruh dunia. Harga tiketnya pun terjangkau.

 

Tiket MiniMania (Taman Miniatur Dunia) Rp25.000.

Tiket Sakura Park (Taman Sakura) Rp20.000.

Tiket Combo (Minimania + Sakura Park) Rp35.000.

Tiket Sky Ride (Tour The World) Rp20.000.

Untuk weekend dan libur nasional hanya berlaku Tiket Combo.

Anak-anak dengan tinggi badan di bawah 80 cm gratis.

 

Baca juga: “9 Kuliner Bandung Rekomendasi MyTrip yang Layak Coba

 

Jam buka: 09.00-18.00 (weekday), 08.00-18.00 (weekend). Sedangkan Dairy Shop-nya buka lebih lama: 09.00-19.00 (weekday), 08.00-19.00 (weekend). MiniMania Dairy Shop-nya terletak di bagian depan sebelah kiri pintu masuk dan di seberang loket tiket. Menjual aneka produk susu, oleh-oleh khas Bandung dan juga suvenir lainnya.

 

MiniMania Dairy Shop

 

Begitu masuk tamannya Trippers akan disambut bola dunia macam di Universal Studios dan barisan bendera-bendera negara di kiri-kanan.

 

Bola dunia dan barisan bendera negara

 

Kalau beli Tiket Combo masuk dulu ke Sakura Park, sebelah kanan setelah pintu masuk. Mata kita akan dimanjakan dengan barisan pohon bunga sakura artifisial dan ada juga Torii Gate dan jembatan ala Jepang. Sakura Park ini juga menawarkan aneka atraksi/aktivitas seru, di antaranya Duck Feeding (bayar Rp10.000 dapat 1 kantung makanan bebek), Fun Archery (bayar Rp10.000 dapat 10 anak panah), Shoot The Moo (bayar Rp10.000 dapat 10 bola tenis), Carousel (bayar Rp10.000, hanya untuk anak-anak). Sky Ride atau sepeda di rel melayangnya mengambil rute mengelillingi batas luar Sakura Park. Jadi Trippers bisa memandang ke arah miniatur-miniaturnya.

 

Sakura Park

 

Fun Archery

 

Sky Ride

 

Puas bermain dan berfoto-foto di Sakura Park, tibalah waktunya untuk mengeksplor Taman Miniatur Dunianya. Meskipun areanya tidak terlalu luas (1,7 ha), tapi miniatur landmark-nya cukup lengkap, ada 50+. Tidak dibagi berdasarkan wilayah, melainkan random saja. Tiap miniatur dilengkapi keterangan yang terdiri dari “Description”, “Fun Fact”, “Did You Know?”. Jadi cocok nih buat jalan-jalan sekaligus edukasi untuk anak-anak. Miniaturnya rata-rata tingginya 2 meter, pas buat berfoto. Ada juga yang lebih tinggi seperti Menara Eiffel dan Menara Pisa.

 

Menara Eiffel

 

Ada apa saja miniaturnya? Di antaranya: Hollywood, Forbidden City, Piramida Giza, Sydney Opera House, Patung Liberty, Merlion, Lotus Temple, Kincir Angin, Hagia Sophia, Taj Mahal, Atomium, Golden Gate Bridge, Tower Bridge, Saint Basil’s Cathedral, Menara Pisa, Great Wall of China (Tembok Raksasa), Colosseum, Great Buddha of Thailand, Temple of Heaven, Patung-patung Pulau Paskah, Stonehenge, Petra, Menara Eiffel, Burj Al Arab, Burj Khalifa, One World Trade Center,  Acropolis, The Gherkin (30 St Mary Axe), tak ketinggalan landmark Indonesia yaitu Monas, Candi Borobudur, Candi Prambanan.

 

Patung Liberty, Sydney Opera House, Lotus Temple

 

Taj Mahal

 

Golden Gate Bridge

 

Saint Basil’s Cathedral

 

Great Wall of China (Tembok Raksasa)

 

Candi Prambanan dan Menara Pisa

 

Di dekat Menara Pisa ada Dove Feeding bayar Rp10.000 untuk mendapatkan 1 plastik makanan unggas. Di pojok, di area belakang, ada wahana ATV Adventure bayar Rp30.000 per orang untuk 2 kali putaran. Juga ada Mini Loco (kereta mini) bayar Rp15.000 per orang untuk 2 kali putaran.

 

ATV Adventure

 

Mini Loco

 

MyTrip berkunjung ke MiniMania tanggal 4 Juli 2023, hari Selasa, pengunjung cukup ramai karena masih liburan sekolah. Susah untuk mendapatkan foto yang tanpa bocor-bocor. Jadi kalau mau dapat foto tanpa bocor disarankan datang hari biasa bukan saat liburan sekolah deh. Karena tempat ini sedang hits. Kebayang ramenya saat weekend. Lalu-lintas di kawasan Lembang pun kalau weekend sering macet.

 

Baca juga: “14 Tempat Makan & Santai Semi Outdoor di Bodetabek, Cianjur, Bandung, & Sukabumi (Bagian 3-Tamat)

 

Kalau datang siang hari bawa payung atau topi karena panas dan jarang ada tempat berteduh di sini. Caping ada gratis dipinjamkan tapi jumlahnya sangat terbatas.

 

Caping gratis dipinjamkan

 

Area parkirnya luas, fasilitas toilet dan mushola tentunya ada.

 

Alamatnya: Jl. Raya Lembang No.165, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Lokasinya tak jauh dari tempat wisata hits lainnya di Lembang yakni Floating Market, berjarak 1,5 km, berkendara 4 menit.

 

Baca juga: “Panduan Berwisata Aman di Floating Market Lembang Bandung

 

Kalau dari Jakarta (patokan stasiun KA Cawang) MiniMania dapat dijangkau dengan naik mobil lewat tol selama +/-2,5 jam nonstop, dengan jarak 148 km.

 

 

Teks & Foto: Mayawati NH (Maya The Dreamer)
Comment