COSTA BRAVA: EKSOTISNYA PESISIR TIMUR LAUT BARCELONA 2016-05-10 00:00

Tossa de Mar

 

Pantai-pantai di Barcelona Spanyol memang nggak terlalu menarik, apalagi di mata kita orang Indonesia yang punya banyaaaak sekali pantai. Tapi di sebelah timur laut Barcelona, ada satu kawasan namanya Costa Brava. Masih jarang terdengar dan bukan tujuan populer turis Indonesia yang ke Eropa. Padahal kawasan ini ideal banget buat wisata keluarga, buat merasakan atmosfer kota kecil berpantai khas Eropa yang nggak terlalu crowded.

Termasuk dalam Provinsi Girona, Costa Brava memiliki total garis pantai sepanjang 200 km membentang dari Blanes terus ke utara di Emporda yang berbatasan dengan Prancis. Wilayahnya berupa tebing, teluk berpasir dengan latar pohon pinus, dan pantai berpasir kuning. Merupakan destinasi liburan musim panas populer di Spanyol selain Ibiza dan pulau-pulau lain di Kepulauan Balearik. Tiga kota paling favorit di Costa Brava yakni Lloret de Mar, Tossa de Mar dan Platja d’Aro didominasi resor mewah. Jadi, liburan ke sini mahal ya? Nggak juga, asal pintar menyiasati.

Tebing laut di Tossa de Mar

 

CARA KE COSTA BRAVA DARI BARCELONA

Dari Stasiun Barcelona Sants naik kereta Rodalies R1 jurusan Massanes, turun di Blanes (tiket +/- EUR 6, waktu tempuh 1-1,5 jam). Dari Blanes sambung bus ke Lloret (20 menit) atau Tossa (40 menit), tiket EUR 3-4. Atau kalau menginapnya di Kota Calella, langsung turun di Stasiun Callela, 4 perhentian sebelum Blanes.

 

CALELLA (baca: KALEYA)

Suasana Calella

 

Kota kecil yang sangat ramah ini belum masuk wilayah Costa Brava, melainkan Costa Barcelona. Tapi terhubung ke Lloret dan Tossa dengan kereta dan bus, cepet pula, cuma 40 menit (ke Lloret) dan 1 jam (ke Tossa). Banyak penginapan nyaman dengan harga ramah di dompet, sekitar EUR 30 untuk double/twin bed. Jadi, menginaplah di Calella supaya lebih hemat.

Main voli pantai

 

Selain bisa pulang hari ke Lloret dan Tossa, di Calella sendiri banyak yang bisa dilakukan. Leyeh-leyeh di pantai, main voli pantai, duduk-duduk di taman kota, jalan kaki keliling kota sampai ke ujung pantai yang ada tulisan Calella dan tower, nongkrong di kafe terbuka sampai malam tanpa gangguan musik hidup. Suasananya bener-bener family holiday. Kota pantai buat bersantai!

Santai di tepi pantai

 

Nongkrong di kafe

 

Pilihan penginapan, rumah makan, kafe, toko suvenir juga banyak! Dari stasiun kereta kita bisa jalan kaki sambil menggeret koper untuk sampai di penginapan di tengah kota.

Toko suvenir

 

LLORET DE MAR

Dari Calella ke Lloret naik kereta Rodalies sampai Blanes. Di depan stasiun ada bus menuju Lloret yang frekuensinya cukup sering. Lloret adalah kawasan pantai yang penuh resor mewah. Ke sini cukup melihat-lihat aja deh!

 

TOSSA DE MAR

Pantai Platja Gran

 

Ke Tossa de Mar dari Calella naik kereta Rodalies, turun di di Blanes (tiket +/-EUR 3, waktu tempuh 15 menit). Di depan stasiun ada bus menuju Tossa de Mar, melewati Lloret de Mar. Tiket bus dari Calella ke Tossa +/-EUR 3, waktu tempuh 45 menit. Bus paling pagi dari Lloret ke Tossa pkl.07.30. Bus paling akhir dari Tossa ke Lloret pkl.20.45.

Bingung di Tossa mau ke mana? Datengin aja Oficina de Turisme (lambang huruf “i”) di belakang terminal bus. Petugas di sana bakal ngasih penjelasan gamblang sambil buka peta. Beres deh, langsung jalan kaki ke kawasan kota tua dan pantai, pusat atraksi wisata di Tossa.

Pantainya, Platja Gran, dan kastil di sisi kanannya, Vila Vella Ramparts nggak boleh dilewatkan. Kita bisa naik ke kastil, mengelilinginya sampai bisa melihat tebing keren di sisi sebaliknya. Dari Platja Gran kita juga bisa ikut tur dengan glass bottom boat keliling pesisir dan masuk ke gua-gua, seharga +/-EUR 15 selama +/- 1 jam.

Jalan menuju kastil di Pantai Platja Gran

 

Ikut tur dengan glass bottom boat

 

Teks & Foto: Mayawati NH
Comment
Hemawati Nurhalim

Pernah ke sini..jadi bisa liat sisi laen dari Spain..menyejukan mata dgn pantainya yg ada tebing2nya..layak dikunjungin kalo bosen lihat plaza2 dan gedung2 tua di Barcelona

2016-05-10