PANDUAN MENGEKSPLOR CHINATOWN SINGAPURA DALAM 24 JAM 2023-11-23 14:30

Mural “Wet Market” di Chinatown Singapura

 

Chinatown Singapura mulanya didesain sebagai sebuah enklav khusus untuk para imigran Cina pada abad ke-19. Kemudian berkembang pesat dari semula sederhana dan kumuh menjadi tempat nongkrong kaum modern di tengah nuansa historis yang kental. Dari hotel mewah serta restoran dan bar kelas atas hingga jajanan lokal kaki lima dan kuil-kuil kuno, semua ada! Masa lalu dan masa kini melebur di sini, plus adanya beragam atraksi yang menarik bagi tipe pelancong mana pun. Simak panduan mengeksplor Chinatown Singapura dalam 24 jam berikut ini.

 

Baca juga: “10 Aktivitas di Dalam & Luar Ruang yang Menanti di Singapura

 

WHERE TO STAY 

Parkroyal Collection Pickering adalah hotel dengan konsep taman ramah lingkungan yang menawarkan keasrian di tengah hutan beton Singapura. Cobalah berenang di outdoor infinity pool-nya yang berpemandangan ke arah kota, atau mampir ke Urban Farm, yang menanam lebih dari 50 jenis sayur, buah, tanaman obat dan edible flowers yang semuanya dimanfaatkan untuk kebutuhan tamu hotel.

 

Parkroyal Collection Pickering

 

Mondrian Singapore Duxton adalah sebuah hotel baru yang sempat viral dengan kemewahannya yang penuh gaya. Dilengkapi dengan teras di rooftop-nya dan kolam renang menghadap cakrawala yang sarat gedung-gedung pencakar langit. Hotel ini juga memiliki restoran dan bar yang membuat pengalaman makan dan minum Trippers makin semarak.

 

Mondrian Singapore Duxton

 

Kalau mencari yang lebih mewakili citarasa lokal, Hotel 1900 jawabannya. Ini adalah hotel butik yang terdiri dari jejeran ruko tradisional empat lantai yang menciptakan atmosfer historis. Berlokasi hanya 100 meter dari Chinatown Street Market, hotel ini menjadi markas yang sangat fantastis bagi Trippers yang ingin berpetualang di kawasan ini.

 

Hotel 1900

 

Alternatif lainnya, Heritage Collection on Pagoda, sebuah “digital hotel" dengan  kenyamanan mobile self check-in dan kedekatan dengan segala sesuatunya di Chinatown. Trippers akan merasakan pengalaman menginap yang unik di apartemen dengan langit-langit yang tinggi dan desain yang lega.

 

Heritage Collection on Pagoda

 

WHAT TO SEE

Untuk merasakan pengalaman Chinatown seutuhnya, ikuti Chinatown Walking Trail, sebuah panduan mandiri resmi yang akan membawa Trippers ke 11 perhentian memukau di kawasan ini. Dari kuil ke kafe dan gang-gang yang menarik. Jangan lewatkan kesempatan berbelanja suvenir, menyantap menu-menu lezat dan masih banyak lagi di Chinatown Street Market!

 

Chinatown Walking Trail

 

Chinatown Street Market

 

Untuk mendapatkan perspektif yang berbeda cobalah tur sepeda berpemandu, Trails of Tan Ah Huat. Trippers bisa menikmati pemandangan dan mendengarkan cerita sejarah Chinatown dari sudut pandang karakter Ah Huat.

 

Trails of Tan Ah Huat

 

Kunjungi kuil megah dari zaman Dinasti Tang, Buddha Tooth Relic Temple yang menyimpan relik gigi Buddha. Luangkan waktu untuk mengeksplor kuil dan museum dengan mengikuti tur berpemandu gratis yang diadakan mingguan. Pelajari lebih jauh tentang ragam koleksi artefak sekaligus juga arsitektur yang rumit.

 

Buddha Tooth Relic Temple

 

Interior Buddha Tooth Relic Temple

 

Lanjutkan eksplorasi budaya Trippers dengan mengunjungi Sri Mariamman Temple, kuil Hindu tertua di Singapura yang dibangun tahun 1827. Nikmati ukiran-ukirannya yang sangat rumit di sekitar gopuram dan dinding-dinding kuil. Jika beruntung, mungkin bisa menyaksikan upacara atau prosesi yang tengah berlangsug di sini selagi Trippers berkunjung.

 

Sri Mariamman Temple

 

Jalan-jalan maupun gang-gang di Chinatown dipenuhi beragam Chinatown Mural Art di dinding-dindingnya, yang mewakili sejarah dan warisan budaya yang berkaitan erat dengan kawasan ini. Mural warni-warni nan semarak ini bagai menghidupkan kembali budaya dan peninggalan sejarah tempat ini, sangat cocok untuk konten Instagram Trippers bukan? Beberapa mural yang terkenal antara lain ”Letter Writer”, “Wet Market” dan “Lantern Festival” karya Yip Yew Chong, yang menggambarkan adegan-adegan keseharian yang biasa dilakukan zaman dulu di Chinatown.

 

Mural “Letter Writer” di Chinatown


WHAT TO DO

Bagi yang ingin merasakan pengalaman minum teh tradisional, cobalah ke Yixing Xuan Teahouse yang terkenal dengan pilihan teh Cina premiumnya. Daftarkan diri ke workshop untuk mengapresiasi teh dan mempelajari lebih lanjut tentang teh tradisional Cina baik dari sisi pengetahuan maupun cara penyajiannya. Jangan lupa, belilah perlengkapan minum teh dan teh berkualitas untuk Trippers nikmati di rumah.

 

Yixing Xuan Teahouse

 

Ikutilah kelas kokedama di toko tanaman Little Big Garden yang akan membawa Trippers mendapatkan pengalaman luar biasa dan merasakan bagaimana caranya membuat moss ball sendiri. Bawalah pulang hasil kreasi dari kelas ini atau belilah beberapa koleksi toko ini yang fantastis untuk menghias rumah.

 

Little Big Garden

 

Tontonlah pertunjukan Chinese Opera tradisional yang menampilkan musik, nyanyian, dan tarian sembari minum teh di Chinese Theatre Circle. Perhatikan para penampil dengan kostum mereka yang rumit dan coba deh apakah Trippers bisa membedakan mana tokoh wanita mana tokoh pria.

 

Nonton Chinese Opera sambil minum teh di Chinese Theatre Circle

 

WHAT TO EAT

Susurilah Chinatown Complex yang sibuk, di mana Trippers akan menemukan kios-kios kaki lima yang menjajakan kuliner lokal terbaik dengan harga murah. Ada laksa, chicken rice dan xiao long bao, juga camilan seperti popiah dan cendol. Dengan begitu banyaknya pilihan tersedia sedangkan kapasitas perut terbatas, jamin deh Trippers pasti merencanakan balik lagi ke sini. Yang favorit: chicken rice di Hawker Chan dan popiah di Ann Chin Handmade.

 

Chinatown Complex

 

Demi merasakan cita rasa sejati budaya kopi Singapura, mampirlah di Nanyang Old Coffee untuk menikmati secangkir kopi atau kopi-o, kopi lokal dengan rasa sangrai yang khas. Nikmati pengalaman sarapan tradisional dengan mencicipi roti panggang dengan selai kaya dan telur setengah matang.

 

Nanyang Old Coffee

 

Ada lagi, Nakey, yang menyajikan beberapa kreasi sourdough artisanal yang lezat seperti bagel kenyal dan donat empuk. Roti dan kue yang baru selesai dipanggang akan sempurna jika dipasangkan dengan pistachio latte di sini.

 

Salah satu andalan di Nakey

 

Yang butuh recharge cobalah ke The Wizard’s Brew. Kafe unik ini menyajikan menu bertema  yang sangat menarik, termasuk ramuan ajaib dan atraksi memukau seperti wajan yang menyala-nyala!

 

The Wizard’s Brew

 

Rasakan pengalaman makan malam yang intim dan tak terlupakan di restoran yang mendapatkan bintang 2 Michelin Star Cloudstreet. Restoran fine dining ini menawarkan sebuah perjalanan kuliner yang kontemporer dan inovatif yang memadukan dengan indah cita rasa dan seni.

 

Cloudstreet

 

WHAT TO DRINK

Di tengah cuaca panas Singapura, Trippers pasti ingin minuman dingin yang menyegarkan. Datanglah ke Cold Pressed Juice, salah satu kios terpopuler di Chinatown Street Market. Pesanlah juice buah segar tanpa tambahan bahan pengawet dan zat aditif demi kesehatan.

 

Cold Pressed Juice

 

Berlokasi di Chinatown Complex, Smith Street Taps menawarkan lebih dari 20 jenis bir premium baik lokal maupun internasional. Apakah Trippers butuh minuman untuk menemani sajian menu makanan yang lezat atau hanya butuh tempat nongkrong bersama teman-teman, tempat ini cocok dan akan memuaskan selera.

 

Smith Street Taps

 

Ranking ke-32  dari “World’s 50 Best Bars” tahun 2023, Sago House baru buka di Duxton Hill di awal November. Bar ini tiap minggu melakukan rotasi menu yang terdiri dari enam cocktails dan menawarkan layanan bar di bagian luarnya.

 

Sago House

 

Bagaimana, sudah siap menjelajah Chinatown Singapura?

 

 

Teks & Foto: Bask Communication; Penerjemah: Mayawati NH (Maya The Dreamer)
Comment