YANG HOBI FOTO PASTI BLINGSATAN DI KEDAI SAWAH SEMBALUN LOMBOK. CAKEP PAKE BANGET!!! 2023-09-22 23:05

Kedai Sawah Sembalun, cakep pake banget!

 

Yang hobi foto, tepatnya hobi difoto, wajib banget deh ke Kedai Sawah Sembalun di Lombok Timur Nusa Tenggara Barat (NTB). Cakepnya pake banget soalnya. Iya memang sih, tempat wisata kekinian yang menyediakan wahana atau spot-spot foto dengan latar pemandangan cantik sekarang ini sudah bejibun! Di semua kota ada. Sampai bosan juga. Tapi yang membuat Kedai Sawah Sembalun istimewa karena pemandangannya terbuka 360 derajat ke arah bukit-bukit cantik di kaki Gunung Rinjani. Jaraknya dekat dan super jelas! Dengan catatan kalau cuaca cerah tentunya ya. Pengelola juga pintar, menanam pohon miana berwana merah dan kuning menyala sehingga kontras dengan warna hijau dari deretan bukit.

 

Bukit-bukitnya dekat dan jelas dari Kedai Sawah

 

Warna merah miana kontras dengan warna dominan hijau bukit-bukit

 

Ada bunga-bunga juga

 

Kedai Sawah Sembalun yang sudah beroperasi sejak 2018 memposisikan diri sebagai agrowisata dan wisata kuliner. Juga sebagai destinasi wisata foto, kalau menurut saya. Karena sepengamatan dan sepengalaman saya, yang datang ke sini ya lebih banyak untuk foto-foto ketimbang untuk petik strawberry maupun petik sayuran.

 

Pengunjung datang ke sini kebanyakan untuk foto-foto

 

Saya dan teman-teman datang ke sini akhir Juli 2023 lalu hanya untuk makan di restorannya dan foto-foto. Tak ada waktu untuk petik strawberry apalagi petik sayuran. Strawberry-nya langsung beli aja yang sudah dikotakin. Sekotak yang isinya 1/2 kg dibandrol Rp25.000.

 

Minum juice strawberry di restorannya dengan pemandangan cantik

 

Walaupun sudah makan di restorannya, masuk ke area spot fotonya dikenakan tiket masuk Rp20.000 per orang. Tapi worth the money, Trippers…. Karena seperti tadi sudah saya bilang, cakep banget! Kalau misalnya Trippers datang saat ramai pengunjung, menurut saya sih nggak usah ngotot antre berfoto di spot-spotnya seperti kursi, sepeda, ayunan, TV jadoel, tulisan “LOVE”, dan sebagainya. Asal duduk dan berdiri di mana aja, hasil fotonya udah cakep!

 

Berdiri di mana aja cakep

 

Bahkan kalau Trippers hanya berfoto dari lantai dua restorannya, atau dari sebelah loket tiket --masih di luar area spot-spot fotonya, tetap bisa dapat foto cantik.

 

Menikmati pemandangan dari lantai dua restorannya

 

Memotret dari lantai dua restorannya

 

Memotret dari samping loket tiket, tak perlu masuk

 

Tapi bagi pejuang konten sih kudu banget masuk ya. Bayar dong ah Rp20.000. Malah kalau perlu, untuk hasil foto yang lebih cetar, sewa jasa fotografer yang stand by di sana, bayar sukarela. Ada cukup banyak fotografer lokal yang beredar, yang akan menawarkan diri. Motretnya sih tetap pakai handphone atau kamera Trippers sendiri ya.

 

Banyak fotografer lokal yang stand by

 

Kalau saya memilih saling memotret berdua saja dengan Hema, kakak saya. Coba-coba gaya, ubah-ubah angle, wide atau zoom, vertikal atau horisontal. Nggak semua spot kami coba. Karena ya itu, foto dari mana aja cakep! Apalagi saat kami di sana, cuaca cerah sumringah. Langit biruuu dengan awan berarak. Makin kontras dengan tanaman hias bayam merah (tergolong miana) yang sangat rimbun. Semua bukit tampak jelas. Di sisi kiri tampak Bukit Pergasingan. Di sisi tengah persis, Bukit Anak Dara. Agak ke kanan Bukit Nanggi, Bukit Sempana, lanjut geser lagi ada Bukit Talaga, Bukit Dandaun.

 

Dari spot TV jadoel ini yang terlihat adalah Bukit Pergasingan

 

Di tengah-tengah persis ada Bukit Anak Dara

 

Tulisan “Love”, spot favorit

 

Deretan Bukit Dandaun dan Bukit Talaga

 

Spot kursi gantung ini juga bagus walaupun ada bangunan yang sedikit mengganggu

 

Spot lainnya dengan gerumbulan miana

 

Kedai Sawah Sembalun berada di Dusun Jorong Desa Sembalun Bumbung Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur Pulau Lombok NTB. Kalau dari pusat Desa Sembalun, di sekitar Kantor Resort Sembalun Balai Taman Nasional Gunung Rinjani ke Kedai Sawah Sembalun naik mobil 15 menit, dengan jarak 5,5 km. Jam buka restorannya pukul 07.00-21.00 (setiap hari), sedangkan jam buka kebun strawberry sampai pkl.18.00.

 

Yuk ke Kedai Sawah Sembalun

 

Berminat eksplor Desa Sembalun di Lombok? Hubungi MyTrip di 0811858736 atau 0811821006.

 

 

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Hemawati NH, Mayawati NH
Comment