APA SAJA YANG MENARIK DI FLORENCE ITALIA? INI DIA DAFTARNYA! 2020-04-24 00:00

Ponte Vecchio

 

Florence atau Firenze, ibu kota wilayah Tuscany di Italia, kotanya sangat historikal dan artistik. Objek-objek utama di historic center-nya dapat dinikmati hanya dengan berjalan kaki, mulai dari Firenze Santa Maria Novella Train Station sampai ke arah Sungai Arno. Selain itu kita bisa juga berkunjung ke luar kotanya, Fiesole. Apa saja yang menarik dikunjungi, yuk kita simak.

 

HISTORIC CENTER:

BASILICA SANTA MARIA NOVELLA

Gereja pertama di kota ini yang terletak di seberang stasiun kereta, saat ini masih dipakai untuk beribadah. Bangunan gereja ini adalah peninggalan penting masa Ghotic di Tuscany.

Alamat: Piazza di Santa Maria

Tiket: EUR 5 (dewasa), 3,50 (lansia >65 tahun, anak-anak berumur 5-18 tahun)

Jam buka: 09.00-17.30 (Senin-Kamis), 11.00-17.30 (Jumat), 09.00-17.00 (Sabtu), 13.00-17.00 (Minggu dan hari libur).

 

Baca juga: "Bingung Menginap di Mana di Italia? Ini Dia Rekomendasinya!"

 

LOGGIA DEL MERCATO NUOVO

Bangunan yang terletak di tengah kota tua ini dibangun pada pertengahan abad ke-16 dan dulunya adalah tempat dijualnya kain sutera dan barang-barang mewah. Saat ini menjadi pasar yang menjual aneka tas dan syal yang tampaknya kualitas menengah bawah.

 

Di sini terdapat satu patung yang tersohor yaitu patung wild boar yang merupakan lambang dari wilayah Tuscany.

 

Patung wild boar

 

Alamat: Piazza della Repubblica

Tiket: Gratis.

 

THE DUOMO

Ini adalah spot yang paling diminati wisatawan yang berkunjung ke Florence. Antrean panjang selalu tampak di setiap bagian Duomo yang juga sering disebut Cathedral Santa Maria del Flore yang dibangun pada abad ke-13. Dome (kubah)-nya yang spektakuler dan merupakan kubah terbesar di dunia dibangun selama 16 tahun pada abad ke-15 di masa Renaissance.

 

The Duomo

 

Di sini juga terdapat bell tower setinggi 84 m yang dibangun pada abad ke-14. Terdapat 7 lonceng dan yang terbesar bernama Santa Reparata.

Alamat: Piazza Duomo

Tiket: Cathedral free, area lainnya EUR 18 (Baptistery of San Giovanni, Santa Reparata, Giotto's Bell Tower, Brunelleschi's Dome and the Museo dell'Opera del Duomo). Untuk naik ke dome dan bell tower perlu reservasi jauh-jauh hari di http://ilgrandemuseodelduomo.it/

Jam buka: 08.30-19.00 (Senin-Jumat), 08.30-17.00 (Sabtu), 13.00-16.00 (Minggu).

Tutup pada Tahun Baru, Easter Sunday, Feast of St. John (24 Juni), Feast of the Assumption (15 Agustus), Nativity of the Blessed Virgin Mary (8 September), All Saints' Day (1 November), Immaculate Conception (8 Desember), Monday and Tuesday of the first week in Advent, Christmas Day, Boxing Day (26 Desember).

 

Baca juga: "Tips Mendapatkan Pizza, Anggur & Kopi Enak di Italia"

 

PALAZZO VECCHIO

Merupakan town hall Florence dan di depannya terdapat replika patung David (patung David asli sudah dipindahkan ke Accademia Museum). Patung David adalah maha karya Renaissance Sculpture yang dibuat dari marmer antara tahun 1501-1504 oleh seniman Italia ternama Michelangelo. David adalah patung seorang lelaki telanjang setinggi 5,17 m.

 

Palazzo Vecchio

 

Di samping depan bangunan ini terdapat Loggia dei Lanzi atau disebut juga Loggia della Signoria yang merupakan bangunan terbuka dengan koleksi patung-patung yang dibuat pada masa Renaissance, di antaranya patung Perseus yang memegang kepala Medusa, Hercules dan Nessus.

Alamat: Piazza della Signoria

Tiket: Gratis.

 

UFFIZI GALLERY

Uffizi Gallery

 

Museum seni yang menyimpan aneka karya lukisan karya para seniman masa Renaissance, terutama:

- Botticelli, The Birth of Venus, 1484

- Botticelli, The Spring, 1482

- Leonardo da Vinci, Annunciation, 1475

- Michelangelo, Tondo Doni, 1506

- Raphael, Portrait of Leo X, 1518

- Tiziano, Venus of Urbino, 1538

- Caravaggio, Bacchus, 1597.

 

Alamat: Piazza della Signoria

Jam buka: 08.15-18.50 (Selasa-Minggu)

Tiket: EUR 22,50. Gratis setiap hari Minggu pertama setiap bulan.

 

PONTE VECCHIO

Ponte Vecchio artinya jembatan tua. Sesuai namanya, ini satu-satunya jembatan yang ada di Sungai Arno sampai tahun 1218. Jembatan yang saat ini kita lihat adalah jembatan yang dibangun kembali pada tahun 1345 setelah banjir merusak jembatan sebelumnya. Pada masa Perang Dunia II hanya jembatan ini yang tidak dihancurkan tentara Jerman.

 

Sejak dibangun kembali di atas jembatan sepanjang 30 m ini terdapat aneka pertokoan. Namun pada tahun 1593 Raja Ferdinand I hanya memperbolehkan toko emas yang berada di sini dan kondisi ini berlangsung sampai hari ini.

Alamat: Jembatan berada di atas Sungai Arno dan berjarak sekitar 150 m dari Uffizi Gallery.

Tiket: Gratis.

 

PIAZZALE MICHELANGELO

Berada di pinggiran Kota Florence ke arah selatan, yang suasananya modern. Dari lokasi inilah pemandangan kota tua Florence tampak utuh, mulai dari Ponte Vecchio di sisi kiri, lalu Palazzo Vecchio dan tentunya The Duomo dengan kubah besarnya yang mengagumkan.

 

Replika patung David

 

Tempat ini dibangun tahun 1869 oleh arsitek Giuseppe Poggi, bersamaan pada masa rekonstruksi dinding kota yang dilakukan juga tahun 1869. Di lokasi ini sang arsitek juga meletakkan replika patung David.

 

FIESOLE

Adalah kota kecil seluas 42 km2 yang terletak di atas bukit dan letaknya di sebelah Kota Florence. Kota yang menyimpan archeological site ini juga layak kita kunjungi. Ada dua yang menarik di sini:

- Roman Amphitheater & Archeological

 

Di tempat ini kita bisa melihat bebatuan besar yang membentuk dinding yang ada sejak masa Etruscan di abad ke-8 Masehi yang dipercaya sebagai masa Kota Fiesole berdiri. Sisa-sisa pemandian Romawi dan amfiteater Romawi yang masih berfungsi sebagai panggung untuk acara Estate Fiesolanasummer masih tampak terawat.

 

Pemandangan Kota Florence juga tampak dari atas bukit setinggi 295 m ini dan konon di sinilah Leonardo Da Vinci melakukan eksperimen tentang penerbangan.

Alamat: Via Portigiani 1, Fiesole

Jam buka: 09.00-19.00 (April-September setiap hari), 10.00-15.00 (November-Februari, Selasa tutup), 10.00-18.00 (Maret & Oktober setiap hari).

Tiket: Archeological Area, EUR 7

 

- Piazza Mino

Berupa lapangan kecil yang dikelilingi warisan masa lalu. Di bagian barat terdapat Roman Amphitheater & Archeological Site, katedral dan seminari, sedangkan di bagian timur ada Istana Pretoriodan, Gereja Santa Maria Primerana, serta patung Vittorio Emanuele II dan Garibaldi yang sedang menunggang kuda.

Alamat: 50014 Fiesole

Tiket: Gratis.

 

Tentang cara ke Florence baca di sini.

Teks: Kumala Budiyanto Foto: Kumala Budiyanto, Shutterstock
Comment