INILAH 5 SPOT UTAMA AIR TERJUN TUMPAK SEWU 2020-03-08 00:00

Air Terjun Tumpak Sewu

 

Nama Tumpak Sewu memang sudah begitu melekat di telinga para pejalan, terutama bagi mereka yang tinggal di Jawa Timur. Tumpak Sewu merupakan salah satu air terjun andalan Kabupaten Lumajang di samping Air Terjun Kabut Pelangi dan Kapas Biru. Tapi tahukah, saat mengunjungi Tumpak Sewu Trippers tak hanya bisa melihat air terjunnya saja lho, melainkan masih ada beberapa spot lain yang tak kalah kerennya. Nah, apa saja?

 

1. PANORAMA TUMPAK SEWU

 

Ini adalah spot pertama yang paling mudah dicapai. Panorama Tumpak Sewu merupakan spot di mana Trippers bisa melihat Air Terjun Tumpak Sewu dari ketinggian secara utuh. Memandang dari sebuah teras pandang, air tampak mengalir dari beberapa sumber yang berbaris rapi membentuk garis vertikal. Panorama Tumpak Sewu semakin sempurna dengan adanya pepohonan hijau yang mengelilingi air terjun. Belum lagi tebing yang berbentuk melengkung menambah kesan gagah air terjun yang terletak di kaki Gunung Semeru tersebut.

 

2. TEBING PERAWAN

 

Tebing ini sebenarnya merupakan pintu gerbang sebelum tiba di Air Terjun Tumpak Sewu. Lokasinya berada di bawah jurang, mengapit jalan utama di sisi kanan dan kiri. Sebelum mencapai Tebing Perawan, Trippers harus berjalan dari Panorama Tumpak Sewu dengan menuruni bukit sejauh kurang lebih 800 m melalui anak tangga besi. Tak hanya itu, di tengah perjalanan trek cukup ekstrem pun harus dilalui, yakni menuruni jalan batu yang dialiri air dengan bantuan tali. Perlu kehati-hatian saat mencari batu pijakan, mengingat trek ini cukup licin.

 

Baca juga: "Antara Malang dan Lumajang Ada Tumpak Sewu"

 

3. AIR TERJUN TUMPAK SEWU

Setelah melewati Tebing Perawan, tibalah Trippers di Air Terjun Tumpak Sewu. Pemandangan air terjun dengan ketinggian berkisar 120 m ini sangatlah luar biasa. Trippers bisa melihat jajaran air terjun yang jatuh dari atas tebing layaknya tirai tipis, dihiasi pemandangan hijaunya tumbuhan yang mengelilinginya. Suhu udaranya cukup dingin dan percikan air terbang ke segala arah tergantung ke mana arah angin berembus. Sementara untuk titik pengambilan gambar, di lokasi air terjun terdapat beberapa batu yang bisa dimanfaatkan untuk berfoto.

 

4. GUA BIDADARI

 

Sebelum mengakhiri petualangan, jangan lupa mampir ke tempat satu ini. Namanya Gua Bidadari. Gua ini lokasinya berada sekitar 300 m dari Air Terjun Tumpak Sewu. Aksesnya cukup mudah dan landai. Gua yang dulunya dipercaya sebagai tempat bersemayamnya para bidadari ini semakin menawan dengan mengalirnya air di sela dinding-dinding gua.

 

5. TELAGA BIRU

 

Terletak tak jauh dari Gua Bidadari, hanya berkisar 50 m. Namun untuk menuju Telaga Biru Trippers harus melewati jalan batu berair dengan bantuan seutas tali. Air di Telaga Biru berasal dari air yang mengalir melalui tebing yang masih satu deretan dengan Gua Bidadari. Kedalaman Telaga biru hanya seperut orang dewasa, airnya sangat sejuk dan jernih serta sangat aman bagi siapa pun termasuk yang tidak bisa berenang.

 

CARA KE TUMPAK SEWU

Tumpak Sewu terletak di Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur. Meski berada di Kabupaten Lumajang, namun tempat ini lebih mudah diakses dari Kabupaten Malang. Setibanya di Bandara Abdulrachman Saleh Malang, lanjutkan perjalanan menggunakan mobil atau sepeda motor sewaan dengan jarak sekitar 70 km atau selama 2 jam berkendara.

 

Untuk tiket masuk terbagi menjadi 3, yakni tiket Panorama Tumpak Sewu Rp10.000, tiket Tebing Perawan dan Air Terjun Tumpak Sewu Rp10.000, serta tiket Gua Bidadari dan Telaga Biru Rp10.000. Fasilitas umumnya adalah kamar mandi bersih, toilet dan warung makan.

 

 

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Arief Nurdiyansah & Clara Soca Atisomya
Comment
Pharmacious

chloroquine vs chloroquine phosphate raoult coronavirus yoga for erectile dysfunction fast erectile dysfunction drugs what is hydroxychlor 200 mg used for hydroxychloroquine over the counter order erectile dysfunction pills plaquenil effects on eyes what is tadalafil used for tadalafil dosage z pack mg dosage zithromax z-pak

2021-01-14