ALUR DISTRIBUSI BARANG KIRIMAN DARI LUAR NEGERI 2020-09-02 15:15

 

Buat kamu yang suka kirim barang dari luar negeri, pasti suka bertanya, “Posisi barang saya sudah di mana ya?” atau “Bagaimana sih prosedur penyelesaian barang kiriman saya?” Nah, jangan khawatir, lewat infografis ini Bea Cukai menjelaskan secara lengkap proses alur distribusi barang kiriman dari luar negeri hingga sampai bisa ke tangan kamu.

 

Bagi kamu yang ingin tahu peraturannya, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai telah mengatur ketentuan terhadap barang kiriman dari luar negeri melalui Peraturan Menteri Keuangan nomor 199/PMK.010/2019.

 

Perlu diketahui bahwa proses yang ditangani oleh Bea Cukai dalam rangkaian distribusi barang kiriman dari luar negeri hanyalah saat pemeriksaan paket barang kiriman. Proses barang kiriman akan dibuka oleh pihak jasa kiriman, selanjutnya petugas Bea Cukai akan memeriksa barang untuk menentukan bea masuk serta pajak dalam rangka impor yang harus dibayar. Proses pemeriksaan juga disaksikan oleh pihak jasa kiriman/kurir. Setelah proses pemeriksaan barang kiriman selesai, barang akan dikemas kembali oleh pihak jasa kiriman/kurir.

 

Untuk informasi lebih lengkapnya kamu bisa tanya-tanya ke Contact Center Bravo Bea Cukai di 1500225 atau melalui akun sosial media resmi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yaitu Twitter @BeaCukaiRI, Instagram @BeaCukaiRI, dan Facebook Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

 

 

Teks & Foto: Publikasi Bea Cukai
Comment